Rakor Panwaslih Secanggang : Kades Jangan Terlibat Politik Praktis



Stabat - Metrolangkatbinjai. com

Panwaslih Kecamatan Secanggang, Kabupaten Langkat, menggelar rapat koordinasi bersama Forkompinca, kepala desa dan lurah menjelang pilkada serentak 2018 dan juga pemilu 2019. Jumat (29/12) di restauran Cabe Hijo Stabat.

Rapat koordinasi tersebut bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat maupun kepala desa dan lurah untuk turut serta dalam pengawasan partisipatif jalannya tahapan pilkada dan pemilu. Demikian disampaikan ketua Panwaslih Kecamatan Secanggang, Bahrul, Jumat (29/12) dihadapan peserta.

"Kami berharap kepada bapak dan ibu kades dan lurah untuk turut berpartisipasi dalam pengawasan tahapan pilkada, selain itu kami juga berharap kades dan lurah untuk bersikap netral dalam Pilkada maupun Pemilu," ujar Bahrul didampingi anggota Asrul Sani dan Rika Sari.

Lebih lanjut dikatakan Bahrul, bahwa tugas pengawas bukan saja mengawasi jalannya tahapan Pilkada maupun Pemilu, tapi juga bagaimana mengajak masyarakat untuk meningkatkan partisipasi pemilih.

"Kita juga akan bentuk warung pengawasan partisipatif di setiap desa, di warung itu nanti kita dapat menyampaikan informasi terkait Pilkada atau Pemilu dan saling berinteraksi antar pengunjung warung dengan pengawas yang ada'" urai Bahrul

Sementara itu anggota Panwaslih Kabupaten Langkat Marhadenis Nasution, M.Hum yang diundang sebagai narasumber pada rapat koordinasi tersebut menyampaikan lebih teknis pada sistem pengawasan dan keterlibatan masyarakat dalam pengawasan partisipatif.

Selain itu dijelaskan Marhadenis bahwa bentuk pelanggaran dalam Pilkada maupun Pemilu, ada pelanggaran administrasi, pelanggaran etik, pelanggaran pidana dan pelanggaran uu lain. Hal itu yang perlu dipahami sehingga masyarakat dapat berpartisipasi dalam pengawasan dan bisa melaporkan dugaan pelanggaran tersebut kepada Panwas sesuai tingkatannya.

"Saya ingatkan bahwa PNS, ASN dan kepala desa tidak boleh terlibat politik praktis, karena apabila tidak bersikap netral itu merupakan pelanggaran, bila terbukti itu akan di proses," kata Marhadenis.

Kegiatan rapat koordinasi tersebut dihadiri juga oleh Kepala Sekretariat Syofian Tarigan, S.Sos, M.AP, Bendahara Syandra Handi Wijaya, dan seluruh staf dan pendukung Panwaslih Kecamatan Secanggang. (SaLee)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments