Peringatan Puncak Haornas Ke-35, Bupati Langkat ajak masyarakat berolahraga




Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Olahraga harus menjadi kebutuhan hidup dan menjadi gaya hidup, untuk itu semuanya harus semangat mengajak seluruh lapisan masyarakat, melakukan olahraga secara rutin dan secara teratur, baik pelajar, masyarakat, pekerja/karyawan dan semuanya, bahkan warga binaan yang ada di Lembaga Pemasyarakatan (LP).

Sambutan teks tertulis Menpora RI dalam rangka puncak peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke- 35 yang disampaikan Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH melalui Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin MKes MM, pada apel gabungan ASN dijajaran Pemkab Langkat, di Halaman Kantor Bupati Langkat, Stabat, Senin (17/9).

Sebab, kata dr H Indra, tema besar Haornas tahun 2018 ini adalah Ayo Olahraga, Bangun Indonesia. Karena  konteks pembangunan olahraga ini, sesuai intruksi Presiden nomor 1 tahun 2017, tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) dan ditindaklanjuti dengan peraturan Mentri No 18 tahun 2017, tentang Gerakan Ayo Olahraga.

“Untuk itu mari kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat. Karena dengan berolahraga kita akan turut berpartisipasi membangun Indonesia secara keseluruhan yakni membangun jiwa sehat dan badan yang kuat,” terangnya.

Karena pembangunan didalam olahraga tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani, sebab dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Presiden tentang Revolusi mental. Serta dengan kesegaran dan kesehatan jasmani yang baik, maka akan memudahkan lahirnya bibit-bibit yang berpotensi menuju pentas dunia dimasa selanjutnya,” tambahnya.

Selanjutnya, diuraikan Sekda Langkat, pada tahun Haornas ini, bangsa Indonesia mendapatkan kado istimewa, yaitu suksesnya penyelenggaraan Asian Games serta Indonesia dapat menjadi peringkat 4 besar Asia. Selain itu, tahun ini pula Indonesia semakin mengkuatkan olahraga dengan membangun prestasi.

“Karenanya mari sama-sama kita ikut serta mendukung olahraga untuk membangun Indonesia, karena tidak akan ada prestasi kalau tidak ada partisipasi,” tandasnya.

Selain itu ditahun ini, sambung Sekda, banyak generasi muda Indonesia telah menorehkan prestasi membanggakan. Seperti M Zohri, meraih juara dunia lari 100 meter U-20. Samantha masih berusia 10 tahun juara catur dunia. Wushu juara dunia pelajar. Tim sepak bola U-16 menjuarai AFF, termasuk Timnas pelajar juga menjuarai level internasional U-12 dan U-15, angkat besi dan voli pasir, bulutangkis dan berbagai cabang olahraga lainnya telah sukses lolos Youth Olympic.

“Untuk itu kami ucapkan terimakasih untuk KONI, para Atlet, pelatih, pembina dan pihak lainnya, yang juga telah menorehkan prestasi luar biasa di Asian Games 2018 ini dan event lainnya,” sampainya.

Sembari menambahkan, Haornas pada tahun ini, didalamnya banyak peristiwa penting, mulai dari Asian Games, Asian para Games, dan juga berbagai event nasional maupun Internasional, di bidang olahraga prestasi, juga dibidang olahraga rekreasi seperti rekor dunia poco-poco nusantara, festival olahraga tradisional tingkat nasional, sepeda nusantara, gala desa, liga sepak bola berjenjang dan lainnya.

Pada apel tersebut, Pemkab Langkat juga memberikan uang pembinaan dan cendramata kepada delapan orang pelatih, tokoh, wasit dan Pembina olahraga Langkat serta kepada 26 atlit Langkat dari berbagai cabang olahraga, yang telah mengukir prestasi dengan medapatkan medali emas, perak dan perunggu, pada tingkat event tingkat provinsi, nasional dan internasional. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon