yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Sungai Batang Serangan Meluap, Jalan Utama Amblas
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Jalan Batang Serangan Amblas karena luapan air sungai Bt serangan.(Mail) Batang Serangan-Metrolangkat.com Tingginya curah hujan beberapa...
Jalan Batang Serangan Amblas karena luapan air sungai Bt serangan.(Mail)


Batang Serangan-Metrolangkat.com

Tingginya curah hujan beberapa hari ini air di hulu Sungai Batang Serangan menyababkan air meluap deras. Akibatnya abrasi semakin parah menerjang  tepi sungai hingga memakan sebagian badan jalan utama masyarakat untuk menuju ke Desa Tangkahan, Sei Serdang, Desa Namu Sialang, bahkan menuju ke Medan. 

Sejauh ini belum ada warga yang menngalami kecelakaan akibat ambalsnya jalan tersebut, Senin pagi ( 02/10).

Namun akibat runtuyhnya sebagian besar badan jalan ini menyebabkan warga merasa was-was jangan-jangan pemukiman warga di sana juga akan punah dilanda abrasi  Diantaranya Desa Karya Dusun Titi Kurus yang makin parah bila tidak ada perhatian yang serius dari pihak yang bertamnggung jawab, dalam hal ini PU Provinsi. 

Kegiatan anak sekolah dan warga yang biasa melintas di jalan itu merasa khawatir, karena selain jalan licin, sewaktu-waktu jalan yang sudan runtuh ini bisaa runtuh lagi. Kan berabe jadinya. Untuk menghindari terjadinya kecelakaan, warga memasang ban bekas dan rambu sebagai tanda pengguna jalan yang akan melintas.

Masyarakat menyadari bahwa jalan itu adalah tanggungjawab Provinsi untuk melakukan perbaikan dan penanggulangan agar tidak melebar abrasi. Namun demikian mereka berharap agar Pemkab Langkat bukan berarati menjadi lepas tangan dan hanya menonton rasa takut warga.

"Dulu pernah ada beronjongan lebih kurang 750 meter yang digunakan untuk Mengamankan tyerjadinya abrasi. Tapi sekarang sudah hancur jadi ada baik nya pemerintah melakukan pelurusan sungai untuk mencegah semakin membesar nya dampak abrasi tersebut,” ucap salah seorang warga"

Musibah tersebut sebenarnya sudah ditanggapi dengan baik oleh Camat Batang Serangan Edi Suratman S.Sos.  Pak Camat telah mengundang beberapa pihak perusahan serta kepala desa untuk mencari jalan keluar akibat terjadinya abrasi ini. Sebab kalau dibiarkan berlarut-larut akan menyebabkan kecemasan bagi warganya. .

Dalam pertemuan yang berlangsung pada hari Selasa (03/10), Camat melakukan mendiasi dengan  pihak perusahan yang berusaha disekitar Kecamatan Batang Serangan dengan mengambil langkah awal atau inisiatif untuk memperbaiki jalan sebagai jalan alternatif  di kawasan perkebunan PTPN II Batang Serangan.

Dengan demikian masyarakat atau anak sekolah dapat melakukan aktivitas sehari hari sambil menunggu perbaikan atau usaha untuk mencegah abrasi sungai semakin membesar,dari pemerintan provinsi. Dalam rapat  yang di adakan di aula kantor camat ini
tampak di hadiri oleh Kapolsek Padang Tualang AKP Martoni L serta beberapa pimpinan dari pihak perusahaan,

Terkait masalah abrasi yang terjadi Camat Batang Serangan menjelaskan, penanganannya memang sudah di informasikan kepada pihak kecamatan dan masuk dalam dana provinsi. Karena itu a tertulis memang belum kita terima, namun informasi nya bakal ada perbaikan dan kami juga mengajak provinsi khusus nya bina marga yang menangani SDA agar lebih tanggap dalam menangani masalah tersebiu.

“Kami juga sudah membicarakan masalah tersebut kepada pihak kabupaten dan bapak bupati juga telah merespon masalah tersebut,"ucap nya pada Metro Langkat.(red)

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top