yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Indahnya Pantai Berawe Pulau Kampai Ternoda Dengan Buruknya Jalan
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Buruknya jalan yang menjadi keluhan masyarakat.(ilustrasi) Pangkalan Susu-Metrolangkat.com Desa Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Su...
Buruknya jalan yang menjadi keluhan masyarakat.(ilustrasi)


Pangkalan Susu-Metrolangkat.com


Desa Pulau Kampai Kecamatan Pangkalan Susu Kabupaten Langkat dikenal meiliki objek wisata Bahari yaitu Pantai Berawe. Namun karena jalannya terabaikan oleh Pemkab Langjkat, makanya banyak yang berlubang dan becek sehingga sulit dilalui oleh kendaraan orang yang berwisata  ke kawasan tersebut.

Sudahlah jalan membuat perut orang mual, jalan disepanjang bibir pantai terlihat taburan sampah ranting pohon yang di bawa air ketepi pantai. Kondisi jalan yang kurang elok inilah yang sempat disaksikan oleh Metro Langkat saat bertandang ke ke sana, Rabu (11/10).

Saat itu objek wisata Pantai Berawe yang berada di Desa Pulau Kampai tampak sepi dari  sepi pengunjung. Padahal pantai ini terbilang cukup indah dan nyaman untuk dinikmati orang yang mau mengisi liburannya di tempat itu. Sayangnya, larena akses jalan buruknya bukan kepalang, suasanba pantai jadi sepi.

Salah seorang pengelola di pantai itu, Edi mengatakan kepada Metro Langkat, “awalnya saya terinspirasi untuk menggali potensi yang ada di desa. Sayang, saya lihat di sini ada lahan tidur yaitu pantai yang tidak di kelola secara baik. Sementara tidak ada peraturan pemdes  untuk menggali potensi Desa sebanyak mungkin.

Namun belakangan baru dapat petunjuk dari dinas Pariwisata kabupaten dan juga Bina Swadaya Jakarta dan dan juga LSM luar negeri  INDECON. Kita di bina tentang pembentukan lembaga ataupun perawatan pariwisata,” kata Edi.

"Yang pertama sekali Desa Pulau Kampai ini memiliki Pantai Berawe, yang kedua juga wisata reliji yang namanya keramat panjang yang ketiga tentang Mas Merah kuburan Dua sejoli, yang keempat keramba kerapu cantik

Kalau untuk menu makan, kata Edi,  andalan kita disini Entang Sifu, ada ikan asam manis kerapu, Lobster juga, cumi-cumi Tauco, Ketam Batu Atau Kepiting Batu asam manis juga, dan tergantung permintaan konsumennya juga, mau menu apa saja yamng dipesan. ,

Menurut Edi, yang paling penting untuk diatasi adalah akses jalan menuju kepantai Berawe. Karena buruknya jalan ke kesana, maikanya apa bila pengunjung datang dari Aceh, masalah itu paling banyak digunjingkan. Sebab jalan yang mereka lalui pada belobang dan becek.
Selain itu, tambah Edi, Ia selalu minta dari dulu Dagar ada dermaga untuk tambatan perahu sekitar 200 m dari bibir pantai, agar pengunjung yang datang dari laut dapat bertambat kapalnya di waktu air surut.

Harapannya kepada pemerintah, cobalah Pak Bupati datang melihat ke sana. Supaya dapat melihat langsung betapa beratnya akses jalan menuju ke pantai yang indah tersebut.” Mohon lah dilihat potensi Desa, yang sekarang ini tengah di galakkan pengembangannya baik kelautannya maupun pariwisatanya,” ujar Edi lagi.

Sementara itu pengunjung yang datang umumnya dari  Aceh sekitar 80% setiap tahunnya. Sebanyak  20% dari Medan dan sekitarnya. Ungkap Edi Pengelola Pantai Desa Pulau Kampai Kepada Kru Metro Langkat

Hal senada juga di sampaikan pengunjung yang datang kepantai Berawe Desa Pulau Kampai " Kalau menurut saya Pantai ini cantik ya sangat indah ibarat perawan masih alami masih butuh polesan karena pantai ini punya potensi yang sangat luar biasa. “Kenapa pemerintah tidak menindak lanjuti dengan insfraktuktur jalannya gitu. Saya yakin dan percaya apa lagi masakan lautnya disini cukup enak dan tidak kalah dengan masakan laut-laut yang sering kita lihat di TV.

Sayangnya, katanya, karena  pantai yang indah belum di garap maksimal terutama jalan yang susah di lalui mobil roda empat, akibat dari jalan tersebut,  pengunjung agak susah menuju kemari.; Ia berharap agar  pengunjung yang berasal dari luar Sumut mendengar keluhan mereka. Sebab mereka ering membuat acara-acara di pantai ini, yang terutama sekali jalannya di perbaiki sebab jalannya itu masih tanah.

“Tolonglah kepada dinas terkait trutama di Provinsi Sumatra Utara ini untuk menggembangkan Pantai Berawe ini sejajar dengan wisata nasiaonal lainnya lah,” ungkap, Jaiman, S,pd, Kepala UPTD Satu Dinas Pendidikan Dan Kebudidayaan Aceh Tamiang saat berkunjung kepantai Berawe kepada Metro Langkat (Putra)

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top