yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Setiap Hari Puluhan Ton Bawang Ilegal Lewat : Ada Oknum Perwira Polres Langkat Diduga Bermain
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Bawang ilegal.(Ilustrasi) Langkat- News Metrolangkat.com Setiap hari puluhan ton bawang merah diduga ilegal mulus melewati wilayah hukum...
Bawang ilegal.(Ilustrasi)

Langkat- News Metrolangkat.com

Setiap hari puluhan ton bawang merah diduga ilegal mulus melewati wilayah hukum Polres Langkat. Bebasnya bawang ilegal asal luar Negeri ini melintas diwilayah hukum Polres Langkat disebut-sebut karena adanya “ main mata” antara mafia dan oknum perwira di Polres Langkat.

Bawang-bawang yang diangkut mengunakan truck jenis colt diesel tersebut biasanya melintas pada jam-jam tertentu alias jam malam. Hal ini dilakukan guna menghindari pantauan masyarakat umum. Data yang dikumpulkan Metro Langkat, setiap malamnya ada sekitar tiga atau dua truck bawang ilegal yang lewat.

Bawang ilegal yang dikemas rapi tersebut datang  dari Aceh untuk selanjutnya dibawa masuk ke Medan. Aktifitas bawang ilegal melintasi Langkat ini telah lama berlangsung, namun sayangnya aparat penegak hukum sepertinya tutup mata.

Seperti yang terjadi belum lama ini, Jum’at (5/5) sekitar pukul 23.35 Wib, sebuah truck colt diesel bernomor plat BK 8996 xx (Nomor seri sengaja diberitanda silang-red) bermuatan bawang merah ilegal ditaksir seberat 9 ton, bergerak dari Aceh menuju Medan.

Untuk bisa lolos dari wilayah hukum Polres Langkat sebenarnya sulit kalau petugas memang serius. Sebab, untuk bisa sampai ke Medan, truck bermuatan bawang ilegal tersebut harus melintasi beberapa Polsek dan Pos Polantas.

Kantor Polisi yang dilewati adalah Pos Perbatasan Langkat-Aceh, Polsek Besitang, Pos Lantas Besitang, PJR Bukit Mas. Polsek Brandan, Polsek Gebang, Polsek Tanjungpura, Polsek Hinai, Polsek Stabat dan Polres Langkat.

Truck yang sarat muatan bawang ilegal tersebut sempat dihadang petugas dikawasan jembatan Stabat sebelum melintasi Polsek Stabat. Namun, hanya hitungan menit, petugas yang mengamankan truck bawang tadi kembali melepas angkutan itu setelah menerima telepon dari seseorang yang disebut-sebut seorang oknum perwira dijajaran Polres Langkat.

Setidaknya ada tiga truck bawang ilegal yang lolos malam itu dengan waktu yang berbeda. Aksi penyeludupan bawang terus berlangsung keesokan harinya, Sabtu (6/5). Sekitar pukul 01.25 Wib, satu truck colt diesel warna kuning dengan nomor plat BK 8841xx sarat muatan bawang melenggang bebas tanpa hambatan.

Hasil penelusuran yang dilakukan Metro Langkat, setiap harinya ada sekitar tiga atau 5 truck bawang ilegal yang melintasi Langkat namun tak terjemah karena diduga sudah ada “ kerjasama, dengan oknum perwira di Polres Langkat.

Menyikapi hal tersebut, Kasat Reskrim Polres Langkat AKP Dedi Darma saat dikonfirmasi Metro Langkat melalui pesan WhatsApp Minggu (14/5) mengaku berterimakasih dengan informasi yang diberikan. “ Makasih infonya, akan ditindak lanjuti nanti, akan saya cek langsung, mohon bantuanya kalau ada info ketika ada yang akan melintas bang.

Disoal kalau hari Jum’at lalu ada truck bawang yang melintas dan mulus melengang karena diduga telah terjalin komunikasi antara mafia dengan salah seorang perwira dilingkungan Polres, dengan ketus Kasatres mengatakan akan menindak langsung. “ Baik, nanti akan saya tindak langsung,akan saya selidiki dan mohon bantuan kalau dapat info yang akan melintas. “ Jawab AKP Dedi Darma.(yoga)
Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top