“ Kuburkan Saya Di Surabaya”

Fredy Budiman dua dari kiri siap menjalani Eksekusi.(jpnn)
Wasiat Gembong Narkoba, Freddy Budiman :

“ Kuburkan Saya Di Surabaya”


Jakarta, ML

Eksekusi terpidana mati yang sangat mungkin dilakukan Jumat malam (29/7) membuat terpidana mati mulai bersiap. Salah satunya gembong narkoba Freddy Budiman yang berwasiat agar dikubur di Surabaya.

Kendati telah siap dieksekusi, Freddy masih berupaya mengajukan grasi. Untung Sunaryo, kuasa hukum Freddy Budiman, menyatakan, pihaknya telah bertemu dengan Freddy beberapa waktu lalu. Keluarga besar Freddy juga telah berkomunikasi dengan terpidana yang sudah berkali-kali mengedarkan narkotika tersebut. ”Keluarga sudah ngobrol panjang dengan Freddy,” ucapnya.

Dalam pembicaraan tersebut, Freddy dipastikan telah siap untuk dieksekusi. Dia sudah melakukan tobat dan menyerahkan semuanya kepada Allah. Freddy juga berpesan kepada keluarga agar dimakamkan di kampung halaman. ”Dia itu arek Suroboyo,” ujarnya.

Yang paling penting, Freddy juga memiliki pesan kepada semua pihak yang selama ini telah disusahkannya. Antara lain Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) Komjen Budi Waseso, Jaksa Agung M. Prasetyo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Presiden Joko Widodo. ”Pesannya yang harus disampaikan itu, Freddy meminta maaf sebesar-besarnya,” ungkap Untung.

Meski begitu, tutur Untung, upaya hukumnya tidak boleh berhenti. Sebagai kuasa hukum, Untung telah meminta Freddy mengajukan grasi. ”Akhirnya Freddy mau mengajukan grasi,” katanya kepada Jawa Pos .

Grasi tersebut diajukan sebagai hak seorang warga negara. Jaksa memang menyampaikan bahwa grasinya telah kedaluwarsa karena sudah melebihi waktu setahun dari kasasi. ”Namun, kami tetap berupaya mengajukan hak tersebut. Apalagi, ada keputusan Mahkamah Konstitusi yang tidak membatasi waktu grasi,” jelasnya.

Bila mendapatkan grasi dan diampuni, terang Untung, Freddy bercita-cita menjadi ustad di balik jeruji besi. ”Tobatnya ini sudah sejak sebelum kasasi ya, jadi tidak berhubungan dengan eksekusi mati,” katanya. (idr/sof/jpnn)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments