yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Dari Ajang Seminar Motivasi di LPKA Kelas I Tanjung Gusta Ijeck : Perubahan Lahir dari Diri Sendiri
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
MEDAN-Metrolangka.com Perubahan lahir dari diri sendiri, bukan pengaruh atau dorongan orang lain. Hal ini ditekankan oleh H. Musa Rajeksha...


MEDAN-Metrolangka.com

Perubahan lahir dari diri sendiri, bukan pengaruh atau dorongan orang lain. Hal ini ditekankan oleh H. Musa Rajekshah di hadapan 609 anak didik Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Kelas I Medan, Selasa (26/9) siang.

Pemimpin muda Sumatera Utara (Sumut) yang akrab disapa Ijeck tersebut berbicara dalam kapasitasnya sebagai Ketua Dewan Pembina Forum Pemerhati Pemasyarakatan (FPP). Di kesempatan ini, Ijeck diminta menjadi salah satu pemateri Seminar Motivasi bertemakan "Penjara Bukan Akhir Segalanya" yang diselenggarakan Yayasan Inspirasi Bangsa (YIB) di Pendopo LPKA Kelas I, Tanjung Gusta, Medan.

Ijeck menjabarkan, pada dasarnya siapapun berpotensi melakukan kesalahan. Namun, yang terpenting kemudian adalah bagaimana seseorang mau belajar untuk tidak mengulangi kesalahan.

"Dan, kesempatan belajar juga tersedia di lingkup lembaga pemasyarakatan. Karena itu, saya menilai tema seminar ini sangat tepat. Lahirkan perubahan dari diri sendiri," tukas sosok yang sedang berikhtiar menjadi salah satu kandidat pada Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018 mendatang.

Di kesempatan sama, Ketua YIB Wanda Syahputra, SH. menjelaskan, rangkaian seminar motivasi yang kali ini sudah memasuki jilid 2 ditujukan untuk mengikis stigma negatif masyarakat atas lembaga pemasyarakatan maupun warga binaannya. Pihaknya ingin meyakinkan bahwa anak-anak didik di LPKA Kelas I Tanjung Gusta, Medan dapat mencetak generasi bangsa yang kreatif dan produktif.

"LPKA ini bukan STIK (sekolah tinggi ilmu kehajatan), melainkan lembaga yang akan mencetak generasi kreatif dan produktif," ujarnya.

Sementara itu Kepala LPKA Kelas I Tanjung Gusta, Medan, Omo Suratmo mengajak masyarakat untuk turut serta berpartisipasi membantu program pembinaan bagi anak-anak didik di lembaga pemasyarakatan. Sehingga, kelak peserta didik di lembaga tersebut dapat kembali ke tengah-tengah masyarakat dengan kemampuan yang mandiri.

Selain diikuti 609 anak didik LPKA Kelas I Medan, seminar motivasi ini juga menyertakan sejumlah mahasiswa perwakilan Artipena (Aliansi Perguruan Tinggi Anti Penyalahgunaan Narkoba). Seminar ini juga menampilkan kreativitas grup band binaan LPKA Kelas I Medan, dengan lagu karya sendiri berjudul "Penjara Bukan Akhir Segalanya".

Seminar juga dirangkai dengan penandatanganan petisi bersama, sebagai wujud komitmen gerakan kepedulian sistem pemasyarakatan di Indonesia. Penandatanganan petisi tersebut dimulai oleh Omo Suratmo, diikuti Ijeck, Wanda dan seluruh perwakilan lembaga yang hadir. (ril))

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top