logo

Lagi 3 Pengcab Pujakesuma Dilantik : Pujakesuma Wadah Mengangkat Harkat dan Martabat Orang Jawa

Pujakesuma Asahan


ASAHAN - Metrolangkatbinjai.com

Ketua DPD Paguyuban Keluarga (PKB) Pujakesuma Kabupaten Asahan H.R Santoso SH kembali melantik dan mengukuhkan 3 (tiga) Pengurus Cabang Pujakesuma ditingkat Kecamatan yakni Kecamatan Aek Ledong,Aekkuasan dan Pulau Rakyat di Balai Karyawan PT Socfindo Aek Loba, Minggu 14 Januari 2018.

Pelantikkan Paguyuban Pujakesuma merupakan langkah untuk meningkatkan rasa silahtuhrahmi sesama orang. “Wong jowo itu harus bisa bersikap sopan,santun dan lemah lembut dalam berkehidupan dan bermasyarakat,” ucap H.R Santoso SH.

Santoso menuturkan bagi seluruh pengurus pujakesuma Kecamatan yang baru dilantik nantinya dapat menjalankan dan mengemban amanah dengan cara bergotong royong serta memiliki sifat yang amanah atau dapat dipercaya.

“Saya berpesan kepada seluruh Pengurus Cabang Pujakesuma untuk dapat menjadikan wadah paguyuban Pujakesuma sebagai wadah organisasi mengangkat Harkat dan Martabat Orang Jawa.Silakan jadikan wadah ini juga sebagai tempat untuk menyalurkan aspirasi dan bakat seni wong jowo atau ketrampilan lainnya,”ucap Santoso.

Intinya menurut Santoso tujuan Paguyuban Pujakesuma yang Ia pimpin adalah untuk mensejahterahkan masyarakat jawa. Namun yang terpenting jadikan wadah ini sebagai  tempat berkumpulnya masyarakat jawa.

“Datanglah ke Joglo Kisaran disana ada Kesenian Jawa yang dapat Kita tumbuh kembangkan,”ucap HR Santoso. Ia pun mengharapkan wadah Paguyuban Pujakesuma dapat menampung aspirasi masyarakat dengan tidak mengenal perbedaan budaya suku, agama dan golongan jelas H.R Santoso anggota DPRD dari Fraksi Demokrat tersebut.

Di Tempat yang sama,Camat Aekkuasan yang diwakili oleh Sekcam Suwito SH mengatakan dengan kehadiran Pujakesuma diharapkan dapat menumbuh kembangkan rasa persaudaraan dan kerukunan antar suku atau etnis yang berada di 3 Kecamatan,yakni Kecamatan Aekkuasan,Aek ledong dan Pulau Rakyat.

“Saya ucapkan selamat kepada seluruh pengurus cabang Pujakesuma yang baru saja di lantik,semoga kehadiran pujakesuma dapat sebagai pemersatu dan mempererat rasa kerukunan dan silahtuhrahmi sesama etnis yang ada di wilayah Kecamatan Kami,” ujar Sekcam Suwito.

Sementara itu Ketua MPO DPD PKB Pujakesuma H.Endang Ngadiman SE MM mengakak angota pujakesum untuk terus dan selalu memotivasi Ketua dan seluruh pengurus DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan agar selalu kompak dalam menjalankan organisasi demi kepentingan masyarakat jawa.

“Saya tidak bosan-bosannya mengingatkan dan meminta kepada Ketua maupun pengurus untuk dapat membentuk dan mengukuhkan seluruh pengurus Pujakesuma hingga basis terendah atau tingkat Depiran di 204 Desa/Kelurahan yang berada di wilayah Kabupaten Asahan,” ucap Ketua MPO.

Intinya ia berharap untuk tahun 2018 ini, seluruh Dewan Pengurus Cabang di tingkat Kecamatan semuanya telah selesai di lantik dan dikukuhkan. “Untuk seluruh Depiran yang ada di tingkat Desa,saya berharap tahun 2020 semuanya udah kelar,” harap H.Endang.

Usai Ketua MPO menyampaikan semangat motivasinya,dilanjut dengan penyampaian wakil Ketua MPO Pujakesuma Kabupaten Asahan dr.Bambang Wahyudi.

 “Kita berharap kedepannya orang jawa itu jangan jadi ” Abdi Dalem saja,Kalau dapat yaa jadi Raja tohh” Karena orang jawa di Asahan,saat ini lebih dari 60 persen dari jumlah Penduduk yang ada,” Kata dr Bambang “Artinya orang jawa itu sudah bisa menjadi pemimpin,Wes Wayae,”ujar dr.Bambang

Ia menyebutkan ini saatnya, pujakesuma menjadi yang diperhitungkan. “Mari Kita tekadkan semangat dan kebulatan Kita melalui wadah Pujakesuma ini, untuk menatap masa depan kehidupan orang jawa di Asahan agar lebih baik lagi,” kata dr Bambang.

Masih ditempat yang sama Ketua DPW Pujakesuma Provinsi Sumatera Utara Drs H.Sugiatno MM yang selalu hadir di setiap pelantikkan pujakesuma menjelaskan bahwa Pujakesuma itu bukan hanya milik orang Jawa saja, tetapi terbuka untuk semua keturunan orang jawa yang kelahiran ataupun yang kedudukannya di Sumatera Utara.

“Sebab Pujakesuma itu berfungsi sebagai perekat antar suku maupun etnis.Hal ini membuktikan bahwa Pujakesuma itu memiliki rasa nasionalisme yang kuat ditengah-tengah keaneka ragaman suku yang ada di Sumatera Utara. Intinya Pujakesuma hadir untuk memperkokoh rasa persatuan dan kesatuan bernegara dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika artinya Walau Kita berbeda Suku,Agama maupun golongan tetapi Kita tetap Satu”Ujar Ketua Sugiatno.

Ia pun salut dan bangga kepada Ketua dan pengurus DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan. “Hari ini saya hadir lagi dalam pelantikkan Pengurus Cabang tingkat Kecamatan dan saat ini telah sebanyak 6 (enam) Kecamatan telah di lantik sisanya 19 Kecamatan lagi saya yakin pada tahun 2018 ini semuanya telah selesai di lantik,” ucap Ketua DPW Sugitano.

Maka terus jalankan program berikutnya,ini membuktikan bahwa eksistensi Pujakesuma itu besar,dan diterima di kalangan masyarakat Jawa dan suku lainnya. “Maka untuk itu segera seragamkan identitas jati diri warga jawa dalam penyeragaman pembuatan Kartu Anggota,” kata Sugitano.



Acara pelantikkan tersebut di lantik sebagai Ketua DPC Pujakesuma Kecamatan Aek Ledong yaitu Sukarman,Sekretaris Legiman, Kecamatan Aekkuasan Ketua Ir.Ponimin, Sekretaris Agus Budi Setiawan,Kecamatan Pulau Rakyat Ketua Untung, Sekretaris Muktar S.Pd. (depram)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.