yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Bila Diijinkan Memimpin Langkat : Terbit Rencana PA,Akan Bangun PT Andalan Di Langkat
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Terbit Rencana PA SE Stabat-Metrolangkat.com Balon Bupati Langkat Periode 2018-2023, Terbit Rancana PA,SE, berniat akan mendirikan Pergu...
Terbit Rencana PA SE

Stabat-Metrolangkat.com

Balon Bupati Langkat Periode 2018-2023, Terbit Rancana PA,SE, berniat akan mendirikan Perguruan Tinggi Lokal yang andal di Kabupaten Langkat.  Gagasan ini lahir mengingat masih rendahnya kualitas pendidikan di Langkat dibanding dengan kota besar lainnya di Jawa.

Akibatnya secara umum para sarjana yang berasal dari Bumi Bertuah ini kerap kalah bersaing untuk merubah nasibnya menjadi tenaga kerja, poitisi, teknokrat, ekonom, diplomat,  yang berkelas nasional, apa lagi internasional .

Jangankan untuk bertarung diluar, para sarjana di Langkat  yang kreatifitasnya diharapkan mampu untuk mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) di daerah ini juga masih jauh dari harapan. Dalam pandangan Terbit Rencana PA, SE, dalam Visi & Misi, sebagai salah seorang Balon Bupati Langkat, masalahnya daerah ini masih sangat tergantung dengan Sumber Daya Alam (SDA).


Sementara SDA ini masih belum ada yang terbarukan, diantaranya Pertanian, Perkebunan, Kehutanan , perikanan, wisata, dan budaya sebagai mesin pertumbuhan.

Sebagai salah satu cara untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Langkat, tidak ada kata lain, para generasi muda ini harus ditempa menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang cakap dan profesional.  Harus bangkit dan kreatif menggali SDA di Langkat supaya perekonomian semakin maju.

Janganlah sampai setelah capek-capek sekolah hingga perguruan tinggi, setelah tamat hanya menjadi tenaga honor dengan gaji yang kecil, atau menjadi pekerja disuatu tempat yang akhirnya hanya bisa menyia-nyiakan umur.

Dalam pandangan Ketua Cana, generasi muda di Langkat pada dasarnya adalah cerdas. Ketua Cana mencontohkan, sosok Tengku Amir Hamzah yang mampu mengangkat diri dan martabat Melayu di kancah nasional bahkan Internasional. Pahlawan Nasional ini mampu menampilkan dirinya sebagai sosok yang cerdas, kharismatik, hingga menjadi salah satu tokoh yang disegani pada Hari Sumpah Pemuda 1928.

Dengan ketokohannya itu pula, almarhum Tengku Amir Hamzah berhasil mengusulkan Bahasa Melayu menjadi Bahasa Indonesia.  Agus Surya Bakti, anak Langkat, bisa meraih bintang Jenderal.  Muhammad Fadli, anak Batu Malenggang, bisa meraih gelas Profesor dan menjadi Guru Besar di Universitas Gajah Mada.

Terbit Rencana PA, SE, yang biasa dipanggil dengan Ketua Cana, menyadari bahwa keadaan ini tidak bisa disahuti dengan hanya mengeluh serta menyalahkan satu sama lain. Ketua Cana bahkan tidak sepenuhnya menyalahkan  para sarjana di daerah ini. Sebab mereka ini adalah anak daerah yang harus sekolah mulai tingkat SD hingga pergruan tinggi yang dosen dan fasilitasnya kalah jauh kelasnya dengan di kota besar lainnya.

Mahasiswa di Jawa dan kota besar lainnya, para dosennya sudah bergelar Doktor bahkan bergelar Profesor dengan kemampuan beragam bahasa. Maklumlah, para tenaga pengajar ini menyelesaikan studinya kan di berbagai mancanegara.

Jangan dulu berbicara fasilitas kampus, semuanya serba lengkap dan mutakhir. 
Dengan demikian, seandainya anak Langkat bisa kuliah di Jawa atau di kampus yang berkuatas, sepeti halnya Tenku Amir Hamzah yang juga kuliah di Jawa, anak Langkat bisa lebih bersinar.”Ini hanya soal kesempatan saja.

Dalam kaitan ini, maka Ketua Cana akan berupaya merubah keadaan ini dengan mendirikan Perguruan Tinggi di Langkat.  Untuk meningkatkan mutu para mahasiswa di kampus ini nantinya akan diasuh oleh para dosen yang sudah standard kelasnya.

Perguruan tinggi akan menfasilitasi para dosen yang ingin meningkatkan ilmunya ke berbagai kampus lainnya. Secara bertahap kemudian fasilitas kampus akan dilengkapi hingga kelak akan setara dengan kampus yang sudah lebih dulu mamju dan berkembang.

Berjuang untuk lebih maju, kata Ketua Cana, bukanlah pekerjaan mudah. Gelombang dan tantangan akan terus menghantam dari kiri kanan.” Tapi kalau tak dimulai dari sekarang, kapan lagi. Apakah mau dibiarkan calon generasi di Bumi Bertuah ini hanya mampu duduk tak berdaya.  Jangan takut dihantam badai, selama Nakhoda siap berlayar malam,” ucap Ketua Cana, salah seorang Balon Bupati Langkat Periode 2018-2023.(red)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top