Diskominfo Binjai Gelar Kegiatan Pelayanan Informasi Publik



Binjai-Metrolangkatbinjai. com

Pemerintah Kota (Pemko) Binjai melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) menggelar kegiatan penguatan kapasitas pengelola pelayanan informasi publik, yang diikuti seluruh pimpinan OPD, dan Kepala Bagian (Kabag), Narasumber yaitu Robinson Simbolon, anggota komisi informasi Sumatera Utara, di Aula Balaikota Binjai, Rabu (18/7).

Walikota Binjai, HM Idahan, melalui Sekda, M Mahfullah P Daulay,  memberikan apresiasi kepada Diskominfo atas terselenggaranya sosialisasi tersebut. Dirinya menilai bahwa keterbukaan informasi publik sangat penting guna membangun kepercayaan masyarakat kepada pemerintah.

Mahfullah berharap, melalui Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi (PPID) dapat berjalan dengan optimal di Kota Binjai. Informasi telah menjadi kebutuhan masyarakat, maka pemerintah dituntut untuk dapat memberikan informasi yang akurat.

"Jika informasi yang diberikan tidak akurat, serta tidak dikelola dengan baik, maka informasi tersebut dapat menjadi bumerang bagi Pemerintah," ungkap Sekda.

Maka dalam hal ini, lanjutnya, sebagai pemberi informasi kita harus memahami kriteria informasi, sangsi, serta mampu menguasai teknik informasi yang baik.

"Kepada seluruh peserta saya minta agar mengikuti kegiatan ini secara maksimal. Kepada Kadis Kominfo diharapkan dapat benar-benar menerapkan pengelolaan informasi sebagaimana mestinya, sehingga kebutuhan masyarakat akan informasi dapat diperoleh secara cepat dan akurat," pesan Sekda.

Menambahkan, Kadis Kominfo, H Ahmad Ilham, selaku ketua panitia, mengatakan maksud dari sosialisasi ini untuk memberikan penguatan dan fungsi PPID, memberikan pemahaman terkait informasi yang layak untuk disampaikan, serta bagaimana penanganan apabila nantinya terjadi sengketa publik.

"Dan tujuan sosialisasi ini guna mengetahui tata cara penanganan, apabila terjadi sengketa publik," ucapnya.(Put)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments