8.160 Visa Haji Belum Masih Nyangkut

Pelatihan Manasik Haji.(int)
8.160 Visa Haji  Masih "Nyangkut"

Jakarta. News Metrolangkat.com

Masalah visa lagi-lagi mengganggu pelaksanaan ibadah haji. Kementerian Agama (Kemenag) tidak menyangkal ada visa haji yang belum keluar. Namun, itu visa untuk jamaah gelombang kedua. Sehingga tidak mengganggu penerbangan perdana yang dimulai hari ini.

Visa yang belum beres tersebut terjadi di embarkasi Solo. Direktur Pelayanan Haji Dalam Negeri Kemenag Ahda Barori menjelaskan, kuota haji Jawa Tengah dan Jogjakarta adalah 26.191 orang. ”Visa haji yang sudah keluar 18.031 lembar,” katanya. Itu berarti ada 8.160 visa yang belum beres.

Ahda optimistis dalam waktu dekat kekurangan visa haji yang belum terbit tersebut bisa terpenuhi. ”Informasi di lapangan, visa haji untuk penerbangan gelombang pertama sudah keluar semuanya,” ujar dia. Rute penerbangan gelombang pertama adalah tanah air menuju Madinah. Sementara itu, rute penerbangan gelombang kedua langsung menuju Jeddah.

Mulai kemarin asrama haji kedatangan calon jamaah haji (CJH). Salah satunya Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta Timur. Lokasi asrama haji tersebut cukup strategis karena langsung berimpitan dengan Bandara Halim Perdanakusuma. Dari asrama, CJH naik bus menuju kompleks bandara melalui pintu belakang. Seremoni penerbangan perdana di Asrama Haji Pondok Gede pagi ini dipimpin Menag Lukman Hakim.

Kepala Kanwil Kemenag DKI Jakarta Abdurrahman menyatakan, visa haji untuk jamaah asal ibu kota tidak bermasalah. Sebanyak 393 CJH kloter perdana siap diberangkatkan. Sementara itu, kloter 2 yang berasal dari Tangerang juga sudah terisi penuh sebanyak 393 CJH.

Dari Solo, Humas Satgas PPIH Agus Widakdo mengatakan, visa haji untuk jamaah kloter 1 dan 2 embarkasi Solo sudah terbit. Sehingga jadwal penerbangan perdana hari ini tidak mengalami gangguan. Masing-masing kloter yang akan terbang ke Saudi hari ini berjumlah 360 orang. (ML/JPNN/)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments