Lapas Narkotika Langkat Menerima Kunjungan Lembaga Kemasyarakatan






Foto Net

Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas III Langkat, mendapat kunjungan Lembaga Kemasyarakatan Anti Narkoba dan Pers Anti Narkoba.

Kunjungan beberapa Lembaga kemasyarakatan yang konsen terhadap permasalahan Narkoba tersebut adalah DPP Gerakan Anti Narkoba (GAN) serta Seniman Gerakan Anti Narkoba (SEGAN).

Dalam kunjungannya tersebut, sempat dilaksanakan Dialog program rehabilitasi penghuni Lapas antara Kalapas Narkotika Klas III Langkat dengan Sekjen DPP GAN Zulkarnain Nasution, Ketua SEGAN Ardhi Country, dan jurnalis yang hadir dalam kunjungam tersebut.

Bahtiar Sitepu Kalapas Narkotika Klas III Langkat, memaparkan berbagai keberhasilan program kerja yang telah dilaksanakannya dan akan dilaksanakan.

Sementara itu, Zulkarnain Nasution tokoh anti narkoba Sumut yang dikenal memiliki pusat Rehabilitasi pecandu Narkoba Sibolangit Center dan Pusat Informasi Masyarakat Anti Narkoba Sumut (Pimansu), menyatakan pihaknya siap bekerjasama dengan Lapas Narkotika Klas III Langkat terkait program program rehabilitasi pencandu Narkoba di Lapas tersebut.

Di tempat yang sama, Ardhi Country juga mengatakan jika dirinya bersama SEGAN siap bekerja sama mengentaskan Narkoba dari kalangan pecandu Narkoba secara berkesenian, khususnya di Lapas Narkotika Langkat.

Setelah beberapa saat berada di ruangan, Kalapas kemudian mengajak rombongan untuk melihat langsung kehidupan dan kamar kamar warga binaan yang diisukan beberapa waktu lalu ada kamar mewah.

Dalam mengunjungi Blok Blok warga binaan, Bahtiar Sitepu memastikan kepada DPP GAN, SEGAN dan jurnalis yang turut serta tidak ada satupun kamar yang dihuni warga binaan yang klasifikasi mewah, sambil memperlihatkan kamar kamar warga binaan.

Setelah melihat kondisi kamar Lapas, Zulkarnain Nasution menyatakan bahwa kamar Lapas diblok T3 tersebut tidak ada apa apanya jika dibanding ruangan program rehabilitasi pencandu di Lapas lain yang dia bina.

"Pecandu Narkoba akan mencari cara untuk mendapatkan Narkoba kembali. Tapi jika mereka telah terbina dan terhubung, mereka dapat pulih dari ketergantungannya dan akan menjadi contoh bagi yang lain," ucap Sekjen DPP GAN.

Sementara itu, Bahtiar Sitepu, mengungkapkan niatnya untuk memperkecil ruang gerak bagi kemungkinan oknum oknum yang berniat memasukkan narkoba ke Lapas yang dipimpinnya.

“Kami akan menutup celah celah yang mungkin bisa dimanfaatkan masuknya narkoba ke Lapas, dan jika bisa kita akan membuat Zero Narkoba dilingkungan Lapas. Kemarin ada beberapa pegawai kita yang terindikasi ikut kerja sama memasukkan Narkotika kedalam, namun sudah kita laporkan keatasan, yakni Ke Kanwil Kemenkumhan,” tutur Bahtiar.

Bahtiar juga menyatakan, bagi Narapidana yang kedapatan masih menggunakan Narkotika di Lapas ini, akan di proses hukum, dan Narapidana itu akan di pindah ke Lapas lainnya. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments