logo

Ismail Ginting Akhirnya Di Periksa Kejari Binjai




Ismail Ginting (Kemeja Kuning) usai di periksa Kejari Binjai

Binjai-Metrolangkatbinjai.com
Ismail Ginting (54) yang menjabat sebagai Kepala Dinas ‎Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai, akhirnya memenuhi panggilan penyidik Pidana Khusus Kejaksaan Negeri (Pidsus Kejari) untuk diperiksa sebagai tersangka, Kamis (26/7).

Pria berkumis yang‎ pernah menjabat sebagai Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan, sekaligus Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Binjai ‎itu menjalani pemeriksaan pada kemarin (24/7).

Namun, Ismail Ginting mangkir dari panggilan penyidik. Dirinya akhirnya datang memenuhi panggilan dengan didampingi Penasehat Hukum, Dedi Susianto dan Syaiful, yang dicecar 30 pertanyaan.

Kepala Seksi Intelijen Kejari Binjai, Erwin Nasution men‎yatakan, tidak hanya Ismail Ginting saja yang diperiksa, tersangka lainnya seperti Dodi Asmara dan Bagus Bangun, juga turut dimintai keterangannya sebagai tersangka.

"Dodi Asmara jadwalnya kemarin (Rabu), cuma tidak ada PH, jadi hari ini. Begitu juga dengan Bagus Bangun," jelas Erwin.

Lebih lanjut di katakan Erwin, Dodi Asmara diperiksa penyidik sejak pukul 11.15 WIB hingga pukul 14.00 WIB pada Rabu (25/6). ‎Kemudian dilanjutkan dengan Bagus Bangun yang diperiksa penyidik sejak pukul 16.00 WIB sampai 20.00 WIB pada hari yang sama.

"Untuk Ismail Ginting diperiksa sekitar jam 10.00 WIB lewat. Saat ini diatas (masih diperiksa)," beber Erwin.

Sekira pukul 12.40 WIB, Ismail Ginting didampingi Penasehat Hukum (PH) Dedi Susianto, meninggalkan Gedung Kejari Binjai di Jalan T Amir Hamzah, Kelurahan Pahlawan, Binjai Utara. Namun yang bersangkutan kembali lagi menghadap penyidik sekira pukul 15.00 WIB.

Informasi yang di peroleh, kemarin (25/7) petang, Istri Ismail Ginting mendatangi Gedung Korps Adhyaksa Binjai tersebut.

Kedatangan Istri Ismail Ginting ke Kejari Binjai, di benarkan oleh Erwin Nasution.

 "Istrinya datang menyampaikan (Ismail Ginting) tidak bisa datang, karena berobat dari Penang. Check-up, jadi belum bisa dimintai keterangan," jawab Erwin tanpa mampu merincikan Ismail Ginting menderita sakit apa.

Sejauh ini, penyidik belum melakukan penahanan terhadap Bagus Bangun dan Dodi Asmara. Disinggung apakah Ismail Ginting langsung ditahan usai diperiksa, Erwin belum dapat memastikannya.

Erwin menambahkan, Ismail Ginting diperiksa kali pertama sebagai tersangka.

"Untuk melakukan penahanan, kewenangan penyidik," pungkasnya.

Sementara itu, Ismail Ginting tampak segar usai diperiksa oleh penyidik. Kepada awak media, Ismail Ginting mengaku akan mengikuti proses hukum.

Disinggung apakah siap membantu penyidik untuk membantu membeberkan semuanya prihal pengadaan alat peraga itu, Ismail mengaku bersedia.

"Apa yang semua saya tahu, pasti akan saya kasih tahu. Sejauh yang saya tahu ya, itu pasti. Penyidik pun lebih pintar menanyakan itu," tandasnya.

Diketahui, penyidik menetapkan tiga tersangka dalam perkara dugaan korupsi pengadaan alat peraga sekolah dasar yang sumber anggarannya dari Dana Alokasi Khusus dengan pagu anggaran sebesar 1,2 miliar. Pengadaan tersebut dilakukan oleh Dinas Pendidikan Kota Binjai.

Ketiga tersangka itu yakni, Ismail Ginting selaku Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kota Binjai‎ yang pernah menjabat Pelaksana Harian Kepala Dinas Pendidikan merangkap Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Binjai, Bagus Bangun selaku Pejabat Pembuat Komitmen dan rekanan pelaksana pengadaan barang Direktur CV Aida Cahaya Lestari Dodi Asmara. Mereka ditetapkan tersangka oleh penyidik pada 28 Maret 2018.

Dalam proses penyelidikannya, 21 kepala sekolah juga sudah diperiksa sebagai saksi.‎ Selain itu, 30 orang sudah diperiksa penyidik dalam proses penyelidikannya.

Direktur CV Aida Cahaya Lestari yang DPO Kejari Binjai sudah ditangkap dan kini dititipkan ke Lembaga Pemasyarakatan Klas II A Binjai. Sedangkan dua tersangka lainnya belum ditahan karena masih koperatif (Put)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.