yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Bawa Kabur Uang Nasabah Rp360 Juta, Pengelola Koperasi EL MB3 Dilaporkan ke Polisi
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Binjai Utara – Metro Langkat Direktur Koperasi EL MB3 yang larikan uang Nasabahnya itu.(Ist) Arisa Efendi (30) merasa gundah. Uang yan...




Binjai Utara – Metro Langkat

Direktur Koperasi EL MB3 yang larikan uang Nasabahnya itu.(Ist)
Arisa Efendi (30) merasa gundah. Uang yang berjumlah Rp120 juta yang disimpan di Badan Usaha Koperasi Baitul Maal wa Tamwil Mitra Berkah (BMT EL MB3) Binjai Utara, tidak jelas juntrungannya.

Bersama ibunya, Yasa Ama dan kakaknya Maya Risa, mereka melaporkan pemilik Koperasi BMT EL MB3 yang menurutnya tanpa ada pemberitahuan, kantor tersebut sudah tutup dan sudah tidak beroperasi lagi, ke SPKT Polres Binjai, Rabu (7/6)

Arisa, warga jalan M.T.Haryono, Perumahan Adela Residence, Kecamatan Binjai Utara, mengatakan dia bersama ibunya dan kakaknya sama-sama membuka simpanan devosito di koperasi itu dengan jangka waktu satu tahun. "Kalau uang saya Rp120 juta. Kami satu keluarga menabung di situ dengan total kerugian 360 juta. Kami merasa ditipu dengan pihak Koperasi BMT EL MB3," ucapnya.

Pemilik nomor rekening 019212900029 ini, mengakui sewaktu menyerahkan uang kepada Evianto (38), manager Koperasi BMT EL MB3, disaksikan oleh M.Ridwan dan beberapa keluarganya. Dia mengatakan, manager Koperasi BMT EL MB3, Evianto, adalah adik kandung Direktur Koperasi BMT EL MB3 yang bernama Hj.Trisnawati.

"Kami cuma diberi satu lembar bukti setoran Koperasi BMT EL MB3 yang ditandatangani di atas materai olehnya (Hj.Trisnawati-red)," cetus korban.

Laporan tersebut tertuang dalam Surat Tanda Penerimaan Laporan pengaduan No.Pol : STPL /205/VI/ 2017/SPKT-C, tanggal 6 Juni 2017, dengan kerugian material Rp120 juta atas nama pelapor, Maya Risa (32), warga Jalan Safi'i, No.102 A, Lingkungan V, Kelurahan Jati Karya, Kecamatan Binjai Utara.

Sementara itu, Yasa Ama juga menjelaskan bahwa akibat tutupnya kantor  Koperasi BMT EL MB3 secara diam-diam, dirinya mengalami kerugian dengan total sebesar Rp360 juta.

Gagal Naik Haji  //sub judul

Ternyata, korban penipuan berbadan hukum Koperasi yang untuk simpanan keberangkatan haji BMT EL MB3 ini, bukan hanya keluarga Maya Risa dan Arisa Efendi.

Korban lainnya, Misnem (62), warga Tandem, Binjai Utara, juga melapor ke SPKT Polres Binjai. Dalam laporan tersebut, Misnen mengaku telah menjadi korban dan merasa ditipu oleh pihak Koperasi BMT EL MB3 sebesar Rp65 juta. "Padahal uang itu dari hasil jual tanah, buat saya naik haji," katanya.

Menurut korban Misnem dan korban lainnya, awalnya mereka sama-sama dijanjikan oleh pengurus koperasi ini bahwa dana miliknya yang disimpan, akan dicairkan pada bulan Mei lalu. Namun hingga kini, uang simpanan tersebut tidak ada kejelasannya. Para korban juga mengaku, mereka tidak bisa menghubungi pihak Koperasi BMT EL MB3, karena kantornya ternyata sudah tutup.

Sementara itu, Kapolres Binjai, AKBP Rendra Salipu SIK,M.Si, melalui Kabag Humas Polres Binjai, AKP L Tarigan, membenarkan adanya laporan warga penipuan Koperasi BMT EL MB3 tersebut. "Mereka melapor ke SPKT Polres Binjai dan akan segera kita tindaklanjuti," ujar Tarigan.(rki)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top