logo

Satu Keluarga Culik & Aniaya Mantan Anggota DPRD Langkat



Satu Keluarga Culik & Aniaya Mantan Anggota DPRD Langkat

LANGKAT,News Metrolangkat.com

Pengadilan Negeri (PN) Stabat,Selasa (9/8) kembali menyidangkan perkara penculikan dan penganiayaan yang dilakukan satu keluarga. Sidang yang telah digelar empat kali ini, masih beragendakan mendengar keterangan saksi-saksi.

Mobil yang digunakan menculik korban

Adapun  terdakwa yang didudukkan dikursi pesakitan, Sumami alias Marni Sitorus (Terdakwa-1), Reinhat Damanik (terdakwa-II) dan Rolando Andres Damanik (terdakwa-III) merupakan anak terdakwa Reinhat Damanik. Ketiga terdakwa merupakan warga Pasar Merah-Binjai. Sedangkan, terdakwa IV Hotman Toni Sinaga (sopir terdakwa-red) hanya dikenakan tahanan rumah.

Atas perbuatan para terdakwa pada sidang sebelumnya terduga pelaku penculikan ini diancam dengan pasal berlapis oleh JPU yaitu pasal 328 pasal 351 dan pasal 170 KUHPidana. Penculikan dan penganiayaan yang dilakukan terdakwa Sumarni Sitorus.CS terhadap korban Sugiono.SPd (50) penduduk Desa Payatusam Kecamatan Wampu Kabupaten Langkat terjadi 6 Januari 2016 sekitar  pukul 20.00 Wib.

Saat itu korban (Sugiono-red) yang juga mantan anggota DPRD Langkat dari PDIP tersebut, saat itu sedang berada di Lingkungan X Kelurahan Kwala Bingei, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat  milik Sukirno Dona. Setelah dianiaya korban dipaksa masuk ke dalam mobil Kijang Inova warna hitam BK.1124.PI milik terdakwa lalu dibawa kerumah terdakwa Sumarni Sitorus di Tanah Merah Binjai.

Sidang  yang ke empat kalinya ini masih dalam materi mendengar keterangan dua orang saksi yang dihadirkan jaksa penuntut umum (JPU) Adung.SH, yaitu Sukirno alias Dona (43) dan Yanti pemilik warung kopi di Lingkungan.X Kelurahan Kwala Bingei tempat kejadian perkara (TKP) korban dianiaya dan diculik.

Menurut keterangan saksi Sukirno Dona dihadapan sidang saat ditanya JPU dan hakim,bahwa 6 Januari 2016 lalu jam 20.00 WIB Sugiono dengan istrinya pulang undangan singgah ke warung miliknya. “ Waktu itu pak Sugiono baru pulang undangan lalu singgah kewarung saya, tiba-tiba datang rombongan terdakwa turun dari mobil kijang inova warna hitam sebanyak lima orang.

Sumarni Sitorus menyerang menendang kaki kiri korban dan menunjang serta memukul wajah korban. Kemudian terdakwa III Rolando Andres Damanik memiting dari belakang dan memukul korban,selanjutnya terdakwa II Reinhat Damanik yang mengayun-ayunkan besi tapi tidak dipukulkan juga memukul korban dan meludahi wajah korban sambil teriak “kubunuh kau sugiono”dan yang satu lagi juga memukul korban orangnya tidak ada diruang sidang ini.” ujar Saksi

Berapa orang semuanya saksi lihat tanya hakim,semua lima orang,pak hakim,” jawab saksi. Saya dengar dari terdakwa satu,mengatakan kepada korban inilah pak Sudar uangnya yang saya pakai Rp.200 juta,kalau tidak dibayar rumah saya mau disita,” ujar saksi mengutip kalimat  terdakwa Sumarni Sitorus pada korban.

Setelah itu, para terdakwa memaksa korban masuk kedalam mobil. Ada yang menarik dan ada yang mendorong korban dari belakang. Ketika korban menanyakan pada terdakwa dirinya hendak dibawa kemana, terdakwa I mengatakan akan membawa korban ke Polres Langkat,namun sesampai didepan Polres Langkat,kata terdakwa Kepolres Binjai saja.

Sampai Binjai ada yang naik ke mobil, waktu itu pak Damanik suami terdakwa I yang naik. Ketika ditanya hakim ada permasalahan apa terdakwa dengan korban,saya tidak tau urusan pribadi orang saya tidak mau pencampuri, jawab Sukirno yang ikut satu mobil diminta oleh korban menemaninya.

Setelah sampai dirumah korban sekira pukul 01.00 Wib datang kepala Desa Payatusam dan tidak berselang lama datang empat orang polisi dari Polres Langkat untuk menjemput korban dirumah terdakwa I.Sementara saksi Yanti istri Sukirno yang mengaku melihat rombongan terdakwa menganiaya Sugiono (korban red),tapi setelah korban dibawa oleh terdakwa saya tidak tau lagi,terangnya.

Usai mendengar keterangan saksi,para terdakwa langsung membantah,namun kedua saksi ketika ditanya hakim tetap pada keterangannya. Sidang  dipimpin ketua majelis hakim Dewi Andriyani.SH dengan anggota majelis Edy Siong.SH.M.Hum dan Anita Silitonga.SH.MH,dibantu Panitera Pengganti (PP) Baharuddin.SH dengan jaksa penuntut umum (JPU) Adung.SH.

Usai sidang dipelataran parkir PN Stabat korban Sugiono.Spd mengatakan sangat berharap agar pelaku yang turut melakukan penganiayaan terhadap dirinya yang  bernama Sudar ditangkap,karena Sudar sampai saat ini belum pernah diperiksa penyidik polres langkat.

” Saya minta Polisi menangkap pelaku yang namanya Sudar, selain itu meminta kepada majelsi hakim memberikna penahanan di Rutan Tanjungpura serta menghukum terdakwa dengan seberat-beratnya.(yg)

Tags

advertisement centil

Metrolangkatbinjai.com - merupakan media informasi terupdate seputaran kabupaten langkat, dan selalu memberikan informasi-informasi yang menarik setiap harinya.