*MUI: Islam dan Pancasila Benteng dari Terorisme*

Medan-Metrolangkat.com Radikalisme sebagai akar dari aksi terorisme yang belakangan terjadi di Indonesia justru bisa dipe...





Medan-Metrolangkat.com


Radikalisme sebagai akar dari aksi terorisme yang belakangan terjadi di Indonesia justru bisa diperangi dengan pemahaman Islam yang benar. Bersama Pancasila, yang kelahirannya baru diperingati 1 Juni lalu, Islam menjadi benteng dari terorisme.

Hal tersebut disampaikan Ketua MUI Kota Tanjung Balai, KH Syahron Sirait, Minggu (3/6) menanggapi penangkapan sejumlah pelaku teror yang terjadi di Sumut bekalangan ini. Terkahir penangkapan disertai penyitaan bahan peledak juga terjadi di Riau.

KH Syahron menegaskan, pemikiran yang mengaitkan Islam dengan aksi radikalisme seperti teror bom merupakan pemahaman yang keliru. Menurutnya,  aksi terorisme tidak dapat dikaitkan dengan Islam, melainkan lebih kepada individu yang salah memahami Islam dan salah menghayati Pancasila sebagai pemersatu bangsa.

"Kalau ada yang mengaitkan Islam dan terorisme, maka dia merupakan orang yang gagal paham tentang Islam dan Pancasila," ungka KH Syahron.

“Justru Islam dan Pancasila adalah benteng dari terorisme,” imbuhnya.

*Pancasila Bahasa Alquran*

Lebih jauh, KH Syahron mengatakan seluruh butir-butir yang terkandung dalam Pancasila merupakan pengamalan dari bahasa Alquran selaku kita suci umat Islam. Karenanya, Pancasila tidak dapat dipisahkan dari kehidupan umat Islam. 

"Coba dibuka butir-butir Pancasila itu, itu bahasa Alquran. Coba diteliti, kemanusiaan yang adil dan beradab. Adil itu bahasa Alquran, beradab itu bahasa Alquran. Jadi Pancasila itu tercipta dari Alquran karena yang merumuskannya itu sebagian besar ulama," paparnya.

Atas alasan ini juga, KH Syahron memastikan bahwa Pancasila merupakan dasar negara yang sama sekali tidak bertentangan dengan Islam.

"Jangan timbulkan fitnah yang mengatakan Pancasila itu bertentangan dengan Islam. Pancasila dan NKRI itu harga mati. Ulama siap bangkit membela Pancasila dan NKRI," tegasnya.

Secara khusus di Tanjug Balai, menurut KH Syahron, pihak Kementerian Agama sudah melakukan beberapa aksi agar pemahaman umat mengenai kaitan antara Islam dan Pancasila semakin baik. Para penyuluh agama selalu dibekali agar dalam menyampaikan dakwah kepada masyarakat selalu memberikan pengertian tentang Pancasila.

"Kalau sudah mereka paham, sudah bisa diamalkan itu. Kalau Pancasila sudah diamalkan tentu negara kita ini akan aman dan damai," sebutnya.

Pihak MUI Tanjung Balai berharap selain upaya dari pihkanya, kalangan pemerintah juga berperan aktif. Salah satunya dengan memberi pendidikan sejak dini tentang pengamalan Pancasila.

"Kalau bisa pemerintah mendukung mengadakan pelatihan seperti dulu  P4 dimunculkan kembali kenapa rupanya. PMP kenapa dihilangkan dari pelajaran sekolah? Ini penting agar masyarakat kembali sejak dini bisa memahami Pancasila," demikian KH Syahron.(rel/yg)


COMMENTS

LTV ON NEWS

Name

Anak Negeri,102,Berita Hari Ini,838,Berita Terkini,105,Ekonomi dan Bisnis,20,Gedung Dewan,3,Hoby Xtrim,24,Hukum& Kriminal,241,Inspirasi Islam,5,International,13,Kabar Desa,58,Kejahatan Medis,1,Lingkungan hidup,7,Macam-macam,29,Macam2 Obat,4,Mak Mirah,1,Mata Lensa,2,Mata Lensa,6,Menuju Kursi Lkt-1,3,Metro Binjai,93,Metro Tamiang,39,Motivasi,6,Nasional,62,Olahraga,5,Opini,3,Partai Politik,52,Pentas Pilkada,59,Politik,17,Sport,4,Supranatural,22,Wisata Negeri,3,Yong Ganas,5,
ltr
item
NEWS METRO LANGKAT BINJAI: *MUI: Islam dan Pancasila Benteng dari Terorisme*
*MUI: Islam dan Pancasila Benteng dari Terorisme*
https://4.bp.blogspot.com/-XLDAfrw2JLg/WxQdnutuAJI/AAAAAAAAJvo/mrPTW9Ux_s4DPyY-SQQ4c4y7aiPDJlVqwCEwYBhgL/s400/Logo%2BMUI.png
https://4.bp.blogspot.com/-XLDAfrw2JLg/WxQdnutuAJI/AAAAAAAAJvo/mrPTW9Ux_s4DPyY-SQQ4c4y7aiPDJlVqwCEwYBhgL/s72-c/Logo%2BMUI.png
NEWS METRO LANGKAT BINJAI
https://www.metrolangkatbinjai.com/2018/06/mui-islam-dan-pancasila-benteng-dari.html
https://www.metrolangkatbinjai.com/
https://www.metrolangkatbinjai.com/
https://www.metrolangkatbinjai.com/2018/06/mui-islam-dan-pancasila-benteng-dari.html
true
7980326430022436733
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy