63 Paskibra Binjai Mulai Di Gembleng

63 Anggota Paskibraka BInjai yang mulai digembleng.(ism)
63 Paskibra Binjai Mulai Di Gembleng  
BINJAI –News Metrolangkat.com

Sebanyak 63 orang Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) Kota Binjai mulai menjalani latihan sebagai persiapan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan Repupublik Indonesia ke-71, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17 Agustus yang akan datang.



Latihan tersebut dipusatkan di seputaran Lapangan Merdeka Kota Binjai, Senin (1/8), yang dilatih oleh TNI. Anggota Paskibra yang dipersiapkan tersebut merupakan pelajar SMA/SMK se-Kota Binjai  yang telah lolos mengikuti seleksi ketat sejak pekan lalu, yang terdiri dari 38 putra dan 29 putri.



Kabid Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga Kota Binjai, M.Uzeir Nasution, mengatakan, ada tiga jenis pelatihan yang di berikan kepada calon Paskibra. Yakni, seluruh calon Paskibra akan mengikuti tiga tahapan dasar mulai dari pengenalan baris berbaris, pembinaan fisik dan pelatihan formasi. Selain itu, mereka juga dibekali pelatihan mental dan bela negara.



Sebelum latihan baris berbaris dimulai, seluruh calon Paskibra diwajibkan berlari memutar mutar, push up dan sit up, juga diberikan pembentukan fisik terhadap calon Paskibra oleh pelatih.



"Ini merupakan latihan hari pertama setelah terpilih 63 calon Paskibra," katanya kepada METRO BINJAI, Senin (1/8)



Ditambahkannya, latihan Paskibra tahun ini akan berlangsung selama 15 hari, sejak 1 Agustus dan latihan yang dijalankan ini untuk menunjang keberhasilan.



"Latihannya mulai dari jam tujuh pagi sampai jam satu siang," ujarnya.



Menurut M.Uzeir, peserta akan menjadi bagian dari pasukan delapan yang bertugas mengibarkan dan menurunkan bendera, pasukan 17, dan pasukan 45, serta sisanya menjadi pagar betis.



"Semua siswa yang mewakili sejumlah SMA/SMK se-Kota Binjai dan lolos seleksi di tingkat sekolah. Materi latihan tetap sama, yaitu baris-berbaris dan fisik. Adapun pelatih yang melatih selama 15  hari itu berasal dari Kodim 0203/Langkat  sebanyak satu personil, dari Batalyon Arhanudse -11/BS , satu anggota Polwan Polres Binjai, dari Kantor Disparpora tiga orang dan satu orang lagi dari Kabid Pemberdayaan Pemuda dan Olahraga," sambung M.Uzeir Nasution.



Sebelum terpilih 63 siswa menjadi anggota Paskibra, sebanyak 390 siswa/siswi SMA/MA/SMK sederajat di Kota Binjai mengikuti seleksi selama tiga hari. Dari masing-masing sekolah yang ada mengirimkan sepuluh siswanya.



Seleksi yang harus diikuti yakni seleksi tinggi badan bagi siswa putri minimal 160 cm, dan siswa putra 165 cm. Setelah itu, mereka mengikuti seleksi fisik berupa lari keliling lapangan merdeka . Dari hasil seleksi terpilih 63 siswa untuk pasukan inti dan dua siswa untuk cadangan.(ism)

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments