Terkait PKPU Tahun 2018, KPU Biinjai : Verifikasi Paslon Presiden Dan Wakil Adalah Wewenang KPU Ri






Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Untuk mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden, Sandiaga Salahudin Uno mengundurkan diri untuk memenuhi Persyaratan menjadi Bakal Cawapres.

Hal itu berdasarkan pasal 10 ayat (1) huruf a angka 13 PKPU No.22 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

Sementara, berdasarkan Peraturan itu banyak beredar di Media Sosial agar Presiden Joko Widodo, demi hukum harus mengundurkan diri terlebih dahulu dari jabatan Presiden. Hal itu juga merujuk pada Pasal 10 ayat (1) huruf a angka 10  UU PKPU No 22 Tahun 2018 Tentang Pencalonan Peserta Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden.

KPU Binjai melalui Kordinator Divisi Hukum Zulfan Effendi, membenarkan adanya Peraturan KPU tersebut. Namun, berdasarkan Pasal 9 angka (3) Persyaratan pengunduran diri sebagai Pejabat Negara di maksud ayat (2) di kecualikan bagi Presiden/Wakil, Pimpinan dan Anggota MPR, Pimpinan dan Anggota DPD, Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Walikota.

"Dalam hal ini, Pejabat Negara yang di maksud berdasarkan PKPU No 22 tahun 2018, pasal (9) ayat (2) bagi Calon yang berstatus sebagai Pejabat Negara, Anggota TNI/Polri, PNS atau Karyawan atau Pejabat BUMN, BUMD atau BUMDesa, wajib mengundurkan diri," beber Zulfan Effendi, saat di temui di ruangannya, Rabu (15/8) Siang.

Begitupun untuk Pemilihan Presiden, sambung Zulfan, yang melakukan Verifikasi terhadap pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden adalah KPU RI.

"Hingga kini kami masih mempelajari peraturan itu, sebab KPU RI yang melaksanakannya. Saat ini kami (KPU binjai) Fokus pada Pencalegan.

Sementara itu, Ketua KPU Langkat Agus Arifin, memilih untuk tidak menjawab dan menyarankan agar konfirmasi langsung ke KPU RI.

"Ke KPU RI aja ya," ucapnya singkat. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments