logo

Terbesar Di Indonesia : SPN Hinai Diresmikan Setelah 10 Tahun Menunggu

Terbesar Di Indonesia :
SPN Hinai Diresmikan Setelah 10 Tahun Menunggu


Peresmian Gedung SPN Hinai dibarengi dengan pembukaan Pendidikan Brigadir Gasum Polri Thn 2016.
Langkat,News Metrolangkat.com

Sekolah Polisi Negara (SPN) di Desa Suka Jadi, Kecamatan Hinai, Langkat, akhirnya diresmikan oleh Kepala Lembaga Pendidikan dan Diklat (Kalemdiklat) Mabes Polri Komjen (Pol) Syarifuddin, Rabu (10/8/2016).

Dalam arahannya, Komjen Syarifudin berterima kasih kepada semua pihak yang yang telah membantu penyelesaian pembangunan SPN Hinai, hingga bisa diresmikan dan digunakan untuk kepentingan pendidikan putra daerah Sumut.

Dia juga merasa sudah melunasi utang terhadap penyelesaian SPN Hinai ini, karena sewaktu dia menjabat sebagai Wakapolda Sumut 2006 silam, belum bisa merealisasikan penyelesaian pembangunan sekolah polisi tersebut.

“Saya bersyukur SPN Hinai ini akhirnya diresmikan, jadi rasanya saya sudah melunasi utang saat menjabat sebagai Wakapoldasu. Memang sudah 10 tahun pembangunnnya mandeg karena dananya memang multiyears, tapi berkat ketekunan Kapoldasu sekarang, akhirnya bisa terselesaikan dan diresmikan sekarang ini,” ungkap dia.

Setelah peresmian ini, lanjut Syarifuddin, kedepan Poldasu khususnya jajaran Polres se Sumut, bahu membahu membantu penyelesaian SPN Hinai ini, agar pembangunannya rampung 100 persen.

Kapoldasu Irjen R Budi Winarso menjelaskan, diresmikannya SPN Hinai ini mengingat lokasi SPN Sampali, sudah tidak efektif lagi karena sangat dekat dengan pemukiman penduduk. Sehingga, pembangunan SPN Hinai dipercepat dan akhirnya diresmikan.

“Saya laporkan, peresmian SPN Hinai ini karena SPN Sampali sudah tidak memungkinkan lagi untuk pelatihan karena rapatnya pemukiman penduduk. Maka kita mempercepat pembangunan dengan membuat kelompok kerja (Pokja) yang mulai bekerja Mei 2016 sampai saat ini diresmikan,” katanya.

Sekolah Polisi Negara (SPN) Hinai, menjadi sekolah polisi terbesar di Indonesia dengan luas 37,8 hektare dan nomor dua setelah Akademi Kepolisian (Akpol) dengan 44 hektare. Demikian disampaikan Kapoldasu Irjen Pol R Budi Winarso saat peresmian SPN Hinai.

Setelah diresmikan, kata Kapolda, ada sebanyak 356 calon polisi akan mengikuti pendidikan dan diklat yang bakal ditempa di SPN Hinai. Meski belum rampung seluruhnya, namun kegiatan pendidikan polisi itu tetap akan dilaksanakan seperti halnya di SPN Sampali Medan.

Dalam arahannya kepada calon Polri, jendral bintang dua ini mengharapkan kepada seluruh peserta didik untuk mengikuti aturan dan meningkatkan kedisiplinan saat menjalani pelatihan.
“Kepada semua peserta didik, harus benar-benar mengikuti setiap tahapan yang dilaksanakan dan meningkatkan kedisiplinan,” harapnya.

Kalemdiklat Polri Komjen Pol Drs. Syafruddin, M.Si yang didampingi oleh Waka Polda Sumut Brigjen Pol  Drs Adhi Prawoto .SH, sebelumnya menyempatkan diri untuk berkunjung ke Polres Langkat sebelum mengunjungi SPN Polda Sumut yang terletak di Ds Suka Jadi Kec Hinai.

Kapolres Langkat AKBP Mulya Hakim S., S.IK dan beberapa Perwira serta Personel Polres Langkat menyambut kedatangan Kalemdiklat Polri beserta rombongan. (Yong)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.