logo

Diduga Terkait Sidang Tamin Sukardi, 4 Hakim, 2 Panitera PN Medan Ditangkap KPK

Ditangkap KPK. (ilustrasi) 



Medan-Metrolangkatbinjai. com

Dikabarkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menangkap 8 orang terduga kasus suap di Pengadilan Negeri (PN) Medan, Selasa (28/8). 

KPK membawa 4 orang Wakil Tuhan (hakim), termasuk Ketua dan Wakil Ketua PN Medan, bersama 2 panitera dan 2 orang lagi dari pihak swasta di duga dari pihak terpidana Tamin Sukardi.
Sementara Humas PN Medan Erintuah Damanik yang dikonfirmasi wartawan mengakui adanya penangkapan yang dilakukan KPK di PN Medan, Selasa (28/8) pagi. “Ya  ada yang dibawa KPK dari PN Medan ini,” katanya kepada wartawan
Erintuah menyebutkan petugas KPK membawa 4 hakim dan 2 panitera untuk dimintai keterangan. “Mereka membawa Ketua PN (Marsudin Nainggolan), Wakil Ketua PN (Wahyu Prasetyo Wibowo), Pak (hakim)  Sontan Meraoke Sinaga,  (hakim ad hoc tipikor) Merry Purba, Elpandi (panitera), Oloan Sirait (panitera),” kata Erintuah.
Namun Erintuah mengaku belum mengetahui kasus apa yang tengah ditangani KPK. “Saya tidak tahu pasti, tapi kabarnya terkait pidana korupsi,” sebutnya.
Selain itu Erintuah juga menyatakan, sejumlah meja hakim sudah disegel. “Meja Sontan dan Merry sudah disegel,” tandasnya.
Sementara itu, Jurubicara KPK Febri Diansyah membenarkan adanya penangkapan di PN Medan. Febri mengatakan KPK telah menangkap 8 orang. “Menjawab sejumlah pertanyaan media, benar ada kegiatan tim penindakan KPK di Medan dalam beberapa hari ini. Tadi pagi, Selasa 28 Agustus 2018 sampai siang ini setidaknya 8 orang diamankan untuk proses pemeriksaan lebih lanjut,” ucap Febri melalui pesan WhatsApp yang beredar dikalangan wartawan.
Dari 8 orang tersebut, lanjutnya, ada yang menjabat sebagai Hakim, Panitera dan pihak lain. Diduga telah terjadi transaksi terkait penanganan perkara tipikor di Medan. “Uang dalam bentuk dollar singapura juga telah diamankan. Sejauh ini, baru ini informasi yang dapat kami sampaikan. Tim sedang bekerja untuk melakukan verifikasi sejumlah informasi dari masyarakat yang kami terima. Nanti jika ada perkembangan akan diupdate kembali termasuk berapa orang yang akan dibawa ke kantor KPK di Jakarta,” jelasnya.
Berdasarkan pantauan wartawan di PN Medan, beredar informasi dikalangan wartawan, tertangkapnya oknum hakim dan panitera tersebut berkaitan dengan perkara korupsi dengan terdakwa Tamin Sukardi yang kemarin baru dijatuhi vonis. Ketiga hakim yakni  Wahyu Prasetyo Wibowo, Sontan Meraoke Sinaga, dan Merry Purba adalah majelis hakim yang menangani perkara Tamin Sukardi. Sedangkan Elpandi adalah panitera perkara tersebut. (Put/Ayu)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.