Seekor Urang Utan Berhasil Diamankan Dari Perkebunan Warga




Langkat-Metrolangkatbinjai.com

Badan Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) bekerjasama dengan Orang Utan Information Center (OIC) meevakuasi seekor Orang Utan yang kerap berkeliaran di Perkebunan Warga yang ada di Kabupaten Langkat.

Evakuasi Orang Utan ini berawal dari laporan Masyarakat Desa Sei Serdang, Kecamatan Batang Serangan, Kabupaten Langkat, yang sering melihat seekor Orang Utan berkeliaran di Perkebunan Karet milik Warga.

Tim BKSDA dan OIC yang mendapat laporan kemudian turun ke lokasi untuk memantau keberadaan Orang Utan tersebut.

Setelah di pantau beberapa hari, akhirnya Tim berhasil menemukan Orang Utan yang sedang mencari makan di Perkebunan Karet milik warga.

Tak ingin melihat Orang Utan berkeliaran, Petugas akhirnya melumpuhkan Orang Utan tersebut dengan cara di tembak bius.

Usai di lumpuhkan, Orang Utan tersebut di Periksa kesehatannya," ucap Petugas BKSDA, Senin (20/8).

Dari hasil pemeriksaan, Orang Utan yang di beri nama "Karno" dan berjenis kelamin Jantan, mempunyai bobot sekitar 40 Kg, serta usia sekitar 15 Tahun, dalam kondisi sehat dan baik.

Petugas akhirnya membawa Orang Utan ini ke Kawasan Cinta Raja, tepatnya di dalam Resort Taman Nasional Gunung Leuser, di Kecamatan Besitang.

Keberadaan Orang Utan yang masuk dan mencari makan di Perkebunan Warga, memang kerap terjadi. Untuk itu, BKSDA meminta warga yang melihat atau menemukan Orang Utan yang berkeliaran di Pemukiman atau Perkebunan, agar tidak menangkap dan memeliharanya, namun agar segera melaporkannya ke BKSDA. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments