logo

KTP Oknum Bacaleg Binjai Asal Luar Kota Patut Di Teliti





Ketua BCW Binjai Gito Affandy


Binjai-Metrolangkatbinjai.com
Pasca pendaftaran Bacaleg Pemilu Legislatif Kota Binjai periode 2019-2024, banyak di dominasi oleh Bacaleg Pemula, bahkan yang tidak mengerti soal Politik, apa lagi Pemerintahan juga ikut meramaikan sebagai Bacaleg.

Pasca pendaftaran Bacaleg ini, muncul juga orang-orang luar Kota Binjai sehingga hal ini patut menjadi perhatian khusus, mengingat soal KTP dengan domisili tetap sangat menentukan.

Pandangan ini dikemukakan Ketua BCW Binjai Gito Affandy, yang mengaku perlu memberi masukan kepada Pemerintah yang membidangi penertiban Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang merupakan syarat utama menjadi Bacaleg, sehingga bukan tidak mungkin dalam pencalegan terdapat KTP yang terindikasi dengan KTP formalitas hanya untuk memenuhi persyaratan.

"Seperti Cagubsu kemarin, semua orang tahu dengan jelas soal KTP salah satu Paslon dari luar Sumatera dengan KTP Medan yang tidak mempan disoroti, tapi begitu kalah, dengan enaknya pindah status dan dikabarkan Nyaleg di Jawa sana. Ini kental dengan indikasi KTP formalitas," ujar Gito.

Menurutnya, Dinas Catatan  Sipil Kota Binjai merupakan pihak yang paling bertanggungjawab soal penerbitan KTP karena sudah ada Peraturan yang mengatur itu. Bagi masyarakat luar Daerah yang menginginkan KTP setempat dimana berada, harus menempuh prosedur.

Gito mencontohkan, Mulai dari surat pindah, alamat yang dituju untuk sebagai domisili tempat tinggal, semua harus jelas. Jika tidak mempunyai dasar surat pindah, jelas itu melanggar aturan. Jika dalam pencalegan periode 2019-2024 Kota Binjai, jika terdapat Bacaleg yang secara defacto bukan penduduk Binjai, berarti ini patus diteliti dasar kepemilikan KTP nya dan lihat dimana alamat tempat tinggalnya yang tertera pada KTP nya. Jangan-jangan tanpa surat pindah KTP pula.

Terhadap persoalan ini, ujar Gito, jika terbukti apa yang diindikasikannya benar terjadi dan terbukti, maka Kepala Dinas Catatan Sipil Kota Binjai merupakan pejabat yang paling bertanggung jawab.

"Sebab apa, KTP kok dibuat main-main sekedar formalitas. Atau mungkin proses pembuatan KTP bisa main-main," tanya nya (Put)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.