Kantor Desa Terbaik & Ter ....????

Kantor Desa Terbaik & Ter ....????

Jabar : News Metrolangkatbinjai.com

Dengan fasilitas yang baik seperti sarana gedung atau ruangan kerja  yang nyaman pastilah dalam menjalankan aktifitas menjadi lebih bersemangat dan enjoy. Hal itulah yang mungkin melatar belakang pemikiran Kepala Desa dan perakatnya untuk membangun Kantor desa yang begitu mewah dan nyaman.

Disamping menjadi sebuah kantor yang nyaman untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, kantor desa yang begitu indah tersebut juga menjadi kebanggaan warga desa karena menjadi ikon kantor desa terbaik.
Dua Kantor Desa yang sama- sama punya kelebihan.

Agaknya di Kabupaten Langkat juga bisa melakukan hal yang sama, atau lebih baik lagi dari itu sepanjang memang ada niat melakukan perubahan di Desa itu sendiri. Adalah Desa Majasari yang mampu menunjukkan eksistensinya sebagai desa terbaik di Jawa Barat.

Setelah mengikuti penilaian lomba desa tingkat Jawa Barat, belum lama ini, diketahui Desa Majasari, Kecamatan Sliyeg menjadi desa terbaik di Jawa Barat. Desa Majasari mampu menjadi peringkat pertama di ajang tersebut mengalahkan desa dari daerah lain.

Kuwu Majasari, H Wartono SPd MSi mengatakan, prestasi yang diraih ini tidak lepas dari dukungan Bupati Indramayu, Hj Anna Sophanah, Wabup Indramayu, Drs H Supendi MSi, jajaran Sekretariat Daerah, BPMPD, Camat Sliyeg, Muspida, UPTD dan instansi lainnya yang telah mendukung Desa Majasari untuk menjadi desa yang lebih baik.

" Alhamdulillah kami berhasil menjadi juara satu tingkat Jawa Barat. Berbagai inovasi yang kami lakukan untuk masyarakat selama ini tidak sia-sia,â" ujarnya.

Dikatakan, pada lomba desa tingkat Jawa Barat, penilaian dilakukan di semua aspek. Baik itu bidang pemerintahan, kemasyarakatan dan kewilayahan. Termasuk juga lembaga-lembaga desa seperi BPD, LPMD, Kelembagaan Pokmas dan partisipasi masyarakat.


 Desa Majasari sendiri dianggap unggul karena menjadi desa yang lengkap. Majasari memiliki cluster ekonomi usaha produktif berbasis peternakan dan pertanian. Termasuk juga pemanfaatan limbah pertanian untuk peternak sapi. Limbah kandang untuk pupuk organic, sementara daging sapi diolah menjadi abon dan baso,â" ujarnya.

Selain itu, Desa Majasari juga memberdayakan masyarakat dengan mengajarkan keterampilan rajutan dan aneka kerajinan. Para purna TKI dan keluarga dilibatkan agar mereka tidak kembali berangkat ke luar negeri dan mampu mandiri secara ekonomi.

Semua ini kita gagas agar Desa Majasari menjadi desa yang lebih baik, bukan sebagai desa tertinggal. Dan kami sangat bersyukur, usaha kami ini berbuah sangat manis," jelasnya.

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (BPMD) Kabupaten Indramayu, Ir Joko Pramono menjelaskan, Desa Majasari berhasil mengalahkan empat desa lainnya di Jawa Barat. Yaitu desa dari Bandung Barat (Juara II), Sukabumi (Juara III), dan Kabupaten Kuningan (Juara IV).  Joko menjelaskan, selama ini sinergitas antara Pemerintah Desa Majasari, kecamatan, dan Pemerintah Kabupaten Indramayu cukup bagus.

 Bahkan tingkat peran serta dan partisipasi dari masyarakat Desa Majasari sangat tinggi. Bahkan beberapa inovasi dan kreativitas terus muncul di tengah-tengah masyarakat Desa Majasari, sehingga pembangunan berbasis masyarakat terus dikembangkan dan diwujudkan. (rls)

Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments