yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Pujakesuma Harus Mampu jadi Pengerak Pembangunan
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Ketua DPD Pujakesuma Kab Asahan  H.R Santoso Asahan- Metrolangkatbinjai.com  “Tujuan Pelantikkan DPC Pujakesuma adalah sebagai up...


Ketua DPD Pujakesuma Kab Asahan  H.R Santoso

Asahan- Metrolangkatbinjai.com

 “Tujuan Pelantikkan DPC Pujakesuma adalah sebagai upaya untuk menyatukan tekad dan persepsi orang jawa sekaligus untuk membangun budaya leluhur warisan Wong Jowo di seluruh wilayah Kabupaten Asahan. Selain itu guna memantapkan penyusunan program kerja yang bersifat realistis dan rasional di kalangan pengurus Paguyuban Pujakesuama”Kata Ketua DPD Pujakesuma Asahan.

Dengan dilaksanakannya pelantikkan Dewan Pimpinan Cabang Pujakesuma ditingkat Kecamatan yang ada di Kabupaten Asahan. Kedepannya diharapkan mampu menjadi motor penggerak perubahan dalam bidang  pengembangan kebudayaan dan ekonomi kreatif  “Wong Jowo” (orang jawa,red).
Ketua DPW Pujakesuma

 Pernyataan tersebut disampaikan Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan H.R.Santoso, SH saat melantik sekaligus 3 (Tiga) DPC Pujakesuma yaitu DPC Pujakesuma Kecamatan Aek songsongan, DPC Pujakesuma Kecamatan Bandar Pulau dan DPC Pujakesuma Kecamatan Rahuning, Minggu 7,Januari 2018 bertempat di Balai pertemuan karyawan PTPN 3 Kebun Bandar Selamat.

H.Santoso, yang merupakan Anggota DPRD Kabupaten Asahan itu menjelaskan,pelantikkan ini di lakukan untuk mengukur kemampuan antisipatif dan kalkulatif dikalangan pengurus Pujakesuma dalam melakukan perencanaan terhadap program-program kerja kedepannya.

Tak hanya itu saja,..H.Ribut Santoso SH meminta seluruh pengurus Pujakesuma dapat membangun potensi kerjasama dengan berbagai elemen Paguyuban Jawa yang ada termasuk dengan pihak Pemerintah Kabupaten Asahan maupun non sektor Pemerintah.

 Maka dalam menjalankan perencanaan program kerja Pujakesuma,H.Santoso meminta seluruh warga dan pengurus Pujakesuma Asahan harus menggunakan konsep NKRI yaitu konsep yang ideal dan harus di pertahankan dan di sepakati oleh para pengurus dan warga jawa.

Konsep tersebut harus tetap memandang berbagai aspek yang ada terutama aspek sejarah/historis  wong jowo dan berdirinya Pujakesuma. Selain itu harus memandang aspek pengorbanan/ kepahlawanan dan tetap memandang aspek spritual sebagai ajaran agama dan keyakinan Kita kepada Allah SWT,ucap Santoso.

 Lebih lanjut,Ketua Santoso yang di dampingi Sekjen DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan Sumantri SH MH menambahkan dalam menjalankan kegiatan program Pujakesuma juga harus memandang aspek keberagaman dan perbedaan serta tetap memandang aspek persatuan sebagai modal penggerak pembangunan.
 Masih menurut Santoso,peningkatkan kesejahteran masyarakat wong Jowo merupakan tujuan utama yang harus di jalankan dalam menjalankan perencanaan program kerja Pujakesuma.

“Pada titik ini,. idealnya untuk meningkatkan taraf kehidupan wong jowo,harus bisa mengedepankan potensi yang ada, baik itu pengembangan potensi kreatif maupun menumbuh suburkan potensi budaya Jawa”tutur Santoso.

Ditempat yang sama Ketua MPO Pujakesuma Kabupaten Asahan H.Endang Ngadiman yang di dampingi oleh MPO lainnya yaitu dr Bambang Wahyudi,Asmunan Spd dan Ir Suryandi mengatakan, seluruh pengurus DPD,DPC hingga Depiran Pujakesuma harus bisa menjadi motor penggerak perubahan.

“Saya minta seluruh pengurus Pujakesuma dan warga Jawa dapat berperan sebagai Penggerak.Artinya Pujakesuma harus mampu menjadi penggerak pembangunan terutama yang terkait dengan permasalahan sosial”Jelas Ketua MPO H.Endang Ngadiman.

Maka untuk mencermati berbagai pokok-pokok pikiran dan kondisi orang jawa di Kabupaten Asahan yang saat ini menurut data telah mencapai angka 64 persen dari jumlah penduduk Asahan. Pujakesuma harus dapat tampil dan dituntut memiliki peran yang strategis dan efektif dalam tatanan kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.

Pujakesuma harus mampu memberdayakan orang jawa artinya  Pujakesuma Asahan harus dapat di berdayakan secara efektif,produktif untuk bergerak bersama,satu tekad untuk membangun Kabupaten Asahan,Intinya “Orang Jawa kedepannya sudah layak memimpin Asahan” jangan orang Jawa hanya di hitung-hitung saja namun tidak diperhitungkan Ucap Ketua MPO penuh semangat!.

Masih menurut H Endang,saya minta dan berpesan kepada Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan untuk dapat menuntaskan dan membentuk DPC dan Depiran Pujakesuma.

“Saya minta Ketua DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan H R Santoso untuk segera menuntaskan pembentukkan dan pelantikkan DPC Pujakesuma di 25 Kecamatan hingga akhir tahun 2018 dan sudah selesai membentuk sekaligus melantik seluruh Depiran Pujakesuma di 204 Desa/Kelurahan yang ada di Kabupaten Asahan”pinta Ketua MPO.

Tujuan ini,menurut H.Endang Ngadiman,agar Pujakesuma dan warga Jawa dapat tampil dan memiliki peran yang strategis dalam pembangunan Kabupaten Asahan kedepannya.

Sementara itu Ketua DPW Pujakesuma Sumatera Utara Drs H.Sugiatno yang turut hadir dalam acara pelantikkan 3 (tiga) Pengurus DPC Pujakesuma tingkat Kecamatan tersebut menyampaikan, Pujakesuma jangan hanya menjalankan kegiatan yang bersifat seremonial saja.

“Saya tekankan dan harap Keluarga Besar Paguyuban DPD Pujakesuma Kabupaten Asahan harus dapat membuat program kerja yang “Membumi”artinya harus bisa menjalankan program kerja sesuai dengan kultur daerah atau wilayah masing-masing.Dan jangan buat program kerja yang bersifat muluk2” Kata H.Sugiatno.

Lebih lanjut H.Sugiatno minta seluruh pengurus dan warga Pujakesuma dapat menyatukan persamaan dan persepsi dalam menjalankan program organisasi.Artinya buatlah terobosan program yang kreatif atau bangun kerjasama dengan pihak lain yang memiliki pengadaan barang jasa atau pelayanan lainnya,ucapnya.

“Kita berharap kedepan DPD Pujakesuma Asahan mampu membuat terobosan program kerja demi kemakmuran dan kebesaran  Pujakesuma.Misalnya dalam pembuatan KTA nantinya,Jangan buat KTA tersebut hanya sebagai simbol identitas warga Jawa saja,namun harus memiliki peran dan fungsi lainnya sebagai Kartu Asuransi”beber Ketua DPW.

Lain itu,Kita berharap mulai hari ini,sejak ini DPD Pujakesuma Asahan harus sudah memiliki rekening tabungan “GEBANG SEWU” maksudnya setiap warga jawa kita harap dapat menyisihkan rejekinya seribu dalam sebulan.

Artinya dengan sumbangsih seribu rupiah kedepannya Pujakesuma dapat tumbuh subur dan besar sebagai wadah Paguyuban yang mampu memberikan peningkatan taraf hidup dan perekonomian bagi orang jawa melalui berbagai usaha yang di miliki oleh Pujakesuma,ucap H.Sugiatno.

Diakhir sambutannya Ketua DPW,secara langsung usai pelantikkan mengajak warga jawa mengumpulkan dana untuk membuka rekening Gebang Sewu. Hasilnya melalui gentong sumbangsih tersebut terkumpul dana awal sebanyak RP.4.401.000 (Empat juta empat ratus satu ribu rupiah).

Masih di tempat yang sama,Camat Aek Songsongan Kaharuddin Parapat yang di wakili oleh Sekcam mengucapkan Selamat atas Pelantikkan DPC Pujakesuma Kecamatan Aek Songsongan,Bandar Pulau dan Rahuning.

“Semoga dengan pelantikkan ini,seluruh pengurus DPC Pujakesuma yang baru saja di lantik dapat menjalankan amanah dan tugas yang di berikan oleh wadah Paguyuban Pujakesuma.Hampir seluruh pengurus DPC Pujakesuma saya kenal dan mereka adalah orang-orang yang memiliki peran serta orang-orang hebat”ucap Camat.

Pelantikkan DPC Pujakesuma Kecamatan tersebut di hadiri oleh Ketua DPW Pujakesuma Sumatera Utara Drs H Sugiatno dan rombongan,Ketua DPD Pujakesuma Asahan H.R Santoso,anggota DPRD Asahan Mansyur Marpaung,para MPO Pujakesuma yaitu H.Endang Ngadiman,Asmunan Spd (Kadisdik Asahan) dr Bambang Wahyudi,Ir Suryandi,Para Forum Pimpinan Kecamatan dan ratusan pengurus dan warga jawa..(Depram)






Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top