yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: LSM Gatwamtra & BCW Hadiahi Ayam Jago Kekejari Binjai
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Dua LSM di Binjai yang demo kekantor Kajari Binjai-Metrobinjai.com Lembaga Peningkatan Wibawa Hukum dan Kesejahteraan (LSM-Gatwamtra) Ko...
Dua LSM di Binjai yang demo kekantor Kajari




Binjai-Metrobinjai.com

Lembaga Peningkatan Wibawa Hukum dan Kesejahteraan (LSM-Gatwamtra) Kota Binjai, bersama dengan LSM Binjai Corruption Watch (BCW) Kota Binjai, membacakan "Pernyataan sikap" saat menggelar unjuk rasa di Kantor Kejaksaan Negeri Binjai, Rabu (21/2).

Dalam pernyataan sikap tersebut, LSM Gatwamtra, di dukung masyarakat penggiat anti korupsi dan anti mafia tanah, menyatakan sikap bahwa penjualan tanah eks HGU, seluas 11.247 M2 yang terletak di wilayah hukum kota Binjai oleh PTPN ll, di duga melibatkan "Konglomerat dan mafia tanah" dan merupakan tindak pidana korupsi Korporasi (Corporate Crime) yang menimbulkan kerugian negara sebesar 5.987.539.940, serta menimbulkan ketidakadilan bagi masyarakat kecil yang seharusnya atas tanah tersebut.

Selain itu, mereka juga mengucapkan terima kasih kepada kepala Kejaksaan Negeri Binjai, yang dalam waktu relatif singkat melakukan penyidikan atas laporan nomor : 359/GATWAMTRA/XI/2017 tanggal 27 November 2017, serta menyesalkan ketidak hadiran Direktur Utama PT Perkebunan Nusantara ll atas pemanggilan Kepala Kejaksaan Negeri Binjai.

Mereka juga mendesak Kepala Kejaksaan Negeri Binjai mempergunakan hak Konstitusinya, berupa pemanggilan dengan penjemputan secara paksa kepada Dirut PT Perkebunan Nusantara ll, berdasarkan peraturan Mahkamah Agung Republik Indonesia No 13 tahun 2016.

"Agar Kepala Kejaksaan Negeri Binjai segera memanggil Kepala Kantor Pelayanan Piutang dan Lelang Negara Cabang Medan, guna di mintai keterangannya tentang keabsahan dan risalah lelang Nomor 110/2004 tanggal 9 Juni 2004, serta memanggil yang di duga para Mafia Tanah yang terlibat pada penjualan tanah eks HGU PTPN ll," beber Aminton Pakpahan SH, yang menjabat sebagai Ketua LSM Gatwamtra Kota Binjai.

Selain itu, Aminton Pakpahan juga meminta Kepala Kejaksaan Negeri Binjai, memanggil Tan Idris, Dr Syahrul Akhyar dan Suharjo, guna di mintai keterangannya tentang hubungan hukumnya dengan Hartono Rusli, selaku penggugat dalam perkara perdata di Pengadilan Negeri Binjai dengan nomor : Reg 25/Pdt.G2017/PN.BJ, tanggal 26 Juni 2017.

"Agar Kepala Kejaksaan Negeri Binjai, tetap mengawasi Tim Penyelidik agar konsisten menjunjung tinggi profesionalisme dan integritas sehingga tidak mudah terpengaruh rayuan para konglomerat dan atau mafia tanah, serta bertindak transparan kepada Publik, mulai dari tahapan penyidikan dan penyelidikan," harap Aminton.

Pada kesempatan itu, warga menyerahkan seekor ayam jago kepada Kepala Kejaksaan Negeri Binjai Viktor Saragih Sibutar butar, untuk melakukan penyelesaian kasus yang ada.

"Kita sudah memanggil pihak PTPN ll, namun mereka tidak datang. Kita akan kembali memanggilnya, juga  Pemko Binjai dan BPN Binjai, serta pihak terkait lainnya. Saat ini kita belum bisa menjemput paksa pihak PTPN ll, karena kita masih terus mengumpulkan data," tegas Viktor Saragih Sibutar butar.

Pernyataan Sikap yang di buat oleh LSM Gatwamtra Kota Binjai dengan Nomor : 364/GATWAMTRA/II/2018, di buat sebanyak 5 rangkap dan di bubuhi dengan Materai, dimana 1 rangkap di serahkan kepada Kajari Binjai, 1 rangkap di serahkan kepada Kepala Kejaksaan Agung Republik Indonesia, 1 rangkap di serahkan kepada Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Republik Indonesia, 1 rangkap di serahkan kepada Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut, serta 1 rangkap lagi menjadi pertinggal.(Yong)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top