Perwira Militer China : Pergerakan Bebas Australia Di Laut China Selatan Tidak Menjadi Masalah


Foto ilustrasi Net

Metrolangkatbinjai.com

Kolonel Wang Jingguo, yang merupakan Perwira Militer China, mengatakan bahwa pergerakan bebas bagi Australia di Laut China Selatan selama ini 'tidak pernah menjadi masalah."

Dilansir dari Detiknews, Kolonel Wang Jingguo berbicara di ibukota Australia Canberra, dari Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) mengatakan tergantung kepada Australia untuk memutuskan apakah militernya mau menggugat klaim teritorial China di kawasan yang dipersengketakan tersebut di Laut China Selatan.

"Sebenarnya, kebebasan melakukan navigasi tidak menjadi masalah, tidak pernah menjadi masalah selama ini di Laut China Selatan," kata Kolonel Wang.

"Semua negara memiliki hak bahwa pesawat dan kapal mereka memiliki hak penuh dan kebebasan untuk melakukan navigasi di Laut China Selatan," sambung Wang. 

Pernyataan yang jarang disampaikan oleh Atase Pertahanan Kedutaan China di Australia itu muncul beberapa bulan setelah ABC mengungkapkan bahwa kapal perang Australia dikonfrontir oleh militer China ketika melakukan melewati kawasan Laut China Selatan mendekati Vietnam.

Kapal perang Amerika Serikat dan Inggris baru-baru menguji klaim teritorial Beijing di Laut China Selatan, dengan berlayar ke dalam 12 mil laut di pulau-pulau buatan China. Namun Angkatan Bersenjata Australia belum pernah melakukan hal serupa.

Kolonel Wang mengesampingkan pendapat bahwa hubungan China dan Australia akan memburuk bila Australia melakukan operasi 'kebebasan bernavigasi' melewati kawasan tersebut.

"Australia adalah negara independen. Terserah kepada pemerintah Australia dan rakyatnya untuk membuat keputusan apakah akan melakukan latihan kebebasan bernavigasi di Laut China Selatan atau tidak," katanya. (red) 
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments