yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Tiga Jembatan Runtuh di Desa Sekoci,Sudah Dibangun Dengan Batang kelapa
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Warga bangun jembatan darurat mengunakan batang kelapa.(Putra) Besitang-Metrolangkat.com Jembatan penghubung antar dua Desa yaitu D...
Warga bangun jembatan darurat mengunakan batang kelapa.(Putra)

Besitang-Metrolangkat.com

Jembatan penghubung antar dua Desa yaitu Desa Sekoci dengan Bukit Mas putus total akibat terjangan air yang datang dari hulu sungai Besitang, prksn lslu, kini sudah terhubung kembali setelah warga setempat bahu membahu membangun kembali dengan batang kelapa. 

Dengan demikian satu=-satunya akses yang menghubungkan dua antar dua desa itu sudah bisa dilalui meskipun harus ekstra hati-hati karena kondisi jembatan masih darurat.

Ketika Metro Langkat berkunjung ke Desa Sekoci, Jum'at (13/10), sejumlah warga di sana merasakan kesedihan yang mendalam atas putusnya tiga jembatan tersebut. Sebab jembatan ini adaah satu-satunya akses tang  dilalui oleh warga dua desa dan juga anak sekolah menuju ke Besitang.

Karena itu, setelah banjir Singai Besitang kembali normal, Kamis Pagi, warga tersebut tidak mau larut dalam kepedihan yang berkepanjangan. Dengan dana swadaya masyarakat, warga keesokan harionya, Jumat (13/10), bekerja sama membuat jembatan alternatif dari batang kelapa.

Setelah jembatan darurat selersai dibangun,  masyarakat yang melintasi jembatan alternatif terlihat sangat berhati hati. Pada umumnya masyarakat yang melintas memilih turun dari sepeda motor dan mendorongnya hingga melewati jembatan. Setiap kali kaum ibu dan anak sekolah yang melintas warga yang berada di lokasi jembatan menolong untuk menyeberangkan sepeda motor.

Jembatan ini rubuh setelah air kiriman menerjang dua jembatan yang berada di Desa Bukit Mas, pada Selasa malam tepatnya pukul 21.30 wib. Menurut salah seorang warga yaitu Adek "bahwa banjir trakhir terjadi pada tahun 2006 yang lalu merendam perumahn warga setinggi dua meter, namun sudah lebih sepuluh tahun banjir kembali merendam pemukiman rumah warga

Wahid Selaku Kepala Desa Bukit Mas Kecamatan Besitang mengatakan kepada Metro Langkat, banjir di desa kita setahun minimal terjadi dalam kali. Namun biasanya lahan persawahan ada, tidak terkena dampak banjir. Namun pada banjir akibat meluapnya  air sungai Besitang kali ini, tiga jembatan runtuh.. Dua Putus total dan satu lagi tidak dapat di lalui.

Runtuhnya jembatan berada di dusun Bukit Gapu Atas Desa Bukit Mas. Untuk mengatasi masalah tersebut, Pemerintahan Desa Bukit Mas bersama Masyrakat berupaya untuk mengerjakan yaitu untuk jembatan alternatif dari batang kelapa, yang rencana hanya untuk sementara, agar dapat di lalui baik itu roda dua maupun roda empat.

 Karena itu agar kondisi jembatan bisa puslih, mereka berharap kepada Pemerintah Kabupaten Langkat  agar kiranya secepatnya membangunnya kembali. Karena ribuan masyarakat di Desa Bukit Mas dan Desa Sekoci yang melintasi jembatan ini sangat membutuhkan untuk pembangunan jembatan baru. Fungsi jembatan tersebut bagi warga di sana bukan sekadar untuk jalan-jalan atau siswa yang mau sekolah ke Besitang. Tapi juga untuk mengangkut hasil bumi warga sekitar.  (Putra)

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top