yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Sambut HUT Ke-72 TNI : RSU Putri Bidadari & Kodim 0203/Langkat Gelar Baksos Kesehatan di Desa Jaring Halus
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Pangdam I/BB didampingi HM. Nur Abu Bakar dan Kades Jaring Halus usai acara pembukaan. M. Nur Abu Bakar duduk bersama Pangdam I/BB saa...

Pangdam I/BB didampingi HM. Nur Abu Bakar dan Kades Jaring Halus usai acara pembukaan.
M. Nur Abu Bakar duduk bersama Pangdam I/BB saat pembukaan kegiatan Baksos kesehatan di desa Jaring Halus


Secanggang – Metrolangkat.com


Dalam rangka menyambut HUT Ke-72 TNI Tahun 2017, Kodim 0203/Langkat bekerjasama dengan RSU Putri Bidadari Langkat gelar Bhakti Sosial Kesehatan di desa Jaring Halus kecamatan Secanggang, Minggu (17/09) yang dimulai sekitar pukul 08.00 WIB hingga usai.


Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan tersebut dihadiri Pangdam I/BB Mayjend TNI Cucu Sumantri, S.Sos yang didampingi oleh Dandim 0203/Langkat Letkol Arh Dedy Rahmanto. Hadir pula HM. Nur Abu Bakar selaku  Komisaris PT Ade Putri Medikal Nusantara dan H. Firmansyah, SE MARS selaku Direktur Utama PT Ade Putri Medikal Nusantara.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Irdam I/BB, Aster Kasdam I/BB, Kakesdam I/BB, Kasrem 022/PT, Dandim 0203/Langkat, Ketua Persit dan pengurus Persit KCK Dim 0203/Langkat, unsur Muspika Kecamatan Secanggang, para Danramil jajaran Kodim 0203/Langkat, dan warga Desa Jaring Halus yang berjumlah sekitar 670 orang.

Selain itu kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan tersebut yang meliputi pengobatan gratis dan sunat massal tersebut langsung dipimpin oleh dr. Riza Evantina selaku Direktur RSU Putri Bidadari Langkat bersama delapan dokter yang meliputi dokter umum, dokter spesialis bedah, dokter gigi dan dokter spesialis paru beserta 20 orang tenaga medis yang terdiri dari Perawat, Bidan dan Farmasi. Selain itu hadir pula Direktur BPJS Kesehatan Stabat dan Puskesmas Secanggang.


Pangdam I/BB, Mayjen TNI Cucu Sumantri, SSos, menegaskan, TNI di manapun berada di bumi nusantara ini, wajib hukumnya untuk membantu rakyat yang kesusahan. “Justru itu tantangan dan kesenangan saya, berada didesa yang jauh dari kota dan hidup terpencil karena saya lihat tatapan matanya cukup optimis memandang kehidupan dan menghempang pengaruh asing yang sangat kuat, sehingga hal ini membangkitkan karakter kekeluargaan yang sangat erat untuk saling membantu satu sama lain”, ujar Mayjend TNI Cucu Sumantri,S.Sos saat membuka kegiatan Baksos Kesehatan di desa Jaring Halus.

“Dengan turun langsung membantu warga masyarakat melalui bakti sosial kesehatan ini, TNI secara nyata ingin merasakan kesulitan rakyat, terutama di desa-desa terpencil. Karena sebenarnya, rakyat adalah ibu kandungnya TNI”, jelasnya.

“Desa ini bisa jadi model, karena bukan hanya masyarakatnya saling mengenal tapi tingkat kekeluargaannya sangat tinggi”, lanjutnya memuji. “Kalau dikota tingkat kepedulian sangat terbatas sehingga pencurian sering terjadi”, terangnya melanjutkan. “Karena sesungguhnya roh kekuatan pertahanan dan keamanan adalah kebersamaan masyarakat dengan TNI dan juga Polri dan kita jangan mudah untuk diadu domba”, jelasnya lagi. “Kekuatan persenjataan itu relatif karena masih ada yang lebih hebat tapi dengan kebersamaan, itulah roh kekuatan kita yang sesungguhnya”, ungkapnya.

“Karakter masyarakat Desa Jaring Halus yang seperti ini secara nyata sangat membantu tugas-tugas pokok TNI dalam upaya menegakan kedaulatan dan kemakmuran rakyat Indonesia”, lanjutnya.

Beliau juga menangggapi keinginan masyarakat desa Jaring Halus yang memimpikan jalan darat yang bagus. “Nanti hal ini akan saya sampaikan dengan pimpinan diatas, mudah-mudahan bisa kita lihat dan ditindaklanjuti”, ucapnya. “Wajar harapan masyakat karena hal ini dalam rangka meningkatkan kesejahteraan desa ini”, jelasnya.

Ia juga menyampaikan permohonan maaf Pangkostrad Letjen TNI Edy Rahmayadi yang harus tiba di Jakarta sekitar jam 14.00 WIB bersama Panglima TNI ke Jawa Timur dan Timtim karena ada serangkaian kegiatan TNI yang harus dilaksanakan.

Kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan yang dipusatkan di lapangan SDN 055880 desa Jaring Halus ini mengemas sejumlah agenda kegiatan seperti sunat massal (50 orang), pengobatan tuberculosis/TB (60 orang), pengobatan mata (30 orang), pengobatan gigi (50 orang), pengobatan umum (200 orang), pelayanan KB (35 orang), dan pelayanan kepesertaan BPJS Kesehatan yang dikerjasamakan dengan Pemkab Langkat.

Selain itu, juga dilakukan penyerahan bingkisan Pangkostrad, Letjend TNI Edy Rahmayadi, kepada 200 orang dari keluarga kurang mampu, serta perehaban ringan Maunasah Silat Silangit didesa Jaring Halus.

“Dalam kegiatan yang kita gelar kali ini tentunya kita sangat merasa senang untuk membantu meringankan beban masyarakat dalam hal pengobatan gratis dan sunat massal bagi anak-anak disini dalam rangka mendukung dan meningkatkan kesehatan masyarakat pesisir khususnya didesa Jaring Halus kecamatan Secanggang”, ujar H. Firmansyah, SE MARS selaku Direktur Utama PT Ade Putri Medikal Nusantara kepada Metro Langkat.

‘Tadi sudah kita saksikan bersama-sama bahwa warga masyarakat di desa Jaring Halus sangat antusias dalam mengikuti kegiatan Bhakti Sosial Kesehatan dari mulai pagi tadi hingga selesai”, lanjutnya. “Hal ini kita laksanakan dalam rangka menyambut HUT ke-72 TNI tahun 2017, RSU Putri Bidadari Langkat bersama Kodim 0203/Langkat menggelar kegiatan ini”, jelasnya.

“Kita melaksanakan kegiatan ini semata-mata karena kita peduli terhadap kesehatan masyarakat Langkat khususnya didesa Jaring Halus. Semoga apa yang kita kerjakan mendapat ridho Allah SWT dan bermanfaat bagi masyarakat”, pungkasnya mengakhiri. (Gus)


Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top