logo

Anggota Komisi XI DPRRI H.Rudi Hartono Bangun, SE, MAP : Penerimaan Bea Cukai Untuk Negara Kurang Maksimal

H Rudi Hartono Bangun SE

Jakarta- News Metro Langkat.com


Anggota Komisi XI DPRRI dari Fraksi  Partai Demokrat H Rudi Hartono Bangun, SE, MAP mengatakan penerimaan Bea Cukai untuk negara kurang maksimal. Padahal potensi penerimaan cukai Rokok dan minuman beralkohol cukup besar.

" Saya lihat penerima dari bea cukai sangat minim, harusnya dari sektor ini bisa kita harapkan penerimaan untuk negara lebih besar , karenanya masalah ini secara khusus saya sampaikan beberapa waktu lalu pada rapat kerja dengan Dirjen Bea Cukai," ujar Rudi Hartono Bangun menjawab wartawan, Jumat (3/3) di Gedung DPR RI Jakarta.

 Dalam data survei tahunan misalnya, terdapat puluhan atau ratusan ribu Botol minuma beralkohol yang dijual di toko -toko dan hotel di seluruh Indonesia. Fakta ini mendorong Rudi mempertanyakan berapa banyak pita cukai yang dikeluarkan pihak Bea Cukai yang ditempelkan ke botol-botol minuman tersebut.

Apalagi ada kecenderungan tidak semua minuman botol yang dijual di hotel- hotel dan toko-toko di seluruh Indonesia kena segel cukai alias tidak kena pajak.

Rudi pun menyarankan untuk melihat data base di Dirjen Bea Cukai berapa pita cukai yang dikeluarkan dan berapa banyak Botol minuman yang di jual di toko-toko dan hotel di Indonesia . Dia yakin pasti akan banyak selisihnya.

Apalagi ada kecenderungan tidak semua minuman botol yang dijual di hotel- hotel dan toko-toko di seluruh Indonesia kena segel cukai alias tidak kena pajak

 " Saya yakin banyak selisih dan berarti tidak semua minuman tersebut kena segel cukai alias tidak kena pajak,' tandas wakil rakyat dari daerah pemilihan Sumatra Utara III ini

 Begitu juga dan pita cukai rokok, menurut Rudi, jika di survei berapa juta batang dan bungkus yang di jual di pasar dan berapa banyak pita cukai yang dikeluarkan bea cukai diyakini pasti berbeda. Karena itu, Rudi Hartono Bangun mendorong Dirjen Bea Cukai harus  lebih serius dan sungguh -sungguh.

" Jika jajaran Dirjen Bea Cukai sungguh sungguh dan lebih serius  membantu Presiden , sektor cukai ini bisa mengejar penerimaan negara lebih maksimal, sehingga devisit APBN bisa teratasi," tegasnya.

Jika di Sumber Daya Manusia (SDM) Bea Cukai di daerah tidak sungguh-sungguh dan tidak mau kerja Keras, menurut Rudi Hartono Bangun harus diambil langkah tegas dengan mengganti orang yang punya tenaga dan SDM  yang lebih mampu. Rudi pun menyebutkan masih banyak potensi cukai hang belum dimaksimalkan.

" Itu yang saya sampaikan baru beberapa contoh item potensi cukai yang tidak maksimal, masih banyak lagi potensi lain yang Nanti bisa saya paparkan, " pangkas Rudi Hartono Bangun. (Red)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.