yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Setelah Angin Bahorok Sapu 9 Rumah, Kini 9 Unit Ruko Terbakar Kerugian Ditaksir 2 Milyar Lebih
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Warga tak bisa berbuat banyak saat 9 rumah toko terbakar dipekan Bahorok.(red) Bahorok.Metro Langkat Kabar duka kembali datang dari B...
Warga tak bisa berbuat banyak saat 9 rumah toko terbakar dipekan Bahorok.(red)

Bahorok.Metro Langkat

Kabar duka kembali datang dari Bahorok. Setelah diterpa angin Bahorok yang menyapu rata sebilan rumah warga hari Sabtu lalu, kini datagpulabencana baru. Sembilan rumah toko di Kelurahan Pekan Bahorok Kabupaten Langkat terbakar Rabu,(30/08 sekira pukul 07.00 Wib . Meski tidak ada korba jiwa dalam musibah itu namun kerugian material diperkirakan mencapia, 2,2 Milyard lebih.

Berdasarkan kesaksian dari sejumlah warga menyebutkan kebakaran itu diduga berasal dari rumah salah seorang warga .Warga melihat kepulan asap dari  belakang rumah salah satu warga dan dengan cepat merembet  hingga  menjadi kobaran api yang cukup besar.
Jeritan minta tolong dan tangisan berpadu jadi satu. Dalam kondisi panik para keluarga yag dilanda bencana ini berlarian meninggalkan rumah beserta membawa barang apa yang bisa diselamarkan. Sebagian warga lainnya tampak ikut ponmtang-panting untuk membantu menyelamatkam barang dagangan yang sempat diselamatkan.

Dalam kondisi tersebut, spontan saja lokasi padat pemukiman itu menjadi lautan manusia . Api yang semakin membesar memaksa warga memadamkan apai dengan cara manual memanpaatkan sumber air yang ada di sekitar pemukiman padat penduduk itu.

Namun aApi yang membesar dan terus merambat dari satu rumah ke rumah yang lainya itu  baru dapat dipadamkan setelah  beberapa  armada angkutan pemadam kebakaran serta 2 unit mobil tangki perusahaan perkebunan PT PP Lonsum Pulau Rambung dan  PT PP Lonsum Turangi-Estate membantu memadamkan api.

Sekitar  08.30 WIb   kobaran api dapat di jinakkan bahkan sebagian rumah telah rubuh dan rata  dengan tanah.Pemilik  dan penyewa/kontrak hanya mampu meratapi bencana itu bahkan ada yang pingsan karena  kaget dan tidak menduga  hal terjadi”. Semua ludes tidak ada diselamatkan ,tidak ada tempat tinggal lagi,” urai salah seorang korban histeris.

Camat Bahorok Nuryansyah Putra S STP MSI saat ditemui di lokasi mengatakan cukup prihatin dengan musibah  itu dan mengapresiasi  kerja sama masyarakat membantu memadamkan api sehingga tidak  sempat merambat lebih luas.

Masyarakat dihimbau agar lebih waspada dengan terhadap peralatan yang  berhubungan dengan api seperi kompor gas dan peralatan listrik .”Saat berada dirumah maupun di kala meninggalkan rumah selayaknya diperhatikan, kata Nuryansyah.

Disinggung tentang penangan awal ,Nuryansyah mengaku telah membuka posko darurat seperti dapur umum di lingkungan kantor kecamatan.Bagi warga yang belum memiliki tempat tinggal sementara akan ditampung di aula kantor sekaligus penyimpanan barang ujarnya.

Menjawab wartawan dijelaskannya  tidak ada korban jiwa namun kerugian di taksir mencapai 2,2 M  termasuk nilai bangunan dan barang berharga  Kata camat.

Sementara Kapolsek Bahorok AKP Antonius Pasta Sitepu SH  saat dikonfirmasi  mengatakan kebakaran di duga akibat kosleting arus pendek tegangan tinggi ujarnya.Ia menyatakan prihatin dengan kondisi yang dihadapi warga yang terkena dampak musibah kebakaran masyarakat  membuka posko  bantuan di simpang empat untuk membantu korban. (tris)



Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top