Sijago Merah Lantak 4 Rumah Warga Di Gang Dempo Brandan

Kobaran api yang coba dipadamkan warga. 



P. Brandan-Metro Langkat.com

:Kepanikan warga terjadi pada Jum’at (9/3) malam, dimana 4 rumah semi permanen milik warga yang berada di kawasan pemukiman padat penduduk hangus dilalap si jago merah.


Kebakaran ini terjadi di Jalan Dempo Gang Methodis Link III Sejahtera Kel Brandan Timur Baru Kec Babalan Kab Langkat, adapun rumah yang terbakar milik Basri Yuslan (70), Timbul Sitompul (50), rumah sewa yang ditempati Riana Br Sembiring  (40), dan satu unit rumah kosong tanpa penghuni, dimana api pertama kali diketahui warga berasal dari rumah Basri Yuslan sekitar pukul 20.15 WIB.


"Api diduga berasal dari rumah Basri, dimana api terlihat sudah membesar, warga yang panik langsung berusaha menyelamatkan harta benda dan sebagian warga lainnya berusaha memadamkan api dengan peralatan seadanya, karena rumah yang terbakar berdempetan dengan rumah warga lainnya, warga berusaha menyelamatkan harta masing-masing, takut api juga menyambar rumah mereka", ucap Nedy Kepala Lingkungan III Sejahtera.


Warga secara bahu membahu memadamkan api dengan peralatan seadanya, dimana lokasi kebakaran berada di dalam gang kecil yang padat penduduk, membuat mobil pemadam kebakaran tidak bisa masuk kelokasi, namun api dapat dipadamkan sekitar pukul 21.15 dimana 5 unit mobil pemadam kebakaran dari pihak Pertagas (Pertamina Gas) UP 2 Pangkalan Brandan dan Pemkab Langkat turun membantu memadamkan api.


"Kami masih trauma dengan kebakaran kemarin di Jalan Masjid yang menyebabkan satu keluarga tewas kebakar, apalagi ini dikawasan padat penduduk dan rumah merupakan semi permanen yang saling berdempetan, membuat warga panik di tengah kegelapan malam, berusaha menyelamatkan diri dan harta benda masing-masing", ucap Anto (40) salah seorang warga.


Dari hasil investigasi sementara pihak kepolisian, api diduga berasal dari korsleting arus pendek listrik. "Api diduga berasal dari korsleting arus listrik, tidak ada korban jiwa namun empat rumah warga hangus terbakar, dengan kerugian material mencapai Rp 300 juta", ucap Ipda Yudianto Kanit Reskrim Polsek Pangkalan Brandan yang turun kelokasi bersama anggota.


Saat ini korban kebakaran untuk sementara mengungsi di rumah kerabat dan keluarga disekitar lokasi kebakaran, sementara itu Camat Babalan Yafizham Parinduri. S.Sos beserta perangkat pemerintah Kecamatan malam itu juga turun meninjau lokasi kebakaran dan berusaha menenangkan dan memberi motifasi agar warga tabah dengan kejadian ini.


"Kita harap para korban kebakaran bersabar dengan kejadian ini, karena ini merupakan cobaan buat kita semua, siapa yang menyangka dengan kejadian ini, namun ini kehendak yang Kuasa dimana kita di uji dengan musibah ini", ucap Pak Camat. (Bud)



Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments