logo

Sambut Idul Adha 1438 H : Warga Perumahan Tasri Sembelih 5 Lembu 3 Kambing


Langkat-Metrolangkat. com


Qurban adalah kegiatan menyembelih hewan qurban yang dilakukan setelah pelaksanaan sholat idul adha. Berqurban merupakan wujud rasa syukur yang ditunjukkan seluruh umat muslim kepada Allah atas segala karunia dan nikmat yang telah diberikan. Mungkin masih banyak yang bingung, apa sebenarnya hukum qurban itu. 

Apakah wajib atau sunnah? Ada beberapa ulama yang berpendapat bahwa hukum qurban dalam islam itu wajib bagi yang memiliki kelapangan harta dan cukup rezeki untuk melakukannya dan bagi umat muslim yang kurang mampu maka gugurlah kewajiban tersebut. 

Qurban termasuk salah satu ibadah sunah yang tidak boleh ditinggalkan, karena Allah sangat mencintai hambanya yang mau menghabiskan sebagian hartanya untuk kepentingan ibadah.

Terlepas dari perdebatan tersebut warga masyarakat Perumahan Taman Stabat Asri ( Tasri) Kelurahan Perdamean,  Kecamatan Stabat, Kabupatrn Langkat, Sabtu (2/9) melaksanakan Qurban. 

Lima ekor lembu dan tiga ekor kambing disembelih persis dihalaman samping Masjid Al-Mujahirin.  Daging-daging lembu dan kambing tersebut selanjutnya dibagi menjadi 380 bungkus yang akan dibagi-bagikan kepada masyarakat komplek Tasri dan sekitarnya. 

Menurut Ketua RT M Danial Qurban warga Tasri pada tahun ini bertambah satu ekor lembu dimana pasa tahun sebelumnya qurban lembu empat ekor dan kambing tiga ekor. " Alhamdulillah tahun ini ada nambah lembu satu ekor, mudah-mudahan tahun depan bertambah lagi. " Ujar Daniel sambil membungkusi daging yang selesai dikemas. 

Tambah Daniel lagi, usai sholat subuh tadi mereka langsung melaksanakan pemotongan yang melibatkan warga Tasri dan masyarakat sekitar yang dimintai tolong. " Kita minta bantuan juga sama masyarakat diluar komplek untuk memotong lembunya, biar cepat selesai." Ketusnya.(yoga) 

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.