yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: PPM Gelar Napak Tilas Juang’45 Piala Dandim 0203 Langkat
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
  Kasdim 0203 Langkat, Mayor (Inf) S.H.Tanjung, mewakili Dandim, didampingi Wakil Bupati Langkat, H.Sulistianto, Ketua PPM Langkat, Revo ...

 
Kasdim 0203 Langkat, Mayor (Inf) S.H.Tanjung, mewakili Dandim, didampingi Wakil Bupati Langkat, H.Sulistianto, Ketua PPM Langkat, Revo Sembiring dan Danramil Stabat, memberikan piala kepada juara umum Lomba Napak Tilas Juang’45.(FOTO/RUDI)
STABAT – Metro Langkat

Untuk pertama kali organisasi kepemudaan Pemuda Panca Marga (PPM) Kab.Langkat, menggelar kegiatan Lomba Napak Tilas Juang 1945 memperebutkan piala bergilir Dandim 0203 Langkat. Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangkat memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945 Ke-70 yang jatuh pada Jum’at (10/11).

 Sebagai organisasi kepemudaan keluarga besar anak dan cucu para Veteran pejuang, baik veteran pejuang perintis, veteran pejuang kemerdekaan dan veteran pejuang mempertahankan kemerdekaan, sudah pasti semangat perjuangan dan jiwa partriotisme mengalir di tubuh seluruh pengurus dan anggota PPM.

Sehingga, untuk menghormati perjuangan dan pengorbanan para veteran pejuang, PPM Langkat yang didukung Kodim 0203 Langkat selaku pembina organisasi veteran pejuang tersebut, melakukan Lomba Napak Tilas Juang 1945.Menurut Ketua PPM Kab.Langkat, Revo Sembiring, kegiatan Napak Tilas Juang 1945 ini dilaksanakan untuk mengenang dan mengingat para pejuang melakukan perang gerilya melawan agresi militer tentara penjajah.

 Acara Lomba Napak Tilas Juang 1945 tersebut, diikuti ratusan orang yang terdiri dari pelajar SD, SMP dan SMA/sederajat serta kalangan umum. “Masing-masing peserta terbagi dalam beberapa kelompok atau tim yang masing-masing nama kelompok harus menggunakan nama para pahlawan,” terang Revo yang didampingi Ketua PPM Stabat dan pengurus lainnya.

Acara Lomba Napak Tilas Juang 1945, dilepas oleh Dandim 0203 Langkat, Letkol (Inf) Deni Eka Gustiana, di Lapangan Desa Banyumas, yang dihadiri Kapolsek Stabat mewakili Kapolres Langkat, Kamis (9/11), sekitar pukul 17.00 WIB. Antusiame ratusan para pelajar dan masyarakat lainnya untuk mengikuti lomba tersebut terlihat dari penampilan cara berpakaian masing-masing tim, menggambarkan para pejuang dengan asesoris merah putih.Bahkan dari beberapa tim tersebut, menorehkan gincu warna merah di tubuhnya, seolah mengalami luka-luka selama melaksanakan perang gerilya.

 Menurut Dandin 0203 Langkat, Letkol (Inf) Deni Eka Gustiana, kegiatan Napak Tilas Juang ini setiap tahunnya akan dilaksanakan bersama PPM sebagai wujud memperingati semangat para pahlawan veteran pejuang dalam memperebutkan kemerdekaan.

 “Kalau dulu, para pejuang mempertaruhkan nyawa melawan kekuatan militer tentara penjajah untuk merebut kemerdekaan negara Republik Indonesia. Tapi, perjuangan saat ini, yakni dengan cara melawan diri sendiri dari sikap malas dan merugikan orang lain. Para pemuda dan seluruh rakyat Indonesia harus berjuang mengisi kemerdekaan untuk berbakti kepada bangsa, negara dan agama, demi kemakmuran seluruh Rakyat Indonesia.,” ujarnya yang disambut sorak sorai para peserta.

 Para pemenang kegiatan Lomba Napak Tilas Juang 1945 yang diselenggarakan PPM sebagai panitia pelaksana, dilaksanakan pada hari  (10/11) bertepatan dengan upacara memperingati Hari Pahlawan 10 November 1945, di lapangan Alun Alun T.Amir Hamzah, Stabat.

Kegiatan upacara benderauntuk memperingati Hari Pahlawan tersebut berlangsung khitmad dan meriah..Bertindak selaku InspekturUpacaraWakil Bupati Langkat, Drs.H.Sulistianto yang mewakili Bupati Langkat, membacakan amanat tertulis Menteri Sosial RI, Khofifah Indar Parawansa, yang mengharapkan agar momentum peringatan Hari Pahlawan tahun 201dapat dijadikan sebagai cermin atau refleksi tentang pengorbanan, keteladanan dan keteguhan untuk menggapai masa depan.

 “Momentum ini mari kita jadikan sebagai satu langkah baru guna membangun keyakinan dan optimisme kita sebagai warga bangsa, untuk dijadikan landasan revolusi karakter bagi bangsa Indonesia menjadi Negara maju dan bermartabat,” ujar Kofifah yang dibacakan Wabup Sulistianto.

 Hadir dalam kegiatan upacara tersebut, Wakapolres Langkat Kompol Hendrawan, Danramil Stabat, Babinsa, unsur Fokopimda, para tokoh pejuang, Ketua LVRI, para Asisten dan Staf Ahli serta para kepala SKPD di jajaran Pemkab.Langkat. Sedangkan para peserta upacara, diikuti sejumlah anggota TNI AD, Marinir, Brimob, Kepolisian, para pelajar, perwakilan OKP dan para tim Napak Tilas Juang.

 Sebagai penutup kegiatan Upacara Hari Pahlawan, Wakil Bupati Langkat, Kasdim, Wakapolres Langkat, memberika piala dan sertifikat kepada para pemenang Napak Tilas Lomba Juang’45.(RUD)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top