logo

Tim Monitoring Kelurahan Pelaksanaan UP2K Sumut Kunjungi Binjai




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Program Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) merupakan salah satu gerakan untuk meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga, guna memenuhi kebutuhan masyarakat melalui kelompok usaha ekonomi produktif, yang bertujuan untuk memberdayakan keluarga menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Hal itu diungkapkan Walikota Binjai, HM Idaham, melalui Staf Ahli Walikota, Mustika Hadrah, saat menghadiri kunjungan tim monitoring kelurahan pelaksanaan UP2K PKK Provinsi Sumatera Utara, di aula kantor kelurahan Suka Ramai, Kecamatan Binjai Barat, beberapa waktu yang lalu.

"Dalam upaya pencapaian tujuan melalui program UP2K sebagai bagian gerakan PKK telah tercipta partisipasi yang tinggi dari segenap pengurus PKK dari setiap kecamatan dan kelurahan," ungkapnya.

Menambahkan, Wakil Ketua I TP PKK Kota Binjai, Hj Nani Timbas Tarigan, memohon petunjuk, arahan, serta bimbingan kepada tim monitoring, terhadap pelaksanaan 10 program PKK, khususnya di Kota Binjai.

"Kepada seluruh kader dan anggota PKK tingkat kecamatan dan kelurahan, ia meminta agar kegiatan monitoring ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya, begitu juga kepada pimpinan OPD terkait dirinya mewakili PKK mengucapkan terima kasih atas partisipasi dan bantuan yang diberikan selama ini, ia berharap Kelurahan Suka Ramai terpilih sebagai kelurahan terbaik UP2K tingkat Sumatera Utara,"  harap Nani.

Tim monitoring Provinsi Sumatera Utara, yang menjabat sebagai sekretaris di pokja 2, mewakili Ketua TP PKK Sumut, mengatakan bahwa Kota Binjai telah menunjukkan perkembangannya dari tahun ke tahun.

Ia menjelaskan bahwa PKK Sumatera Utara secara serentak dibagi menjadi 12 tim, yang bertugas mengunjungi 33 kabupaten/kota yang ada di Sumut sebagai monitoring. setiap kabupaten /kota harus membuat laporan untuk setiap kegiatan lomba, setiap laporan terdiri dari profil kabupaten /kota, kecamatan, desa atau kelurahan, laporan keadaan desa sebelum dibina, laporan keadaan desa saat dibina, laporan keadaan desa setelah dibina.

Program pembinaan jangka pendek, menengah, dan jangka panjang, dan keberhasilan yang dicapai. Maksud dan tujuan dari monitoring ini adalah untuk memonitor secara langsung di lapangan berbagai kegiatan yang telah dilakukan oleh PKK kabupaten /kota, kecamatan, desa, kelurahan tentang 10 program pokok PKK yang didukung dinas SKPD terkait.

Mengetahui berbagai manfaat yang dirasakan oleh masyarakat di desa, kelurahan, sejak awal pembinaan sampai saat monitoring, melihat kemajuan desa, kelurahan yang telah dibina sampai saat pada monitoring di banding sebelum pembinaan, saat pembinaan dan setelah pembinaan.

Diakhir kunjungannya tim monitoring PKK Sumut, didampingi Wakil Ketua I PKK Kota Binjai turut meninjau berbagai keterampilan yang telah dihasilkan UP2K kelurahan Suka Ramai, diantaranya keterampilan bordir, produksi makanan. (Put)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.