yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Cuma Ada Dibulan Ramadhan : BUBUR KANJI RUMBI MAKANAN KHAS ACEH SAAT BERBUKA
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Susanto Ketua Karang Taruna Sawit Seberang bersama pak Humas mengaduk Bubur Kanji Rumbi Sawit Seberang-Metro Langkat Setiap bulan Ramadh...
Susanto Ketua Karang Taruna Sawit Seberang bersama pak Humas mengaduk Bubur Kanji Rumbi


Sawit Seberang-Metro Langkat

Setiap bulan Ramadhan pasti beragam juadah berbuaka puasa dapat ditemui. Namun, diantara beragam makanan tadi, tak jarang hanya dapat ditemui setiap masuk bulan ramadhan saja. Misalnya menu makanan khas yang satu ini. Bubur Kanji Rumbi Khas Sigli yang merupakan bubur khas dari Aceh.

Bubur Kanji Rumbia ini pada dasarnya sama saja dengan bubur pada umumnya. Namun yang membeda-kannya adalah bahan bumbu yang diguna kan dan juga proses pembuatannya. Bagi masyakarat Non Aceh, nama Bubur Kanji Rumbi bisa jadi terdengar asing, namun tidak demikian dengan mereka yang berdiam di Tanah Rencong.

Sebab, hidangan satu ini merupakan bubur berbuka puasa khas yang tak pernah ketinggalan untuk disajikan di bulan Ramadhan Selama Satu Bulan Penuh.

Tradisi Bubur Kanji Rumbi merupakan warisan kebudayaan di Aceh yang tetap dilestarikan keturunan Aceh yang bermukim di Medan. Sejak zaman silam, Bubur Kanji Rumbi selalu disediakan di Mesjid / Meunasah ( Musholla ) untuk orang berbuka puasa.

Sekilas tampilannya mirip bubur ayam. Ia memiliki tekstur lembut dan sama-sama diolah dari beras. Namun, menu makanan ini bukan Bubur Ayam. Melainkan Bubur Kanji Rumbi.
Untuk Ramadhan 1438-H / 2017-M ini, Bubur Kanji Rumbi Khas Sigli / Aceh ini hadir di Mesjid Subulussalam Sawit Seberang.

Kehadiran Bubur Kanji Khas Aceh ini tak lepas dari hadirnya sosok Indra Gunawan ( Putra Sigli/Aceh ) Asisten SDM / Umum Kebun Sawit Seberang yang akrab disapa Pak Humas, dan baru enam bulan mutasi ke Kebun Sawit Seberang.

Aktivitas memasak Bubur Kanji di Mesjid Subulussalam dimulai sekitar pukul 14.00 siang. Prosesnya masak yang selesai sekitar pukul 17.00 sore itu dikerjakan langsung oleh Pak Humas selaku Juru Masak, dibantu oleh Remaja Mesjid Subulussalam. Material yang disiapkan antara lain daging ayam, beras. Lainnya, bumbu seperti daun kari, serai, santan dan bumbu khas Aceh lainnya. Rempah-rempah yang digunakan terlebih dahulu disangrai.

“Jika ada bahan tambahan seperti kepiting, udang dan daging. Tergantung selera, dan ini tersedia hanya waktu bulan puasa saja aja. Rasanya yang sedikit agak pedas menambah citarasa bubur ini," ucap Pak Humas, sambil mengaduk Bubur Kanji dalam wadah ( Kuali Besar ) / Jedi saat ditemui.

Pembuatan Bubur Kanji Rumbi memakan waktu hingga 3 jam. Dengan telaten Pak Humas mengaduk adonan Bubur Kanji didalam Kuali besar hingga berjam-jam, hingga bumbu rempahnya meresap kedalam Bubur Kanji. Merasakan panas api yang membakar Kuali adalah rutinitas yang dirasakan setiap hari, sebelum Bubur Kanji siap dibagikan untuk masyarakat.

Nah, tak ada salahnya untuk mencicipi makanan khas Aceh ini yang disediakan oleh Pak Humas Kebun Sawit Seberang PTPN-2, di Mesjid Subulussalam Sawit Seberang. Bagi yang ingin mencoba bubur yang berbeda, pastinya harus mencoba bubur khas Aceh ini. Selain gratis, dijamin akan mendapatkan sensasi makan bubur yang berbeda.

Rasanya yang hangat, akibat bumbu rempah yang digunakan, akan membuat tenggorokan dan tubuh kut menjadi hangat. Sangat baik untuk kesehatan. Nilai historis dan rasanya yang begitu khas, mengundang masyarakat lingkungan sekitar Mesjid Subulussalam untuk mencicipi makanan khas Aceh yang baru pertama kali dilaksanakan di Sawit Seberang.

Tua, muda, kaya, miskin, berlomba mengantre demi merasakan lejatnya Bubur Kanji yang berpadu dengan rempah dan gurihnya Bubur Kanji yang dimasak dengan kayu bakar ini.

Saat disinggung mengenai sumber dana pembuatan Bubur Kanji ini, Pak Humas dengan rendah hati menyatakan, rezeki itu datang dari Allah. Kalau kita mau berbuat dengan ikhlas berharap Ridho Allah, pastinya ada saja kemudahan rezeki yang diberikan Allah, jelas Pak Humas dengan senyum khasnya.(To)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top