Tiap Melintas Depan Polsek Besitang, Sopir Angkutan Barang Kena Pungli

Oknum Polsek & Banpol Beraksi Jelang Dini Hari :
Tiap Melintas Depan Polsek Besitang, Sopir Angkutan Barang Kena Pungli 

BESITANG –News Metrolangkat.com

Meski pimpinan Polri telah berganti dan membawa berbagai paradigma perubahan, namun diwilayah hukum Polsek Besitang, petugasnya belum bisa merubah sipat negatif menjadi positif. Hal tersebut terkait masih dikeluhkanya berbagai tindakan tak terpuji oleh petugas disana oleh masyarakat.
Rajia didepan mapolsek Besitang jelang dini hari dikeluhkan banyak sopir angkutan barang.(ilustrasi)

Salah satunya aksi pungutan liar (pungli) yang dilakukan oknum Polisi dan Banpol di pos Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum) - Nangroe Aceh Darusalam (NAD) tersebut terhadap angkutan barang yang terus berlangsung. Hal ini memang sudah tidak rahasia umum lagi sehingga diresahkan para sopir khusunya angkutan barang.

A‎ktivitas pungli dilakukan setiap hari menjelang subuh saat mobil angkutan barang dari Aceh dan sebaliknya ketika melintas di pos Polisi Sektor (Polsek) Besitang. Di pos polisi Besitang, razia sekedar menghentikan mobil angkutan barang (truk-red) tanpa adanya pemeriksaan kelengkapan barang-barang.‎

"Sang sopir mengulurkan tangan keluar sambil memberikan sejumlah uang kepada oknum petugas berseragam coklat. Tanpa ada periksa kelengkapan surat kendaraan, namun tetap diminta uang," ujar seorang sopir yang enggan disebut identitasnya ketika ditemui wartawan disebuah rumah makan pingir jalan.

Lanjut pria berbadan gempal ini, uang yang diminta berpariasi dari ribuan hingga puluhan ribu rupiah terhadap para sopir angkutan barang ketika melintasi di Pos Polisi Besitang. Parahnya lagi, jika truk yang mereka bawa bukan plat polisi (BK-red), maka akan dipersulit dengan berbagai dalih untuk meraup kocek dari sang sopir.

Aksi pungli itu terus terjadi, namun peredaran barang ilegal pemasok bawang (merah/putih-red) masih langgeng tanpa mendapat tindakan dari polisi.Uniknya lagi, oknum bantuan polisi (Banpol) lebih beringas ketimbang petugas resminya (Polisi-red), dikarenakan ‎mereka bisa bertindak seolah petugas.
"Kerab menjadi pemandangan dan tontonan oknum Banpol ‎langsung melakukan penyetopan terhadap angkutan barang," tegas sopir lintas. Ia berharap kepada Kapoldasu dan Kapolres Langkat, agar menindak oknum polisi dan Banpol kerab melakukan pungli sehingga diresahkan kalangan sopir.
“ Kalau boleh kita meminta, tolonglah kepada bapak Kapolres Langkat yang baru memberikan sangsi atau tindakan kepada kapolseknya, bila perlu ganti Kapolsek yang bermoral pungli seperti itu,  sebab Kapolsek pimpinan disitu, masak dia ngak tau soal pungli yang dilakukan anggotanya maupun Banpol, kalau tidak ada pungli, uang jalan yang kita berikan sama oknum Polisi tersebut bisa kita bawa pulang buat anak dan istri,” harap Sopir barang ini.(yg)
////////////////////////////////
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments