Ribuan Warga Langkat Belum Punya KTP : Ondim, : Kadis Catpil Harus Gerak Cepat Sahuti Himbauan Bupati

H Syah Afandin alias Ondim

Langkat-Metrolangkat.com

Banyaknya masyarakat yang menyampaikan keluh kesahnya seputar sulitnya mendapatkan e-KTP salah satu persoalan yang ditangkap Calon Wakil Bupati Langkat, H Syah Afandin. Hampir setiap daerah yang dikunjunginya selalu terdengar soal keluhan tersebut yang disampaikan masyarakat.

“ Ada belasan ribu warga Langkat yang belum mendapatkan e-KTP, padahal mereka telah melakukan rekam data, hal ini perlu menjadi perhatian serius Kepala dinas (Kadis) Catatan Sipil Kabupaten Langkat untuk mencarikan solusi atau jalan keluarrnya.

Kartu tanda penduduk tersebut merupakan identitas penting yang dibutuhkan semua warga. Karena tidak adanya KTP tadi, warga mengalami kesulitan untuk melakukan apapun, sebab KTP merupakan syarat mutlak bagi seorang warga negara.” Ujar mantan anggota DPRD-Sumut ini.

Apalagi sebentar lagi Kabupaten Langkat akan melangsungkan Pilkada. Oleh sebab itu kita mendesak Catpil  untuk segera menyelesaikan permasalahan e KTP warga Langkat.  
Karena masih banyam warga langkat yg masoh belum memiliki KTP. Padahal sudah melakukan rekam data,. Mengingat kepentingan KTP sangat tinggi ran kebutuhan admitrasi dan lainya. Apalagi sebentar lagi akan dilakikan Pilkada Langkat. 

Oleh karena itu Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat, segeralah mengambil langkah cepat. Bila kita melihat persoalan yang terjadi, terkesan kinerja Kadis Dukcapil lambat.
Kalau kita tidak salah, beberapa waktu lalu Bupati Langkat H Ngogesa Sitepu SH gencar-gencarnya menghimbau masyarakat untuk memiliki KTP dan mengunakan hak pilihnya. Hal ini harusnya cepat disahuti oleh Disdukcatpil untuk sesegera mungkin menyelesaikan persoalan E KTP ini.
Ditambah lagi saat ini banyak pemilih pemilih pemula setingkat SLTA yang sudah dapat memilih tapi belum melakukan perekaman ektp maupun hak pilihnya sebagai seorang pemilih. Masyarakat itu tidak tau apa masalahnya, yang mereka inginkan bila datang mengurus KTP langsung beres,” Ungkap Ondim kepada Metro Langkat Senin (6/3) melalui sambungan seluler.
Selain tidak beresnya pengurusan e-KTP tadi, setiap masyarakat yang datang mengurus KTP ke Disdukcatpil selalu dibuat kecewa oleh oknum pegawainya. “ Saya dengar juga dari masyarakat kalau pelayanan di Disdukcatpil itu kurang baik, misalnya warga yang datang dari jauh-jauh hendak mengambil atau mengurus surat-surat selalu dipersulit oleh oknum-oknum dikantor ini.
Harapan kita kedepannya pelayanan di Disdukcatpil bisa lebih baik lagi. Dan masyarakat terlayani dengan baik. Bayangkan saja, kalau warga dari Pematang Jaya misalnya datang mengurus surat-surat ke Catpil disuruh datang lagi besok untuk mengambil surat yang dibutuhkan, inikan kasian, selain jarak tempuhnya yang terbilang jauh, biaya yang dikeluarkan juga tidak sedikit. “ Ujar Ondim seraya berharapa Kadis Dukcatpil segera lakukan kordinasi dengan pemerintah pusat.    
Sebelumnya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Langkat, Metehsa Sitepu kepada wartawan mengatakan "Sejauh ini memang ada ribuan warga yang belum memiliki e-KTP,". Padahal menurutnya jumlah warga di Kabupaten Langkat mencapai 1.090.108 jiwa.

Dengan jumlah warga yang wajib memiliki e-KTP sekitar 819.938 jiwa dan sudah melakukan rekam e-KTP berjumlah 688.593 jiwa. "Dari total inilah kita temukan jumlah warga yang belum melakukan rekam dan wajib memiliki e-KTP sekitar 131.345 ribu jiwa," jelas Matehsa Sitepu.

Matehsa Sitepu mengakui pihaknya terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, baik di tingkat kecamatan, kelurahan dan desa agar warga segera melakukan perekaman data dan mencetak e-KTP ke kantor Disdukcapil.
"Sosialisasi terus kita lakukan karena E-KTP sangat dibutuhkan, sebab selain sebagai pengenal, dengan memiliki e-KTP kita bisa memiliki hak suara dalam Pilkada 2018 mendatang," ujarnya.
Menurutnya, saat ini stok blangko e-KTP masih mencukupi bagi warga yang ingin melakukan rekam e-KTP. Sebab itu, diharapkan warga segera melakukan rekam e-KTP.
"Terkait stok blangko e-KTP sejauh ini masih mencukupi, untuk itu mari kepada warga segera mendaftarkan diri membuat e-KTP, paling tidak melakukan rekam ke Dinas Disdukcapil agar dapat mengikuti Pilkada 2018 mendatang," ajaknya.(Yong)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments