logo

Darwis Sinulingga : Jangan "Judge" Eks Pecandu Narkoba



Darwis Sinulingga (kemeja putih memakai topi) saat mengunjungi Yayasan Mutiara Abadi Bangsa (MAB) 

Binjai-Metrolangkatbinjai.com

Panti Rehabilitasi Yayasan Mutiara Abadi Bangsa (MAB) Kota Binjai, yang beralamat di Jalan Gatot Subroto, Kelurahan Bandar Sinembah, Kecamatan Binjai Barat, terus membina puluhan Resident nya agar tidak kembali lagi terjerat dalam peredaran Narkoba.

Berbagai kegiatan pun terus di lakukan, mulai dari beribadah, berkebun, olahraga, morning meeting, seminar, hingga kegiatan Outting ke tempat tempat wisata.

Tidak Hanya itu, dalam waktu dekat ini, Panti Rehabilitasi Yayasan Mutiara Abadi Bangsa juga berancana akan membuat kolam baru, yang nantinya akan di pelihara oleh para Resident.

"Saat ini ada sekitar 25 Resident berada di tempat kami. Untuk Program pemulihan biasanya kami melakukannya dari 3 sampai 6 bulan," beber Rizkhoir Afandi, yang menjadi Konselor sekaligus Program Manager di Yayasan MAB.

Namun, sambung Rizkhoir, untuk Resident yang bersubsidi, seperti dari BNNK Binjai atau Dinas Sosial Binjai, biasanya Program pemulihannya hanya memakan waktu 3 bulan saja.

"Untuk para Residen yang berada disini dan beragama Islam, di wajibkan untuk mengikuti sholat Subuh. Setelah itu bersama sama olahraga seperti senam. Di lanjutkan dengan Morning Meeting, Seminar dan Conprontion," ucap Pria berkulit gelap ini.

Tidak hanya itu, Yayasan Mutiara Abadi Bangsa juga melakukan Konseling Medis, minimal 2 kali dalam seminggu. Begitupun, jika ada Resident yang mengalami sakit, maka pihak Yayasan akan segera memanggil Dokter, guna membantu penyembuhannya.

"Kalau Resident mengalami Penyakit dari kecanduan, maka biaya di tanggung kami. Namun kalau penyakit di luar dari kecanduan, maka pihak keluarga yang menanggung biayanya," ucap Rizkhoir Afandi.

"Untuk Psikologi atau Konseling Individual, kami lakukan dari hari Senin sampai hari Jumat. Sedangkan untuk hari Minggu Free Time, biasanya Resident hanya melakukan Gotong Royong," sambung Rizkhoir, sembari mengatakan bahwa mereka baru saja melakukan Outting di salah satu tempat wisata yang ada di Kabupaten Langkat.

Rizkhoir juga menambahkan, untuk para Resident yang ada di Yayasan Mutiara Abadi Bangsa, pada umumnya mereka terlebih dahulu sudah di amankan oleh aparat hukum. Begitupun, ada juga Resident yang sengaja menyerahkan diri karena mereka sudah sampai titik jenuh.

Sementara itu, salah seorang pekerja Media yang juga sebagai Ketua BMX Trail, Darwis Sinulingga, berharap adanya tindak lanjut dari Instansi atau Lembaga terkait agar para Resident mempunyai ketrampilan atau keahlian, setelah mereka menjalani masa Rehabilitasi.

Begitupun, sambung Darwis, Keluarga dan lingkungan sekitar sangat mempengaruhi untuk mantan pemakai narkoba menjadi lebih baik.

"Berilah kesempatan kepada mereka untuk berbuat baik dan bertobat. Di saat kita tidak mampu meyakinkan mereka secara emosional, maka Qalbunya yang kita sentuh," pintanya.

Untuk mantan pecandu Narkoba yang telah menjalani Rehabilitasi, lanjut Darwis, mereka memang masih perlu di awasi, tapi jangan di anggap sebagai pecandu.

"Mereka jangan di Judge, tapi rangkul dan beri pencerahan. Untuk itu, bagaimana caranya agar mantan pecandu tersebut mempunyai skill untuk modal hidupnya saat dirinya kembali ke tengah tengah masyarakat. Misalnya dengan menggandeng pihak Perkebunan atau Dinas terkait yang mempunyai tugas memberikan ketrampilan. Artinya setelah menjalani Rehab, cari jalan keluar untuk mereka mempunyai Skill dan kemampuan yang positif sehingga mampu menafkahi dirinya bahkan keluarganya.Hal itu agar mereka tidak terjerumus lagi ke lingkaran Narkoba," harapnya.

Darwis juga mencontohkan, setelah Resident menjalani masa Rehab dan di perbolehkan untuk pulang, tidak menutup kemungkinan mereka menerima Sanksi sosial dari warga di sekitar kediamannya.

"Bisa jadi saat pulang ke rumah, mereka di kucilkan oleh tetangga atau teman temannya, ini adalah PR buat kita," ucapnya, sembari mengatakan Memanusiakan manusia itu memang sulit.

"Begitupun semuanya tidak terlepas dari niat untuk berubah menjadi lebih baik," tutupnya (Put)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.