KBKC Gelar Pelatihan Menulis Fiksi/Novel



Para Peserta saat mengikuti Pelatihan Menulis Fiksi/Novel

Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Pelatihan Menulis Fiksi/Novel di gelar oleh Komunitas Binjai Kota Cerdas (KBKC) di Sekretariat KBKC, Jalan Duku No 25 Kelurahan Limau Sundai, Kecamatan Binjai Barat, Selasa (14/8) Sore.

Kali ini, Pelatihan menulis Fiksi/Novel yang di ikuti oleh Puluhan Siswa Sekolah, di pandu oleh 2 Orang Inisiator KBKC, yaitu Syamsul Agus dan Asmawati Alfaiq, serta seorang Penulis asal Kota Binjai Hujan Tarigan.

Asmawati Alfaiq mengatakan, Penulisan Fiksi/Novel yang di gelar kali ini adalah bagian dari kegiatan KBKC, dan merupakan yang kedua kalinya, setelah sebelumnya di gelar di salah satu Cafe yang ada di Kota Binjai sekitar Setengah Bulan yang lalu.

"Fokus kita kali ini menulis Novel dan Fiksi. Tujuan Edukasi ini untuk mengasah bakat Penulis Pemula agar kedepannya bisa menjadi seorang Penulis yang karya dan imajinasinya bisa di tuangkan dalam sebuah tulisan hingga menjadi sebuah buku," ucapnya.

Asmawati juga mengatakan, KBKC pernah membesarkan seorang Novelis asal Kota Binjai yang bernama Halwanisa Syazwina, mantan Siswi SMP Al Fitiah Binjai, dan sekarang menimba ilmu di SMA 2 Binjai.

"Dia (Halwanisa Syazwina) sudah menerbitkan 2 buku. Insya Allah kedepan KBKC membuat buku buku yang lain sebanyak 7 buku," beber Asmawati, sembari mengatakan semoga kedepannya para peserta Pelatihan bisa menjadi seorang Penulis dan Penggerak Literasi.

Pada Bulan Mei yang lalu, sambung Asmawati, kami juga melakukan Pelatihan terhadap para Guru. Untuk hasil karya mereka berupa Pantun dan Puisi, Insya Allah akan kita terbitkan dan kita sajikan dalam sebuah Buku.

Di tempat yang sama, Syamsul Agus yang juga merupakan Inisiator KBKC, mengatakan kepada para Peserta Pelatihan, bahwa kedepannya setiap ada buku yang Terbit, akan ada Cap/Stempel dari Walikota Binjai.

"Memang agak lelah, tapi Insya Allah kalau kita mau belajar, percayalah suatu saat kita bisa menjadi penulis yang hebat," bebernya.

Pemateri Pelatihan, Hujan Tarigan, di hadapan para Penulis Pemula meapresiasi kegigihan mereka. Walau terlihat lelah, sambungnya, namun masih meluangkan waktunya untuk belajar menulis.

"Di dalam tulisan Kreatif salah satunya adalah Fiksi. Fiksi menurut saya terbagi Tiga, yaitu Kreatif, Naratif dan Imajinatif. Fiksi adalah cerita atau latar dari lmajinasi dan menulis adalah pekerjaan abadi," ucapnya memberi semangat kepada para Peserta.

Puluhan Peserta Pelatihan menulis Fiksi/Novel berasal dari beberapa Sekolah yang ada di Kota Binjai, tampak Antusias mendengarkan arahan dari Pemateri.

Bahkan, Peraih Medali Emas yang pernah mengikuti Olimpiade Penelitian di Jakarta pada tahun 2017 lalu, Kaila Yustisia (Siswa SMP 13, Kelas IX), juga mengikuti Pelatihan menulis Fiksi/Novel ini. (Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments