Bupati Langkat Luncurkan Program Jamkesda 2017 :

Bupati Langkat saat diwawancarai wartawan
Selesai- News Metrolangkat. com

H. Ngogesa Sitepu meluncurkan Program Jamkesda ‘Langkat Sehat 2017’ pada acara Lounching Program Jamkesda Langkat Sehat 2017 yang digelar di Taman Mini Wisata Langkat, di Desa Sei Limbat, Kec. Selesai, Rabu (15/3), ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu dan dilanjutkan dengan penyerahan secara simbolis Kartu Langkat Sehat kepada 115 warga miskin (warga yang kurang mampu) oleh Bupati Langkat, H. Ngogesa Sitepu, didampingi Ketua DPRD Langkat Terbit Rencana PA, Sekda dr. H. Indra Salahuddin, M.Kes, MM, Anggota DPR RI Delia Partiwi br Sitepu, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Utama Medan, dr. Sudarto KS, AAK, Kepala Layanan Operasional Kabupaten Langkat, Rosmayani Nasution, SE, MAP dan Kepala Unit Pemasaran Cabang Utama Medan, Ratna Dewi Ningsih, SKM, AAK.

Program itu diluncurkan untuk membantu masyarakat miskin dan kurang mampu, sesuai dengan Visi dan Misi Bupati Langkat, H. Ngogesa Sitepu. Setelah menyerahkan Kartu Langkat Sehat (KLS) kepada para perwakilan masyarakat penerima bantuan, Bupati Langkat H. Ngogesa Sitepu pun berkenan untuk memberikan bingkisan kain sarung. 

Selanjutnya, Ngogesa pun menyempatkan diri untuk berdialog dan melakukan sesi tanya jawab dengan para penerima bantuan KLS serta mengambil kesempatan untuk melakukan sesi tanya jawab dengan para wartawan.  

Untuk itu, Ngogesa pun menegaskan bahwa Kartu Langkat Sehat (LKS) itu hanya diberikan kepada warga yang miskin dan kurang mampu.  Jadi, jangan disalah gunakan atau diberikan kepada warga yang mampu.
     
“ Ya, karena itu, datanya harus valid. Jangan sampai Kartu Langkat Sehat itu diberikan kepada warga yang mampu,” ujar Ngogesa dalam sambutannya. Untuk itu, Ngogesa pun menginstruksikan 3 hal, yaitu antara lain kepada seluruh SKPD agar menyusun program pembangunan yang mendorong peningkatan pendapatan masyarakat 

dan kepada seluruh jajaran Dinas Kesehatan Langkat, di Puskesmas agar memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, dengan tidak membeda- bedakan suku, agama dan lain- lain.

Seusai menyerahkan Kartu Langkat Sehat (KLS), Bupati pun berkenan untuk menyerahkan bingkisan kepada para penerima KLS tersebut. Turut hadir dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua TP. PKK Kabupaten Langkat, para Camat, Lurah/ Kepala Desa dan Kepala SKPD se jajaran Pemkab Langkat.

Sambut Baik Program Jamkesda
Sementara itu, Anggota DPR RI dari Komisi IX, Delia Pratiwi br Sitepu dalam sambutannya menyambut baik peluncuran program Jamkesda tersebut untuk membantu masyarakat yang kurang mampu. Dikatakannya, hal itu mengacu kepada UU No. 40 Tahun 2004 tentang Sistem Jaminan Kesehatan Masyarakat yang notabene memberikan wewenang kepada Pemerintah Daerah untuk mengembangkan program Jamkesda sesuai dengan kebutuhan daerahnya masing- masing, yang mana pada intinya memberkan perlindungan kepada masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan jaminan pelayanan kesehatan di kala sakit.

“ Ya, kita memang tidak berharap agar masyarakat sakit.  Namun, kalaupun sakit, ada jaminan pelayanan kesehatan yang diberikan Pemerintah dan itu jelas akan sangat membantu masyarakat yang miskin dan kurang mampu.  
     
Sedangkan Kepala BPJS Cabang Utama Medan dalam sambutannya mengatakan implementasi program Jamkesmas sudah diwujudkan sejak tanggal 1 januari 2014 yang lalu.  jadi, tahun 2017 ini sudah menginjak tahun ke-4.

Nah, tahun depan diharapkan agar seluruh penduduk sudah tercover masuk Jamakesmas.  Sebagai catatan, sampai tahun ini sudah 174 juta warga yang tercover masuk Jamkesmas/ Jamkesda, sedangkan khusus untuk Kabupaten Langkat sudah 63 % atau 6.38 ribu dari 1 juta penduduk Kabupaten Langkat yang sudah tercover, baik melalui dana APBN, APBD Propinsi maupun APBD Kabupaten Langkat.    

“ Yang kurang adalah kontribusi dari pihak swasta.  Karena itu, seperti yang sudah kami koordinasikan dengan Pemkab Langkat dan para pemangku kepentingan di Kabupaten Langkat, tahun depan akan diusahakan agar kontribusi dari pihak swasta bisa ditingkatkan,” ujarnya.  (Lk-1)


Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments