logo

Guru Jarang Masuk, Ratusan Siswa SDN Telaga Said Gelar Aksi Mogok BElajar

Spanduk Mogok sekolah


P.Brandan-Metrolangkatbinjai.com

Puluhan orang tua siswa dan komite Sekolah SD Negeri 056637 Telaga Said, yang berada di Dusun Karya Baru Telaga Tunggal, Desa Lama Baru, Kec Sei Lepan, Kab Langkat, menggelar aksi protes terhadap kinerja Kepala Sekolah dan guru yang mengajar di sekolah ini.

Selain menggelar aksi protes dengan menempel beberapa poster didinding kaca jendela sekolah, orang tua murid juga meliburkan anaknya untuk bersekolah, sehingga tuntutan mereka dipenuhi.

Bukan tanpa alasan, warga  menganggap SD N 056637 yang saat ini di kepalai oleh  Slamat Suparno,S.Pd dianggap tidak disiplin dan tidak bertanggung jawab dalam melaksanakan tugasnya sebagai Kepala Sekolah guna mencerdaskan anak bangsa di daerah ini, pernyataan ini diungkap oleh beberapa orang tua wali murid kepada Metro Langkat yang ditemui di lokasi sekolah, Rabu (1/8) pagi. 
Surat yang dilayangkan 

Sampe Tuah Sembiring (32) mengatakan, warga sudah sangat prihatin dengan keadaan sekolah ini, dimana para guru dianggap tidak disiplin dalam bertugas, sehingga para siswa seperti di telantarkan oleh para guru 

"Para guru yang bertugas baik guru PNS maupun guru Honorer jarang masuk kekelas disaat jam mata pelajaran berlangsung, sehingga hampir setiap hari, para murid yang hadir hanya bermain tanpa mendapatkan pengajaran dan pendidikan dari pihak sekolah 

Hampir setiap hari anak-anak kita datang kesekolah hanya bermain, tanpa ada guru yang memberikan pelajaran di sekolah, apa seperti ini dunia pendidikan yang kita harap, tentu tidak, kita menyekolahkan anak kita agar bisa mendapatkan pendidikan yang baik", ucapnya dengan nada kesal. 

Sementara itu ketua Komite Sekolah Syahrial Sembiring melalui sekretaris Ika Zulprihatiningsih saat dikonfirmasi wartawan Metro Langkat di kediamannya mengatakan, jika pihak komite sekolah sudah sering membicarakan hal ini kepada kepala sekolah namun tidak ada perubahan. 

Puncaknya pada tanggal 25 Juli 2018 lalu, pihak komite sekolah SD Negeri 056637 Telaga Said mewakili orang tua murid, berupaya menemui Kepala Dinas Pendidikan Kab Langkat Dr.Saiful Abdi, SH,SE,M.Pd dikantornya, tetapi tidak bisa bertemu berhubung Kadisdik sedang mengikuti  kegiatan Study Banding.  

Melalui Staf Kabid SD yang disebut bernama Surya, mengatakan, "Masalah ini akan segera diproses dan akan segera disampaikan kepada Pak Kabid, karena Pak Kabid saat ini tidak berada di tempat, lagi ada kegiatan study banding", ucap Ika kepada wartawan menirukan perkataan Surya saat itu. 

Merasa tuntutan ini tidak digubris dan mendapat respon dari Ka Disdik Kab Langkat, hingga sejauh ini belum ada tanggapan dan tidak ada perubahan sikap dari oknum Kasek maupun para guru membuat para orangtua murid dan komite sekolah menjadi kecewa, hingga melakukan aksi protes dan melarang anaknya untuk bersekolah.
"Aksi mogok belajar ini akan terus kami lakukan hingga ada perubahan disekolah ini, jika keadaannya tetap sama kami yakinkan sekolah ini akan kosong, dan anak kami akan kami pindahkan kesekolah yang lain", ucap beberapa orang tua siswa. 

Dari Pantauan kru Metro Langkat di SD Negeri 056637 Telaga Said, terlihat sekolah ini kosong dan sepi dari aktivitas ngajar belajar, tidak tampak satu siswapun yang mengikuti pelajaran di sekolah, dimana setiap ruangan belajar terlihat kosong. 

Sementara itu Slamat Suparno,S,. Pd selaku Kepala Sekolah saat akan dikonfirmasi tidak berada sekolah, menurut keterangan salah seorang guru, Kepala Sekolah sedang ada kegiatan di luar. Agus Manginar Sitanggang,S.Pd salah seorang guru yang berhasil ditemui di ruangan guru mengatakan, Kepala Sekolah tidak masuk karena ada kegiatan diluar, kita sangat sedih dengan keadaan ini, dari pihak sekolah akan berupaya  mencari solusi dan jalan keluarnya", ucap Agus. 

Diketahui SD N 056637 Telaga Said memiliki 6 ruang lokal belajar dan 1 ruang kantor dengan jumlah murid sekitar 75 orang, serta 10 staf pengajar terdiri dari 4 orang PNS, 5 guru honor dan 1 operator sekolah."Kita para wali murid menuntut agar Kadisdik Langkat segera menuntaskan ketidak beresan kinerja para tenaga pendidik baik guru berstatus PNS maupun honorer termasuk oknum kepala sekolah di sekolah ini",ucap beberapa orang tua wali murid, sambil berkata jika tidak ada perubahan maka anak mereka akan dipindahkan kesekolah lainnya. (Bud) 


Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.