Ya Ampun..!! Besi Baja H Gelegar Berkarat Dan Di Sambung

Proyek Jembatan Negara Diduga Menyalah :

 Ya Ampun..!! Besi Baja H Gelegar Berkarat Dan Di Sambung


P.Brandan : News Metrolangkat.com

Pembangunan rehab berat jembatan Babalan di Kec Sei Lepan yang lokasinya berdekatan dengan kantor Camat Sei Lepan di Tangkahan Lagan, Jalan Medan Banda Aceh,menjadi sorotan dari berbagai elemen masyarakat,termasuk Anggota DPRD Kab Langkat.
Besi bekas yang digunakan untuk Proyek jembatan Negara di Jalinsum Brandan-Aceh mengkhatirkan keselamatan.(budi)


Pasalnya,semenjak pengerjaan rehab berat proyek tidak tampak terpasang plank proyek yang bisa di lihat oleh masyarakat,seberapa besar biaya yang dianggarkan pemerintah dalam pelaksanaan proyek ini,baik dari spesifikasi anggaran,jumlah dan ukuran material serta siapa pelaksana proyek juga tidak diketahui.

Bahkan ini menjadi tanda tanya besar,di mana besi baja ( baja H Beam) yang di pakai sebagai pondasi /Gelegar yang di pergunakan,sudah berkarat di beberapa bagian sisi ujung,sehingga harus di potong dan di las. Alamakk..!

Tentu saja ini tidak sesuai dengan bestek pembangunan jembatan,dimana seharusnya besi baja H yang di gunakan harus memenuhi standar dan tidak boleh ada sambungan ataupun patahan yang disambung kembali (red-di las) karena sangat rawan.
Proyek jembatan Negara yang mengunakan besi-besi bekas dikhawatirkan akan berakibat buruk.(budi)


Pantauan Metro Langkat di lokasi menunjukkan,besi baja H yang di gunakan sebagai Gelegar dan menopang pondasi struktur jembatan,di setiap sisi ujungnya sudah mulai berkarat,dan hanya di potong sekitar 40-50 cm,dan disambung menggunakan las dan ditempel dengan plat besi lainnya.

Rometla Ginting SE.(ist)
Menanggapi hal ini,Anggota Komisi D DPRD Kab Langkat Romelta Ginting SE,meminta kepada Kementerian Pekerjaan Umum (PU) untuk segera melakukan investigasi langsung  ke lokasi Proyek pembangunan rehab jembatan ini Romelta mengatakan material besi baja (besi baja H Beam) 

Yang digunakan sebagai pondasi dan Gelegar yang disambung dengan las tidak lazim digunakan, apalagi jembatan tersebut merupakan jalan/ jembatan Negara yang setiap saat dilintasi truk-truk angkutan barang bertonase berat,dan Bus lintas antar kota antar provinsi,dari Aceh menuju Medan ataupun arah sebaliknya.

Jika penyambungan besi H (Gelegar) jembatan ini tak sesuai bestek, maka diminta kepada Kementerian PU untuk segera memerintahkan pihak pelaksana kerja membongkar kembali material yang telah disambung dan memberi sanksi tegas kepada kontraktor (vendor) yang melaksanakan proyek ini," ujar Politisi PDI ini.

Senada dengan itu, salah seorang tokoh masyarakat Teluk Aru H Yan Syahrin SE juga  meminta pihak PU Pemvropsu agar melakukan pengawasan ekstra ketat terhadap pelaksanaan rehab berat pembangunan jembatan di Jalinsum Sei Lepan tersebut.

Karena dari awal pembangunan proyek ini kita beserta elemen masyarakat lainnya sudah melakukan sicial kontrol,dan mendapati kalau pembanguan jembatan ini tanpa di pasangi plank proyek,sehingga diindikasi pengerjaan proyek ini sarat dengan korupsi yang dapat merugikan negara.

Yan Syahrin juga menambahkan,Kementerian PU diminta tidak hanya menerima laporan dari bawahannya,dan turun langsung ke lokasi proyek dan melakukan pengawasan, sehingga kualitas pembangunan jembatan Babalan ini benar- benar kuat dan kokoh dan sesuai dengan harapan,ucap H Yan Syahrin SE

Saat ini,sebagian lantai jembatan sudah dicor dengan beton,sehingga beberapa titik besi baja H (Gelegar) yang dipotong dan di sambung dengan las sudah tidak tampak lagi dan tertutup dengan  coran semen beton, sementara sekitar 2/3 % lagi dari volume lantai jembatan yang belum dicor beton masih tampak dengan jelas bagian yang berkarat di potong,di las dan ditutupi plat besi lalu di samarkan dengan warna cat yang serupa (Bud)

Nb: Fhoto besi baja H Beam yang digunakan,berkarat dipotong dan disambung las
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments