Dosen dan BEM STMIK Kaputama Latih Siswa SMK Bangun Jaringan Net



Dosen dan BEM STMIK Kaputama Latih Siswa SMK Bangun Jaringan Net

BINJAI –News Metrolangkat.com

Dua orang dosen dan 3 orang tim ahli serta Badan Eksekutif Mahasiswa STMIK Kaputama Binjai belum lama ini mengadakan kegiatan pengabdian masyarakat kepada siswa SMK Kota Binjai.

Kegiatan yang dilaksanakan 18 Juli hingga tanggal 23 Juli 2016 baru lalu, bertujuan melatih siswa-siswi SMK Tunas Pelita dan SMK Abdi Negara belajar membangun jaringan internet untuk warnet, kantor dan jaringan internet desa.
 
Kegiatan Pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM) di SMK Tunas Pelita
Kegiatan pelatihan pemasangan jaringan tersebut mencakup, Perakitan Komputer, Install Sistem Operasi pada client, Konfigurasi Interface Jaringan dan Mikrotik, Konfigurasi IP Addres, Konfigurasi Gateway, Konfigurasi DNS Server, Konfigurasi NAT, Konfigurasi DHCP, Subnetting, Membangun Server, Membangun Proxy, Membangun Firewall, Management Bandwidth serta Cara setting Access Point.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan siswa-siswi SMK Tunas Pelita dan SMK Abdi Negara dapat lebih meningkatkan skill dan jiwa wirausaha.

“Sehingga, mereka (siswa/siswi) mampu berwirausaha sekaligus membuka lapangan kerja secara khusus untuk dapat menerima perbaikan komputer dan membangun jaringan warnet, jaringan internet perkantoran dan jaringan internet masuk desa. Selain adanya jiwa wirausaha, masyarakat juga terbantu khususnya pedesaan agar percepatan informasi dan komunikasi dapat lebih meningkat,” ujar Ketua Tim, Akim Manaor Hara Pardede ST, dalam relase yang disampaikan ke METRO LANGKAT-BINJAI, Minggu (24/7).

Menurutnya, STMIK Kaputama, sangat berkompeten dalam pelaksanaan kegiatan ini, karena di dukung oleh dosen-dosen yang sangat berpengalaman.
Kegiatan Pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM) di SMK Abdi Negara

Dalam relise tersebut dijelaskan bahwa  terdapat tiga (3) Program Studi di STMIK Kaputama yang telah terakreditasi “B”, yaitu : Komputerisasi Akuntansi (No SK : 137/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/IV/2015), Manajemen Informatika (No SK : 340/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/V/2015), dan Program Studi Teknik Informatika (No SK :             0908/SK/BAN-PT/Akred/S/VI/2016-2016), serta satu (1) Program Studi Akreditasi “C”, yaitu  Sistem Informasi (No SK : 1262/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/2015-2015).

Kegiatan ini didanai oleh DRPM (Direktorat Riset dan Pengabdian Masyakat), Ditjen Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, yang telah berhasil dimenangkan oleh Ketua Tim, Akim Manaor Hara Pardede ST, M.Kom, yang beranggotakan Novriyenni, M.Kom, dengan Judul Pengabdian Iptek bagi Masyarakat (IbM).

“Pelatihan Perakitan Komputer, Install Sistem Operasi Dan Pemasangan Jaringan Lokal dan Internet untuk Membangun Jaringan Warnet, Perkantoran dan Internet Desa Dalam Meningkatkan Kemandirian Siswa SMK Tunas Pelita dan SMK Abdi Negara Kota Binjai,” ujarnya.

Akim Manaor Hara, memaparkan, bahwa pada saat pelaksanaan, para siswa SMK sangat antusias dalam mengikuti setiap sesi pelatihan.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMK Tunas Pelita dan SMK Abdi Negara sangat berharap kegiatan ini dapat terus dilaksanakan minimal 1 tahun sekali.(rud)
Comment Policy : Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.

Beri Komentar Tutup comment

Disqus Comments