Korpri Garda Terdepan Angkat Pamor Asahan Dalam Pelayanan Publik



Asahan>>metrolangkatbinjai.com
Wakil Bupati Asahan saat memimpin upacara HUT Korpri.(ist)

TAHUN 2017 ini, Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) memasuki usia ke 46. Dalam perayaan Hut Kopri beberapa waktu lalu, berbagai macam kegiatan telah dilakukan Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) Korps Korpri Kabupaten Asahan.

Kegiatan tersebut mulai dari pelantikan pengurus Korpri Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Unit Korpri Kecamatan se Kabupaten Asahan sampai dengan pelatihan bahasa Inggirs.

Hal itu sesuai dengan arahan Presiden RI Jokowi dalam perayaan Hut Kopri ke 46. Presiden pun berpesan, sejak didirikan pada tanggal 29 November 1971, Korpri telah menunjukkan peran dan tanggungjawabnya dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, bangsa, dan Negara.

Sebagai Organisasi yang mewadahi para Pegawai Negeri Sipil, Korpri telah melaksanakan tugas-tugas pemerintahan dan melayani keperluan masyarakat dalam berbagai bidang.

Dengan telah terbitnya Undang-undang Nomor 5 Tahun 2016 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), Organisasi Korpri akan bertransformasi menjadi Korps Pegawai Aparatur Sipil Negara Republik Indonesia (Korps ASN RI) dengan tujuan menjaga kode etik profesi dan standar pelayanan profesi Aparatur Sipil Negara serta mewujudkan Jiwa Korps Aparatur Sipil Negara sebagai pemersatu bangsa.

Untuk itu, sebagai organsiasi yang merupakan bagian integral dari pemerintah, ia minta fungsi-fungsi sebagaimana yang tercantum dalam Undang-undang Aparatur Sipil Negara dapat diwujudkan secara bertahap dengan tetap berpedoman pada amanat Panca Prasetya Korpri

Presiden pun berpesan kepada jajaran Korpri untuk bisa menjadi guru, menjadi tauladan bagi perubahan yang diharapkan oleh seluruh masyarakat.

"Saya juga berpesan kepada jajaran Korpri untuk memahami dan melaksanakan Penataan Birokrasi yang menjadikan Birokrasi yang bersih, kompeten, dan mampu melayani masyarakat dengan lebih cepat lagi," pesan presiden.

Bupati Asahan Drs H Taufan Gama Simatupang MAP selaku Dewan Penasehat Korpri Asahan dalam Rapat Kerja Kabupaten (Rakerkab) IV DP Korpri Asahan tahun 2017 bertempat di Hotel Davam Pekan Baru Provinsi Riau beberapa waktu lalu mengatakan, sebagai suatu wadah organisasi, Korpri harus mampu mengangkat pamor Asahan sebagai Kabupaten terdepan dalam memberikan pelayanan publik.

Sehingga Korpri sebutnya, dapat memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat atas kinerjanya membantu dan mendukung program Pemerintah Kabupaten Asahan.

Selain itu, Korpri harus mampu dan dapat menjadi mesin penggerak dalam proses peningkatan dan kelanjutan pembangunan dalam rangka mewujudkan masyarakat Asahan yang Religius,Sehat,Cerdas dan Mandiri.

Penjelasan tersebut,diutarakan oleh Bupati Asahan Drs.H,Taufan Gama Simatupang MAP dalam kata sambutannya di wakili oleh staf ahli bidang Pemerintahan,Poltik dan Hukum Pemkab Asahan Nazaruddin SH.

“Keberhasilan suatu oreganisasi, terletak pada pundak para pengurusnya,dalam menumbuhkan semangat berorganisasi dan berkarya untuk mampu menghimpun aspirasi anggota guna mencapai sasaran dan tujuan yang ditetapkan atau di inginkan oleh Korpri,” jelas Bupati.

Maka untuk itu, ia ( Bupati Asahan) meminta kepada para peserta Rakerkab Korpri agar terus dapat meningkatkan komunikasi yang konstruktif. Tujuannya agar Korpri mampu dan dapat meningkatkan inovasi, kreasi guna mewujudkan Korpri yang handal serta dapat dibanggakan di tengah-tengah masyarakat.

Dalam hal merespon berbagai hambatan, tantangan, ancaman dan gangguan dalam rangka menciptakan birokrasi yang bersih, berwibawa, transparan dan akuntable. Bupati Asahan di hadapan seluruh peserta Rakerkab DP Korpri Asahan ke IV yang hadir berjumlah 150 peserta,Bupati menitipkan 4 (empat) pesan dan harapannya.

“Pertama,mari kita tingkatkan semangat kebersamaan, dedikasi dan loyalitas yang tinggi. Kedua Korpri harus dapat melanjutkan kerja keras dan kerja cerdas guna menuntaskan pembangunan di Kabupaten Asahan. Ketiga mari kita tingkatkan rasa solidaritas, soliditas dan pemantapan jiwa korsa sesama anggota Korpri agar dapat terus tumbuh dan berkembang. Keempat mari kita wujudkan Korpri yang handal, profesional dan disiplin untuk melanjutkan pelayanan kepada masyarakat,” pesan Bupati Asahan H.Taufan Gama Simatupang MAP.

Ia menambahkan dengan pelaksanaan kegiatan Rakerkab DP Korpri Ke IV di Pekan Baru  kali ini dapat di peroleh suatu kesepakatan untuk menentukan langkah-langkah perencanaan strategis dalam pencapaian sasaran program kerja DP Korpri Asahan masa bhkati 2016-2021.

Semoga dalam Rakerkab ke IV kali ini, Korpri Asahan mampu menyusun dan mengidentifikasi langkah-langkah peningkatan kesejahteraan, pelayanan, perlindungan dan kesetiakawanan sesama anggota Korpri ucap Bupati Asahan yang disampaikan oleh Staf ahli Bidang Pemerintahsn Politik dan Hukum Nazaruddin SH mengakhiri kata sambutannya.

Sebelumnya, Pada Puncak peringatan Hari Ulang Tahun Korpri ke 46, Wakil Bupati Asahan menyerahkan hadiah juara pemenang Lomba Gerak Jalan Beregu yang telah di laksanakan arena Car Free Day, Minggu (26/11).

Keluar sebagai pemenang Lomba Gerak jalan beregu tersebut yakni Juara I Badan Pengelolaan Keuangan dan Asset Daerah Kabupaten Asahan, Juara II Dinas Kepemudaan Olah Raga dan Pariwisata, Juara III Pemerintah Kecamatan Kisaran Barat, Juara Harapan I Pemerintah Kecamatan Sei Dadap, Juara Harapan II Pemerintah Kecamatan Setia Janji dan Juara Harapan III Pemerintah Kecamatan Setia Janji.

Selain itu turut di serahkan bantuan dana kemalangan bagi anggota Korpri gelombang ke 84 sebanyak 8 orang yang di terima oleh ahli waris anggota Korpri. Turut di serahkan juga dana bantuan pensiun bagi  11 orang PNS yang telah pensiun pada tahun 2016 dan 2017 .

Bagi siswa-siswa anak anggota Korpri yang berprestasi, DPK Korpri Asahan memberikan bantuan beasiwa kepada 5 orang siswa tingkat SMP dan 5 orang siswa tingkat SMA dan masing-masing siswa menerima dana beasiswa sebesar 1 juta Rupiah.

Penerima beasiswa tingkat SMP di terima oleh Erni Sapridayanti Purba asal sekolah SMPN I Air Batu,Jessica Caronika Elfrida Purba SMPN 2 Kisaran, Wina Mazlin Nasution SMPN I Meranti, Indri Dwi Lestari SMPN I Aek Sonsongan dan Latifatuz Zahra MTs Imam Muslim.

Sedang penerima beasiswa tingkat SMA diterima oleh Noviadila Zahra Lubis siswa asal SMAN I Airbatu,Ummi Fadhila SMAN I Pulau Rakyat, Konita Alfiunsya SAMN I Meranti,Vanessa Agelliza SMAN 4 Kisaran dan Dinda Rahnadevi SMAN 2 Kisaran.

Ketua DPK Korpri Kabupaten Asahan Drs.H Sopyan Yoga MAP mengatakan kegiatan puncak peringatan HUT Korpri ke 46 mengangkat tema Kerja Bersama Setia Sepanjang Masa.

"artinya Kita harus tetap kompak, menjaga dan membangun silahtuhrahmi serta tetap berada dalam satu jiwa Korsa,” kata Yoga.

Lebih lanjut Yoga menuturkan hampir setiap tahun pemkab Asahan mwmperingati HUT Korpri dengan memberikan berbagai bantuan berupa dana bantuan pensiun kepada anggota Korpri, dana bantuan kemalangan yang diterima para ahli waris dan bantuan beasiswa pelajar bagi anak-anak anggota Korpri yang berprestasi (dedi)

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments