Himpunan Mahasiswa Se-Kota Binjai Gelar Aksi Tuntut Kinerja Pemerintah




Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Ratusan mahasiswa yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa se kota Binjai, menggelar aksi damai di bundaran tugu Kota Binjai, Jumat (28/9) pukul 14:30.

Sebelum melakukan aksi tersebut, gabungan mahasiswa berkumpul di Tanah Lapang Merdeka. Selanjutnya, dengan pengawalan ketat petugas kepolsiain, ratusan mahasiswa ini bergerak ke bundaran tugu.

Di bundaran tugu Kota Binjai, ratusan mahasiwa langsung berorasi dengan membentang spanduk dan mengibarkan bendera merah putih.

Pada spanduk yang dibentang para mahasiswa, mereka menuliskan sejumlah pernyatan sikap, diantaranya mengecam keras tindakan referensif yang dilakukan aparat kepolisian terhadap mahasiswa.

Selain itu, mahasiswa juga menyampaikan kekecewaannya terhadap pemerintahan Jokowi. Mereka menilai, saat ini rupiah masih melemah, membebaskan tenaga kerja asing, beras impor dan sejumlah kekecewaan lainnya.

 "Untuk apa kami pintar kalau jadi budak asing dan aseng," tulis para mahasiswa di spanduk yang mereka bawa.

Tak lama berorasi di bundaran tugu, ratusan mahasiswa bergerak ke gedung DPRD Binjai dengan berjalan kaki. Puluhan personel kepolisian juga tampak siaga di gedung wakil rakyat tersebut. Namun, seluruh anggota DPRD Binjai melaksanakan kunjungan kerja ke luar kota sejak Rabu (26/9).

Karena tidak ada satupun anggota dewan di lokasi, para mahasiswa sempat ingin memaksa masuk. Namun setelah disepakati, semua mahasiswa diperkenankan masuk dan duduk di halaman gedung sementara dewan Jalan T Amir Hamzah, Kecamatan Binjai Utara bersama Kapolres Binjai, AKBP Donald Simanjuntak yang baru saja sampai di lokasi.

Pada kesempatan itu, Kapolres Binjai AKBP Donald Simanjuntak mendukung aksi yang dilakukan. Donald juga menyampaikan, kalau anggota DPRD Binjai tidak berada di lokasi.

"Kami sudah dapat informasi, anggota DPRD Binjai memang tidak berada di lokasi," ucap Donald.

Orator aksi juga mempertanyakan sikap kepolisian terkait pemukulan yang dialami mahasiwa. Menanggapi hal itu, Kapolres meyakinkan mahasiswa bahwa persoalan itu akan ditindak lanjuti secara profesional oleh penegak hukum. (Put)


Show EmoticonHide Emoticon