yongganas ganas yongganas ganas Author
Title: Miris,..! Masjid Bersejarah Itu Kian Terlupakan, Bola Lampu Putus tak Terganti
Author: yongganas ganas
Rating 5 of 5 Des:
Masjid Peningalan Sultan di Wampu yang kian terlupan.(Gus) Wampu – Metro Langkat Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan selalu  dinanti...
Masjid Peningalan Sultan di Wampu yang kian terlupan.(Gus)


Wampu – Metro Langkat

Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan selalu  dinanti umat Islam setiap tahunnya itu dengan berbagai persiapan. Diantaranya membenahi masjid sebagai rumah ibadah umat Islam. Namun, Ramadhan yang hampir tiba itu, Mesjid bersejarah peninggalan kesultanan negeri Langkat yang terletak di kelurahan Bingai kecamatan Wampu kini terlantar dan mengharapkan bantuan berbagai pihak untuk segera dibenahi.

Mesjid bersejarah yang seharusnya menjadi perhatian Pemerintah daerah melalui dinas Pariwisata dan Kebudayaannya, tapi tidak demikian yang terjadi di kabupaten Langkat. Mesjid yang bernama mesjid Ar Rahman peninggalan sejarah kejuruan Sri Setia Amar Bingai itu kini terlantar dan terlupakan. Belum ada perhatian dari pemerintah setempat untuk melestarikannya dan menjadikannya sebagai situs cagar budaya.

Walaupun sudah berumur tua, masjid tersebut masih terus aktif dikunjungi oleh warga masyarakat sekitar untuk menjalankan ibadah sholat lima waktu dalam setiap harinya untuk mengumandangkan adzan dari subuh hingga isya.

Seorang bapak yang tampak terlihat sedang memancing di pinggir sungai yang tak jauh berada di lokasi masjid bersejarah tersebut mengatakan bahwa lampu penerangan di masjid itu telah lama putus. “Kalau malam gelap gulita kami di sini, hendaknya ada yang membantu”, ucapnya kepada Metro Langkat.

Ada juga seorang ibu sedang berjalan melintas di masjid tersebut ketika sore hari setelah pulang berladang dan mengangon dua ekor kambingnya sembari bertanya saat Metro Langkat sedang mengabadikan Mesjid Ar Rahman yang kabarnya bersejarah itu. “Ada gayanya yang hendak menyumbang dek, parah kali udah kondisi masjid”, ucapnya penuh harap.

Sungguh miris dan menyayat hati saat mendengar pertanyaan ibu tersebut, masjid bersejarah itu kondisinya kini telah lapuk dan using seperti tak pernah disentuh oleh tangan-tangan penguasa di Langkat ini. Dinas Pariwisata dan Kebudayaan seperti tak memperdulikan salah satu situs peninggalan bersejarah yang berada di kabupaten Langkat yang konon katanya bertuah ini.

Akses jalan menuju masjid itupun tak pernah dibenahi oleh pemda setempat, apalagi tampak sungai yang mengalir dibawahnya telah mengalami abrasi, tampak dinding sungai wampu diseberang masjid bersejarah itu terlihat runtuh. Akankah situs bersejarah di Langkat ini akan mengalami nasib tragis, hilang lenyap begitu saja ditelan jaman. Adakah yang mau perduli tentang pelestarian situs sejarah leluhurnya di tanah melayu yang bertuah ini.

Ungkapan kekecewaan ini disampaikan KNPI Wampu di media sosial, “Mereka yang mengaku paham dengan sejarah takkan mungkin tega menelantarkan peninggalan yang punya history tentang kesultanan Langkat dari Mesjid Ar Rahman ini”, ucap akun KNPI Wampu yang terbaca di dinding Facebook. “Berjuanglah sekuat dan semampumu saudaraku Bahri Z (baca: akun FB), walau kita bukan apa-apa dibanding mereka itu tapi setidaknya kau sangat mulia dimata Tuhanmu”, lanjutnya mengakhiri. (Gus)

Reaksi:

About Author

Advertisement

Post a Comment

 
Top