Konflik Tenurial Kawasan Hutan SM Karang Gading: Donny Setha : Kita Akan Bentuk Pokja Penanganan Konflik Tenurial Segera.

DPRD Langkat dan Muspika bahas soal Kinflik hutan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading beberapa waktu lalu.(Red)  Langkat- Metrolangkat.c...

DPRD Langkat dan Muspika bahas soal Kinflik hutan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading beberapa waktu lalu.(Red)

 Langkat- Metrolangkat.com

Laporan masyarakat terkait konflik tenurial di kawasan hutan Suaka Margasatwa (SM) Karang Gading Langkat Timur Laut wilayah Tanjung Pura yang sebelumnya diterima Donny Setha selaku Wakil Ketua DPRD Langkat dari Partai Gerindara mengarah pada Rapat Dengar Pendapat (RDP) di Gedung DPRD Kabupaten Langkat. (8/2/2018).

Rapat yang sebelumnya memanas karena adanya perbedaan pendapat antara kelompk tani binaan Balai KSDA yakni Kelompok Tani Tumbuh Subur dan pernyataan kepala Balai BKSDA membuat ruangan rapat hampir tidak terkendali.

Dalam pertemuan tersebut Kepala Balai KSDA Hotmauli Sianturi menyatakan bahwa “Kelompok Tani Tumbuh Subur adalah kelompok tani yang bermitra dengan kami” pernyataan tersebut dikuatkan oleh Ketua Kelompok Tani Tumbuh Subur Tarigan yang disinyalir warga Binjai menyatakan “kami adalah kelompok lokal yang sudah bermitra dengan Balai BKSDA”

Sontak perwakilan masyarakat dari keempat desa angkat bicara. Mereka menjelaskan bahwa ada tebang pilih serta perlakuan yang tidak adil kepada mereka yang dilakukan oleh Balai BKSDA dengan kelompok binaanya yang baru terbentuk tersebut. Mereka menyampaikan kenapa ratusan hektar yang dikelola pengusaha seolah dibiarkan sementara kami yang untuk mencari makan malah dihancurkan.

Mereka juga menjelaskan bahwa kenapa kelompok yang baru malah yang diajak bermitra dengan BKSDA sementara kami kelompok yang sudah lama ada dan sudah 10 tahun mengelola lahan tersebut diabaikan, bahkan areal yang kami kelola dirusak oleh Balai KSDA dan kelompok binaanya serta ada indikasi pungli dan bagi-bagi lahan yang dilakukan oleh kelompok binaan dari BKSDA.

Donny setha sekalu pimpinan rapat dalam RDP tersebut meminta pihak kepolisian segera mengusut persolan pungli dan bagi-lahan tersebut dan Donny menegaskan agar jangan sampai ada lagi tindakan dilapangan yang memancing keributan. Donny menambahkan “ Saat ini sudah banyak regulasi yang dapat menjadi solusi penyelesaian konflik tersebut diantaranya permen lhk P.83/2016/tentang Perhutanan Sosial, P.85/2014/tentang Tata Cara Kerja Sama KSA/KPA & Negara harus hadir menyelesaikan persoalan ini.”

Akhir dari rapat menyimpulkan bahwa dalam waktu dekat akan segera dibentuk pokja penyelesaian konflik di SM.Karang Gading Tanjung Pura, seta akan segera dilakukan peninjauan lapangan sekaligus melakukan inventrisasi, verivikasi dan validasi terkait pengelolaan diwilayah tersebut.

Rapat yang dipimpin langsung wakil ketua DPRD Donny Setha juga dihadiri Kepala Balai BKSDA, Dandim Langkat, Perwakilan Kapolres Langkat, Kepala BPSKL Reg.Sumatera (UPT KLHK), Kepala BPDAS Sumut (UPT KLHK), Perwakilan Balai GAKKUM (UPT KLHK), KPH 1 Stabat,  Camat Secanggang, Camat Tanjung Pura, Kepala Desa Suka Maju, Kepala Desa Karya Maju, Kepala Desa Tapak Kuda & Kepala Desa Jaring Halus, Kelompok Tani dan Perwakilan Tokoh Masyarakat.(red)

COMMENTS

LTV ON NEWS

Name

Anak Negeri,107,Berita Hari Ini,851,Berita Terkini,115,Ekonomi dan Bisnis,21,Gedung Dewan,5,Hoby Xtrim,24,Hukum& Kriminal,245,Inspirasi Islam,5,International,13,Kabar Desa,58,Kejahatan Medis,1,Lingkungan hidup,8,Macam-macam,30,Macam2 Obat,4,Mak Mirah,1,Mata Lensa,2,Mata Lensa,6,Menuju Kursi Lkt-1,3,Metro Binjai,93,Metro Tamiang,39,Motivasi,7,Nasional,62,Olahraga,5,Opini,3,Partai Politik,54,Pentas Pilkada,59,Politik,17,Sport,4,Supranatural,22,Wisata Negeri,3,Yong Ganas,5,
ltr
item
NEWS METRO LANGKAT BINJAI: Konflik Tenurial Kawasan Hutan SM Karang Gading: Donny Setha : Kita Akan Bentuk Pokja Penanganan Konflik Tenurial Segera.
Konflik Tenurial Kawasan Hutan SM Karang Gading: Donny Setha : Kita Akan Bentuk Pokja Penanganan Konflik Tenurial Segera.
https://1.bp.blogspot.com/-WDOYk6baSv8/WoB_EF7o0fI/AAAAAAAAIpY/hgTj-wgerrw2MW8a24MRJdhXgjqm0iKGwCLcBGAs/s640/bahas.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-WDOYk6baSv8/WoB_EF7o0fI/AAAAAAAAIpY/hgTj-wgerrw2MW8a24MRJdhXgjqm0iKGwCLcBGAs/s72-c/bahas.jpg
NEWS METRO LANGKAT BINJAI
https://www.metrolangkatbinjai.com/2018/02/konflik-tenurial-kawasan-hutan-sm.html
https://www.metrolangkatbinjai.com/
https://www.metrolangkatbinjai.com/
https://www.metrolangkatbinjai.com/2018/02/konflik-tenurial-kawasan-hutan-sm.html
true
7980326430022436733
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy