Poldasu Di Minta Tindak Penebangan Hutan Secara Liar Di Desa Durin Serugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang




Deliserdang-Metrolangkatbinjai.com

Polisi Daerah Sumatera Utara (Poldasu) diminta segera turun ke Desa Durin Serugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang. Pasalnya, seringnya terjadi aksi penebangan hutan lindung oleh Oknum Oknum tak bertanggung jawab.

Mirisnya, warga yang menetap di sekitar lokasi penebangan pohon pohon di hutan itu tidak berdaya untuk melarang para penebang liar tersebut.

Warga Desa Durin Serugun, Kecamatan Sibolangit , Kabupaten Deli Serdang, merasa bingung mau mengadu kemana terkait aksi penebangan hutan secara liar oleh sekelompok orang tersebut.

Para kelompok pencuri kayu tersebut tidak segan-segan berbuat kekerasan kepada warga yang melarang penebangan itu. Bahkan satu rumah warga di Desa Durin Serugun  tersebut di bakar oleh kelompok pencuri kayu tersebut.

Bingung tak tahu mau mengadu kemana, salah seorang warga Desa Durin Serugun bernama Sentosa Tarigan,  menghubungi adik kandungnya bernama Muhammad Ja’far Alam, melalui Handphone.

Kemudian, kejadian penebangan hutan lindung secara liar ini di laporkan Muhamnad Ja’far ke salah seorang awak media.

Menurut Muhammad Ja’far Alam, abang angkatnya yang tinggal di Dusun terpencil itu sejak dahulu terus mencegah ilegal logging itu, namun yang ada rumahnya di bakar oleh para pencuri kayu hutan itu.

“Warga di sana bingung tak tahu mau mengadu kemana untuk menghentikannya, karena kalau terus di lanjutin bakalan banyak dampak keburukannya. Rusaknya alam di Desa itu akan membuat bencana alam," kata Muhammad Ja’far Alam.

Ironisnya, sambungnya, kepala Desa Durin Serugun yang bernama Ngamankan Ginting, malah melindungi aksi ilegal logging itu. Kepala Desa Durin Serugun menutupi warganya yang lakukan ilegal logging.

 "Lokasi ilegal logging tersebut ada 3 lokasi, pertama di jembatan Lau Mentar ke atas, disini tukang Chain Saw nya bernama Hendra Barus, dekat banjir badang, kemudian lokasi kedua terjadi di PT IRA ke atas Lau Torong Torong nama tukang Chain Saw nya Iwan Sitepu di bantu 2 pria Nias. Dan lokasi lokasi ketiga perbatasan Gunung Leuser hutan lindung," bebernya.

Saat ini, sambung Muhammad Ja'far, lagi marak dan tengah malam membawa hasil kayu keluar lokasi.

Disebutkan Muhammad Ja’far Alam, abang angkatnya Sentosa Tarigan, yang tinggal di Desa Durin Serugun cukup melawan dengan para pencuri kayu tersebut. Namun karena tidak ada dukungan akhirnya ia kalah melawan para pencuri kayu yang berduit.

“Akses jalan ke lokasi susah di pedalaman, alamatnya di Desa Durin Serugun, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, berbatasan dengan kabupaten Langkat. Hutan lindungnya terletak antara perbatasan Langkat dengan Deli Serdang," jelas Mhd Ja’far Alam.

Sedangkan di Sibolangit, lanjutnya, dari simpang Gudang atau gang yang tembus ke Tuntungan ke Kutalimbaru, Kabupaten Deli Serdang.

"Nanti dari PT IRA kelihatan kalau banyak hutan yang sudah gundul," terangnya.

“Warga yang menolak penebangan hutan itu tidak berani melarang dan turun ke lokasi lahan yang di tebang karena banyak di jaga preman. Dan parahnya aksi ilegal loging ini sudah berlangsung tahunan. Warga berharap ada tim turun kelokasi untuk  hentikan pencurian kayu ini," pungkas Muhammad a’far Alam, menutup pembicaraan. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments