4 Pengcab Pujakesuma Kecamatan Dilantik : Memegang Peranan Strategis Dalam Pembangunan Daerah

Serahkan Petaka saat pelantikan 4 Kecamatan Pujakesuma
Pelantikan 4 Kecamatan Pujakesuma


KISARAN – Metrolangkatbinjai.com

Empat orang Dewan Pengurus Cabang Pujakesuma Kecamatan (DPC-PK) secara resmi kembali dikukuhkan dan dilantik oleh Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Paguyuban Keluarga Besar (PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan, H.Ribut Santoso SH, yang diwakili oleh Ketua Harian Wage Trimana, Minggu (11/2) di Balai Karyawan Afd IV Kebun PTPN3 Sei Silau, Kecamatan Buntu Pane.

Keempat Pengurus Cabang Pujakesuma Kecamatan yang dilantik yakni Kecamatan Buntu Pane, Kecamatan Tinggi Raja, Kecamatan Setia Janji dan Kecamatan Bandar Pasir Mandoge, untuk masa periode 2017-2020

“Kita wong Jowo iku guyub dan guyub. Dadi wong jowo iku harus erat dan rekat, artinya orang Jawa itu harus bersatu dan orang Jawa harus selalu mempererat rasa persatuan biar kuat. Saat iki wong Jowo wes wayae bangkit dan memimpin. Saat ini orang Jawa sudah saatnya bangkit dan jadi pemimpin,” ujar Wage Trimana yang disamput aplus seluruh anggota dan kel;uarga besar Pujakesuma Kab.Asahan.

Wage juga menyampaikan rasa maaf atas tidak hadirnya Ketua DPD PKB Pujakesuma, H.Ribut Santoso SH, karena dalam keadaan tidak sehat.

”Tadi pagi selepas subuh, Ketua beri kabar kepada saya, bahwa beliau dalam keadaan sakit dan tidak dapat menghadiri pelantikkan. Beliau berpesan kepada saya untuk dapat mengambil tugas melakukan pelantikkan 4 Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Pujakesuma,” ujar Wage.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Majelis Pertimbangan Organisasi (MPO) Pujakesuma Kabupaten Asahan, H.Endang Ngadiman, menuturkan, warga Jawa selama ini telah menjadi pendorong dan pendukung dalam pembangunan daerah di Kabupaten Asahan.

“Kita selama dua periode telah mendorong dan mendukung kepemimpinan Taufan-Surya, selaku Bupati dan Wakil Bupati Asahan, dalam membangun Kabupaten Asahan. Tapi saat ini, sudah saatnya warga Jawa/wong Jowo itu harus menjadi pemimpin. Coba untuk kedepan ini, kita buat Jawa dengan Jawa untuk dapat menjadi pemimpin di tingkat Kabupaten maupun Provinsi. Sebab penduduk Asahan mayoritas jumlah penduduknya 64 persen adalah warga Jawa,” kata H.Endang Ngadiman.

Maka dari itu, masih menurut Endang, wong Jowo harus jadi perekat dan pererat sebagai pemersatu serta memperkuat bangsa Indonesia.

“Selain itu, wong Jowo harus dapat berperan dalam mendukung dan mendorong pembangunan bangsa, khususnya pembangunan di Kabupaten Asahan. Jadi orang Jawa itu memiliki peran yang strategis dalam mendukung pembangunan bangsa dan pembangunan daerah. Apalagi dengan jumlah warga Jawa yang mayoritas,” sebut Endang Ngadiman.

Nah, kejut Endang Ngadiman lagi, untuk membuktikan kita (suku Jawa) mayoritas, melalui acara pelantikkan dengan menggunakan baju kebesaran lurik-lurik Pujakesuma.

“Kita harus bisa menjadi yang pertama, bukan yang kedua. Artinya, kita harus bisa tampil menjadi pemimpin yang pertama. Kita pantas menjadi orang Jawa dan kita harus bangga menjadi orang Jawa. Agar  dapat berhasil dan maju, kita warga Pujakesuma atau warga Jawa harus dekat dengan penguasa ataupun pengusaha. Sebab kekuasaan, merupakan sendi perekat atau kekuatan dalam membesarkan organisasi Pujakesuma atau wong Jowo,” kata H.Endang Ngadiman.

Sementara itu Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara,  Drs.H.Sugiatno, MM, menjelaskan, bahwa Pujakesuma itu merupakan warga Jawa yang memiliki akte kelahiran di Sumatera atau warga Jawa yang memiliki kelahiran di luar Pulau Sumatera. Namun memiliki domisili atau kedudukkan di Sumatera Utara.

“Artinya Pujakesuma itu bukan milik warga Jawa yang lahir di Sumatera saja, namun Pujakesuma juga milik warga Jawa yang berkedudukan di Sumatera. Warga Pujakesuma itu bisa warga di luar suku Jawa, namun ia memiliki pasangan warga Jawa atau suku lain yang memiliki anak menantu . Warga Jawa atau warga lain yang memiliki mertua warga Jawa,” ucap Sugiatno.

Lebih lanjut menurut Sugiatno, warga Jawa harus dapat memperbaiki diri dari segala hal. Kalau kita seorang PNS, harus bisa menjadi seorang pegawai yang baik. Kalau kita seorang pengusaha, harus dapat menjadi contoh yang baik dan lain sebagainya.

Dalam kesempatan itu, Sugiatno menegaskan agar seluruh warga Jawa yang ada di Kabupaten Asahan, dapat memiliki kartu identitas diri sebagai warga Jawa. Namun kartu tersebut harus memiliki nilai asuransi agar dapat bermanfaat bagi yang memilikinya.

Diakhir sambutannya, Ketua DPW H.Sugiatno, membuka pencanangan rekening Gebang Sewu, yaitu sumbangan Seribu Rupiah/jiwa warga Jawa. Bayangkan, jika sebulan satu warga Jawa menyumbang Seribu Rupiah dikali jumlah penduduk Jawa yang ada di Kabupaten Asahan, hampir 500 ribu jiwa maka satu bulannya akan terkumpul dana mencapai 500 juta rupiah.

“Maka, dengan dana yang terkumpul tersebut dapat dipergunakan untuk membangun apa yang kita inginkan. Saya yakin, semua warga Jawa tidak akan keberatan dengan sumbangan Seribu Rupiah se-bulan. Malah saya yakin, warga Jawa akan menyumbang lebih,” ucap Sugiatno.

Pada pembukaan rekening Gebang Sewu di acara pelantikkan tersebut, terkumpul dana sebesar Rp2.415.000.

Sementara itu, Camat Buntu Pane, Ruslan Sitorus, dalam kata sambutannya, mengajak semua warga Jawa untuk dapat mendukung program pembangunan di Kabupaten Asahan, khususnya di Kecamatan Buntu Pane.

“Mari Kita semua warga Jawa yang ada di Kabupaten Asahan, khususnya yang ada di Kecamatan Buntu Pane, agar dapat mendukung program pembangunan. Apalagi saat ini, saya lihat para pengurus Pujakesuma yang dilantik adalah merupakan tokoh-tokoh pemuka, agama dan masyarakat yang terpandang,” beber Camat.

Masih menurut Camat, dengan kerjasama, warga Pujakesuma/warga Jawa, saya yakin, pembangunan yang ada makin cepat terealisasi dengan baik. Apa yang menjadi visi-misi Pemkab Asahan, juga dapat terwujud,ujar Camat.

Para pengurus cabang Pujakesuma Kecamatan yang di lantik yakni DPC Pujakesuma Kecamatan Buntu Pane, (Ketua : Paino Karsorejo, Seketaris : Samingan SH  dan Bendahara : Wartiman. Kecamatan BP Mandoge, (Ketua : H.Suyono, Seketaris : Sumartono dan Bendahara : Sumino).

Pengurus Cabang Pujakesuma Kecamatan Tinggi Raja (Ketua : Paidi, Seketaris : Jumari dan Bendahara : Salamun).Pengurus Cabang Pujakesuma Kecamatan Setia Janji, (Ketua : Sarwono, Seketaris : L.Edy Siswanto dan Bendahara : Misno).


Sebelumnya, 6 Dewan Pengurus Cabang Pujakesuma lainnya telah dilantik yakni DPC Kecamatan Bandar Pulau, Kecamatan Rahuning, Kecamatan Aek Songsongan, Kecamatan Pulau Rakyat, Kecamatan Aek Kuasan dan Kecamatan Aek Ledong.


Tampak hadir dalam pelantikkan 4 DPC Pujakesuma tingkat Kecamatan tersebut antara lain, Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara, Drs.H.Sugiatno, MM, Ketua MPO Pujakesuma DPD Kabupaten Asahan, H.Endang Ngadiman, Dandim 0208/Asahan di wakili oleh Kapten Nuryanto, Camat Buntu Pane, Ruslan Sitorus, Kapolsek Parapat Janji, Koramil Buntu Pane dan BP Mandoge, serta ratusan warga Jawa Kab.Asahan lainnya. (Depram)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments