Pemkab Langkat Gelar Bimtek Analisis Jabatan

Peserta Bimtek yang mengikuti pelatihan

Stabat-Metrolangkatbinjai.com

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Langkat melalui  Bagian Organisasi dan Tata Laksana (Orta) Setdakab Langkat menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) analisis jabatan, analisis beban kerja dan evaluasi jabatan di lingkungan Pemkab Langkat tahun 2018, bertempat di Ruang Pola Lantai 1 Kantor Bupati Langkat, Stabat, Rabu (25/7).

Para peserta dalam Bimtek tersebut  perwakilan dari Dinas, Kantor, Badan dijajaran Pemkab.Langkat dan Camat se Kabupaten Langkat, sedangkan narasumber pemateri dihadirkan dari kantor regional Badan Kepegawaian Negara Medan Suparlan SH MSi.

Bupati Langkat H.Ngogesa Sitepu SH pada bimbingan dan arahanya, menerangkan, salah satu prioritas kegiatan reformasi birokrasi dibidang organisasi, adalah tertatanya kelembagaan dan kepegawaian pada masing-masing instansi di pemerintahan daerah dengan baik.

“Oleh karenanya pada kesempatan Bimtek ini, saya harapkan kepada peserta Bimtek agar serius dan sungguh sungguh dalam megikuti kegiatan ini,”pitahnya.

Selanjutnya, sambung Bupati Langkat, untuk mewujudkan arah kebijakan reformasi secara nasional, perbaikan di bidang kelembagaan yang telah dilaksanakan, baik pemerintah pusat maupun daerah, merupakan salah satu upaya yang diharapkan, dapat mewujudkan organisasi modern.

“Yaitu tertatanya organisasis yang tepat fungsi, tepat ukuran, ketegasan fungsi, banyak menggunakan jabatan fungsional, rentang kendali yang tepat, serta pelaksanaan tugas dan fungsi yang efektif, efisien dan rasional,”paparnya.

Maka upaya untuk mencapainya, kata H.Ngogesa, dengan menata perangkat daerah sejalan dengan penataan kepegawaian, dilakukan dengan kegiatan penyususuan analisis jabatan dimasing-masing satuan unit kerjanya.    Kemudian  hasilnya  berupa uraian jabatan dipergunakan menjadi dasar untuk melakukan berbagai kegiatan manajemen di bidang kepegawaian, diantaranya untuk menyusun spasifikasi atau persyaratan jabatan , peta jabatan serta peningkatan jabatan.

Kasubag Analisa Jabatan  Setdakab Langkat Erwin  Pribadi Bangun SE, menjelaskan, Pelaksanaan acara Bimtek ini  berdasarkan  peraturan  mentri pendayaagunaan aparatur negara reformasi birokrasi nomor 33 tahun 2011 tentang pedoman analisis jabatan dan peraturan mentri pendayagunaan aparatur negara reformasi birokrasi nomor 34 tahun 2011 tentang pedoman evaluasi jabatan.

“Harapannya, para peserta yang hadir dalam Bimtek ini, nantinya dapat mengaplikasikan ilmu yang didapat di masing-masing instansinya,”ujranya. (yan/



Show EmoticonHide Emoticon